Kamu sering merasa cemas, tidak puas, dan tidak percaya diri atau biasa disebut insecure? Bela, perasaan semacam itu pastinya pernah kamu rasakan, ya! Pada dasarnya semua orang pasti selalu menemukan kekurangan dalam dirinya dan merasa diri orang lain jauh lebih baik. 

Tapi tahu nggak sih, insecure yang parah pada diri sendiri juga bisa membuat kamu sulit berkembang dan akhirnya membuatmu terperangkap dengan perasaan-perasaan negatif tentang diri sendiri. 

 merasa insecure? Sembilan ilustrasi ini sepertinya bisa menggambarkan perasaanmu, nih!

1. Menganggap Gaya Orang Lain Lebih Menarik

Sering Merasa Insecure? 9 Ilustrasi Ini Pasti Menggambarkan PerasaanmuInstagram.com/gemmacorrell

"Ah, aku mau jadi feminim kaya dia, deh", "Gaya dia swag banget, aku mau coba tapi takut", pernah mengatakan ini pada diri sendiri ketika melihat gaya orang lain? Tenang, rasa kagum pada orang lain itu wajar. Tapi, bukan berarti kamu jadi lupa mengagumi keunikan pada dirimu sendiri, ya!

2. Terus Menerus Berpikir Negatif tentang Diri Sendiri

Sering Merasa Insecure? 9 Ilustrasi Ini Pasti Menggambarkan PerasaanmuInstagram.com/muslimcomics

Pernah berpikir negatif karena tubuhmu yang terlalu tinggi? Atau terlalu pendek? Bela, daripada kamu terus menerus melihat kekuranganmu, lebih baik mengawali hari jadi lebih bahagia dengan pujian-pujian positif, yuk!

3. Terlalu Mengikuti Trend

Sering Merasa Insecure? 9 Ilustrasi Ini Pasti Menggambarkan PerasaanmuInstagram.com/biancaxunise

Pernah termakan arus trend yang sebenarnya tidak kamu sukai? Bela, tidak semua hal yang banyak orang senangi harus kamu ikuti pula, apalagi jika itu tidak cocok dengan seleramu. Kamu punya ciri khasmu sendiri and you are your own trendsetter!

Terus Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Sering Merasa Insecure? 9 Ilustrasi Ini Pasti Menggambarkan PerasaanmuInstagram.com/biancaxunise

Percaya nggak, terus membandingkan dirimu dengan orang lain tidak akan membuatmu puas dan tidak ada habisnya. Hal itu karena kalian adalah dua orang yang diciptakan berbeda. Semua manusia diciptakan menawan dengan gayanya masing-masing, termasuk kamu. 

Diet yang Buat Kamu Semakin Insecure

Sering Merasa Insecure? 9 Ilustrasi Ini Pasti Menggambarkan PerasaanmuInstagram.com/gemmacorel

Pernah tertekan dengan omongan orang lain atau bahkan diri sendiri karena proporsi tubuh yang dinilai ngggak sempurna? Biasanya, ketika hal ini terjadi, kamu akan langsung menyusun rencana diet ketat yang secara sadar ataupun tidak, justru menyiksa kesehatan mentalmu. Hindari hal yang satu ini, ya! Karena, bukan hanya tubuhmu saja yang boleh sehat, tapi juga mentalmu. 

Terlalu Mudah Termakan Kalimat Negatif

Sering Merasa Insecure? 9 Ilustrasi Ini Pasti Menggambarkan PerasaanmuInstagram.com/gemmacorrell

Pernah memikirkan sesuatu yang jadi kelebihan dalam dirimu? Coba pikir dan catat itu dalam catatanmu, deh. Hal ini agar kamu selalu ingat bahwa kamu istimewa dan penuh kelebihan. Jadi, satu kalimat negatif tentang dirimu tidak akan mampu untuk meruntuhkan asa percaya dirimu, Bela!

Lupa Mengapresiasi Diri Sendiri

Sering Merasa Insecure? 9 Ilustrasi Ini Pasti Menggambarkan PerasaanmuInstagram.com/biancaxunise

Bela, pernah merasa bahwa kamu tidak pernah berhasil dan melakukan sesuatu dengan sempurna? Padahal, kamu tahu bahwa kamu selalu berusaha? Tenang, hal itu wajar, kok! Itu artinya, kamu sedang di persiapkan dengan matang agar siap menerima kesuksesan yang pasti kamu raih nantinya!

8. Bukan Hanya Orang Lain yang Harus Senang, Kamu Juga

Sering Merasa Insecure? 9 Ilustrasi Ini Pasti Menggambarkan PerasaanmuInstagram.com/biancaxunise

Pernah memaksakan diri untuk menyenangkan orang lain atau pantang membuatnya kecewa? Bela, itu hal positif, kok. Tapi, jika akhirnya itu justru melukaimu dan membuatmu lelah, maka waktunya untuk berhenti, ya! Kamu sendiri adalah orang terpenting dalam hidupmu. 

Mulai Cintai Dirimu Apa Adanya

Sering Merasa Insecure? 9 Ilustrasi Ini Pasti Menggambarkan PerasaanmuInstagram.com/biancaxunise

Bela, pada akhirnya, semua manusia diciptakann dengan sempurna. Lengkap dengan kelebihan, kekurangan, dan keunikan yang dimilikinya. Jadi, mulai cintai dirimu dari sekarang dengan pikiran-pikiran positif, yuk!

Baca Juga: 7 Perempuan Ini 'Blak-blakkan' Bongkar Perasaan Insecure Terhadap Tubuhnya