Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Peristiwa Nasional Paling Banyak Dicari di Google Indonesia 2022

Apa saja yang terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2022?

Elni Novitasari

Ada begitu banyak peristiwa yang terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2022 ini. Mulai dari peristiwa suka dan duka telah dilewati Indonesia di tahun yang penuh tantangan ini. Kendati demikian, Indonesia tetap bisa menciptakan terobosan secara nasional dan global.

Selama 22 tahun terakhir, Year in Search memberikan gambaran unik mengenai apa saja yang kita pedulikan, apa yang menjadi inspirasi dan apa yang membuat kita penasaran. Year in Search 2022 mengumumkan 9 kategori yang paling banyak dicari di Google Indonesia. Sembilan kategori tersebut adalah Mengapa, Apa, Tokoh, Lirik Lagu, Resep, Film/Serial TV, Peristiwa Nasional, Olahraga dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan. Kategori tersebut tidak hanya disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran namun juga dari topik yang mengalami peningkatan sepanjang tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Kategori 'Peristiwa Nasional' menjadi menarik untuk dibahas mengingat banyaknya peristiwa yang terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2022 ini. Baik peristiwa suka maupun duka, peristiwa-peristiwa ini menjadi yang paling banyak dicari di Google Indonesia tahun ini. Peristiwa apa saja? Simak artikel ini dan keep scrolling, Bela!

1. Minyak Goreng

Dok. IDN Times/Ilman Nafi'an

Minyak goreng menjadi peristiwa nasional yang paling banyak dicari di Google Indonesia tahun ini. Pasalnya, pada awal hingga pertengahan tahun ini harga minyak goreng terus meroket dan sulit ditemukan. Kenaikan harga minyak goreng ini dirasakan di seluruh daerah Indonesia yang membuat masyarakat resah.

Diketahui, harga minyak goreng sudah mulai merangkak naik sejak akhir tahun 2021. Saat itu, harga minyak goreng kemasan bermerek tembus Rp24.000 per liter. Pemerintah pun mengeluarkan aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) melalui Peraturan Menteri Perdagangan  Nomor 6 Tahun 2022 yang berlaku sejak 1 Februari 2022. HET minyak goreng ditetapkan seharga Rp11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium Rp14.000 per liter.

Ketika harga minyak goreng sudah turun, persediaan bahan pokok tersebut malah langka hingga pertengahan bulan Maret. Aturan HET pun dicabut, tak lama setelah itu stok minyak goreng kembali melimpah dengan harga yang mahal. Akhirnya, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bersama Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga meluncurkan minyak goreng kemasan rakyat dengan merek MINYAKITA seharga Rp14.000 per liter di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, pada 6 Juli 2022. Kini, harga minyak goreng kembali merangkak naik menjelang hari raya Natal dan tahun baru.

2. Perubahan Iklim

Situs daelpos.com

Perubahan iklim memang selalu menjadi perbincangan hangat di masyarakat termasuk di tahun ini. Perubahan cuaca ekstrem, cuaca yang tak menentu, serta terjadinya fenomena-fenomena langka terus disiarkan dalam berita dan menjadi tanda bahwa bumi mengalami perubahan iklim yang signifikan. Maka dari itu, banyak kampanye yang dilakukan oleh berbagai kalangan untuk menyebarkan dan menyadarkan masyarakat akan perubahan iklim yang sedang terjadi.

Media sosial sebagai wadah tercepat untuk menyebarkan informasi mengenai perubahan iklim memegang peran penting. Media sosial juga digunakan sebagai wadah untuk mencari informasi dan sebagai media diskusi mengenai perubahan iklim ini. Maka tak heran, jika keyword perubahan iklim banyak dicari di Google Indonesia sepanjang tahun ini.

3. Gempa Hari Ini

Unsplash.com/Jose Antonio

Sepanjang tahun 2022, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada ribuan kali gempa yang terjadi di Indonesia. Gempa yang tercatat BMKG bervariasi, mulai dalam skala kecil hingga besar.

Pada periode 1-20 Januari 2022, BMKG mencatat setidaknya terjadi 726 gempa, yang terbesar terjadi Banten pada 14 Januari 2022. Gempa tersebut bermagnitudo 6,7 berpusat di 52 kilometer Barat Daya Sumur, Banten yang terasa hingga ke Jakarta. Bulan Februari hingga April, terjadi gempa dengan skala kecil di beberapa daerah di Indonesia seperti Papua, Lampung, dan Sukabumi.

Gempa sebesar 6,5 SR mengguncang Maluku pada 27 Mei 2022. Sebulan setelahnya, Maluku kembali diguncang gempa tepatnya pada 17 Juni 2022. BMKG menyebut gempa sebesar 5,0 SR itu tidak berpotensi tsunami dan berada di kedalaman 147 km. Di Aceh, gempa terjadi pada 24 September 2022 dengan magnitudo 6,4. Gempa juga terjadi di Bengkulu pada 9 September 2022 dan bermagnitudo 5,0. Meskipun demikian, gempa Bengkulu ini tidak berpotensi tsunami. Di bulan Oktober 2022, gempa dengan magnitudo 5,5 melanda Banten pada 9 Oktober 2022.

Pada 21 November 2022, gempa destruktif melanda Cianjur, Jawa Barat dengan magnitundo 5,6 yang terasa hingga Bogor dan Jakarta. Gempa Cianjur ini cukup menyita perhatian karena setelah itu, gempa susulan skala kecil terus menerus melanda wilayah tersebut. Banyaknya gempa yang terjadi di Indonesia membuat warganet banyak mencari informasi mengenai gempa hari ini.

4. Gejala Omicron

pixabay.com/Geralt

Virus Omicron pertama kali ditemukan pada 24 November 2021 di Afrika Selatan. Dengan cepat, varian baru dari virus Corona tersebut menyebar ke berbagai negara termasuk di Indonesia. Diketahui, varian Omicron ini menyebar lebih cepat dibanding varian Delta, sehingga banyak masyarakat yang takut dan resah ketika virus ini masuk ke Indonesia.

Kementerian Kesehatan pun melakukan pelacakan awal masuknya virus corona varian ini di Indonesia. Kasus pertama diduga berasal dari WNI yang tiba dari Nigeria pada tanggal 27 November 2021. Karena penyebarannya sangat cepat, tak heran jika kata kunci 'Gejala Omicron' banyak dicari di Google Indonesia sepanjang tahun 2022.

5. Kanjuruhan

IDN Times/Alfi Ramadana

Pada 1 Oktober 2022 terjadi sebuah tragedi pasca pertandingan sepak bola antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat itu, aparat keamanan menembakkan gas air mata ke arah suporter yang masuk ke area lapangan. Kala itu, ada sekitar 3000 suporter tuan rumah memasuki lapangan. 

Ribuan suporter lain yang masih berada di tribun panik dan berusaha menyelamatkan diri keluar dari stadion. Namun, tak semua gerbang menuju keluar stadion terbuka. Akibatnya, ratusan orang berhimpitan saat mencoba keluar dengan hanya mengandalkan beberapa gerbang yang terbuka. Tragedi ini menyebabkan 135 orang meninggal, 96 orang luka berat dan 484 orang luka ringan/sedang.

Tragedi ini tentu menyita perhatian masyarakat Indonesia pasalnya ini menjadi salah satu tragedi sepak bola terbesar di dunia. Kata kunci 'Kanjuruhan' pun menjadi kata kunci yang paling banyak dicari di Google Indonesia tahun ini. 

6. Eril Ditemukan

Instagram.com/Ataliapr

Pada 26 Mei 2022, Emmeril Khan Mumtaz atau Eril dilaporkan hilang saat sedang berenang si Sungai Aare, Bern, Swiss. Putra sulung dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu diketahui terseret arus sungai saat ingin naik, namun arus sungai saat itu cukup kencang. Setelah 2 pekan pencarian, akhirnya jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada 8 Juni 2022.

Selama 2 pekan pencarian, masyarakat Indonesia terus memantau perkembangan pencarian Eril. Banyak spekulasi masyarakat yang mengatakan bahwa Eril masih hidup dan bisa selamat, namun ada juga yang pesimis namun terus mendoakan yang terbaik. Kata kunci 'Eril ditemukan' menjadi banyak dicari sepanjang pencarian jenazah Eril hingga benar-benar ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa. 

7. Piala Presiden 2022

kemenpora.go.id

Piala Presiden 2022 adalah turnamen pramusim resmi yang menjadi turnamen Piala Presiden kelima yang diselenggarakan oleh PSSI. Turnamen ini dimulai pada 11 Juni hingga 17 Juli 2022. Turnamen ini diselenggarakan di 4 kota, yaitu Solo, Bandung, Samarinda dan Malang. 

Arema FC keluar sebagai juara Piala Presiden 2022 setelah bertanding melawan Borneo FC tanpa gol di Stadion Segiri, Samarinda pada Minggu (17/7/2022) malam WIB. Tak hanya membawa pulang trofi Piala Presiden, tim Arema FC juga mendapatkan hadiah berupa uang miliaran rupiah. 

Selain pertandingan sepak bola, Piala Presiden 2022 juga menjadi ajang pertandingan ESporsts Mobile Legend. Selama turnamen Piala Presiden berlangsung, tentu banyak orang yang mencari hasil dari setiap pertandingan di Google. Tak heran jika kata kunci Piala Presiden 2022 menjadi keyword yang paling banyak dicari di Google Indonesia tahun ini. 

8. Persib

Instagram/@persib

Persib adalah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Bandung. Klub sepak bola ini berdiri pada 14 Maret 1933. Dengan julukan Maung Bandung, klub sepak bola ini banyak disukai pencinta bola yang mana pertandingannya selalu ditunggu-tunggu. David da SIlva, Beckham Putra, Nick Kulpers dan Teja Paku Alam menjadi pemain terbaik tahun ini.

Persib juga terus menorehkan prestasi di tengah liga yang tak menentu. Salah satunya Persib Bandung menjadi juara di kompetisi Elite Pro Academy (EPA) PSSI U-16 2022. Kini, Persib sedang berlaga di Liga 1 Indonesia. Pencarian hasil pertandingan dengan kata kunci Persib begitu banyak sepanjang tahun ini.

9. Holywings

instagram.com/holywingssurabaya

Gerai kelab malam Holywings menjadi perbincangan publik pasalnya menuai pro kontra mulai dari menjual minuman keras, beberapa publik figur sebagai pemegang sahamnya hingga ditutup oleh pemerintah setempat. Seperti salah satu gerainya di Gatot Subroto Jakarta yang sempat ditutup oleh Pemprov DKI. Sama halnya dengan cabang yang di Bogor, Holywings sempat disegel oleh Pemkot Bogor.

Juni lalu, masyarakat dihebohkan oleh sebuah konten promosi Holywings. Konten itu disebut-sebut menistakan agama. Kala itu, Holywings mengeluarkan promo minuman beralkohol gratis bagi yang bernama 'Muhammad' dan 'Maria'. Sontak, promosi tersebut ramai diperbincangkan hingga didemo oleh para warga. Promosi yang diunggah akun Instagram official Holywings itu pun dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Banyaknya kontroversi yang terjadi pada Holywings membuat namanya kian sering menjadi pencarian di Google Indonesia sepanjang tahun ini.

10. Lokasi Vaksin COVID Terdekat

ANTARA FOTO/Fauzan

Masih di era pandemi, kata kunci 'lokasi vaksin COVID terdekat' masih menjadi keyword yang paling banyak dicari sepanjang tahun ini. Hal ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya melakukan vaksinasi COVID sesuai aturan pemerintah. 

Terlebih, di tahun ini pemerintah menggencarkan para warga untuk segera melengkapi vaksin nya dengan melakukan vaksin booster. Dalam upayanya, pemerintah mewajibkan warga yang bepergian ke tempat umum dan pengguna kendaraan umum untuk menunjukan bukti vaksin booster sebagai syarat melakukan perjalanan. Tak heran jika kata kunci tersebut banyak dicari di Google Indonesia untuk mencari informasi mengenai lokasi vaksin COVID terdekat dari lokasi mereka. 

Itu dia 10 peristiwa nasional yang paling banyak dicari di Google Indonesia tahun 2022. Selain peristiwa diatas, sudah banyak sekali peristiwa yang sudah kita lalui di Indonesia baik itu suka maupun duka. Semoga tahun 2023 menjadi tahun penuh peristiwa baik ya, Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration