Menuju 2023, Meta Indonesia Rilis Tren Favorit Gen-Z Selama 2022 

Lalu bagaimana dengan tren di kalangan Gen-Z di tahun 2023?

Menuju 2023, Meta Indonesia Rilis Tren Favorit Gen-Z Selama 2022 

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Sebanyak 3,2 miliar atau 41% penduduk dunia adalah Gen-Z yang berusia di bawah 25 tahun. Indonesia sendiri memiliki 68 juta jiwa Gen-Z, populasi yang cukup besar yang harus diperhatikan karena generasi ini berperan penting dalam membentuk ekonomi masa depan. Terlebih generasi ini lahir saat teknologi canggih sudah ada, Gen Z menjadi pemilik peran penting di dunia digital seperti tren di media sosial.

Menjelang akhir tahun, Meta membagikan fokus #MetaID2023 untuk memberikan wawasan serta tren di tahun depan yang akan diramaikan oleh Gen-Z di Facebook, Instagram dan WhatsApp. Diselenggarakan di Hard Rock Cafe, Pasific Place, Jakarta Selatan pada Selasa (6/12/2022) lalu, Pieter Lydian selaku Country Director Meta di Indonesia mengungkap Meta akan terus mendukung pengguna media sosial dibawah naungan Meta untuk memberikan dampak positif yang lebih luas dengan kekuatan teknologi digital.

Kami di Meta bekerja didasari misi dan fokus untuk memampukan orang-orang di Indonesia, untuk membangun masa depan dan maju dalam kehidupannya. Sepanjang tahun 2022, kami melihat inovasi teknologi telah berperan dalam membantu pelaku bisnis untuk terus tumbuh, serta membantu komunitas untuk terus terhubung dengan lebih banyak orang dan saling berbagi inspirasi. Di tahun  2023 mendatang, Meta akan terus berfokus untuk mendukung orang-orang di atas Facebook, Instagram dan WhatsApp, mengadopsi kekuatan teknologi digital untuk memberikan dampak yang lebih luas kepada komunitas,” ujarnya. 

Lantas, apa saja tren favorit Gen-Z selama tahun 2022 ini dan bagaimana prediksi akan tren Gen Z di tahun depan? Check this out, Bela!

1. Koneksi dan hiburan

Menuju 2023, Meta Indonesia Rilis Tren Favorit Gen-Z Selama 2022 

Gen-Z cenderung menggunakan media sosial dengan menyatukan koneksi dan hiburan dalam satu platform. Berdasarkan survei yang dilakukan Meta dengan Ipsos di Asia Pasifik, media sosial berperan dalam menyediakan konten yang menghibur sambil tetap terhubung dengan orang terdekat mereka. Hal ini menjawab pertanyaan mengapa Gen-Z melihat Facebook dan Instagram sebagai platform untuk konten yang menghibur, sambil terus terhubung dengan orang terdekat mereka melalui kolom komentar atau DM. 

Sesuai dengan hasil survei tersebut, hasil survei yang dilakukan Populix kepada 2000 Gen-Z Indonesia juga menyatakan bahwa 73℅ dari mereka menyukai konten video dari Reels (video pendek) di Instagram. Instagram story juga disukai para Gen-Z karena dapat menjalin hubungan yang lebih personal dengan orang-orang terpenting mereka. Lantas bagaimana cara Gen-Z menemukan koneksi dan hiburan dalam satu platform media sosial? 

Sejak diluncurkan, stiker Add Yours menjadi populer digunakan di Instagram terutama di kalangan Gen-Z. Fitur ini dinilai karena menggabungkan  minat dan kebersamaan. Ada pula 3 stiker Add Yours yang paling banyak digunakan Gen-Z di tahun ini, yakni 'Dump Bulanan', 'Apapun Ketika Kamu Masih Siswa/Mahasiswa' dan 'Foto/Video/Screenshot random dari galeri HP'. Ketiga stiker Add Yours tersebut diminati karena dinilai bersifat personal dan otentik sehingga disukai oleh Gen Z. 

Selain itu, Gen-Z di Asia Pasifik juga lebih memilih untuk mengikuti konten kreator sebagai sumber inspirasi mereka. Komedi, fashion, makanan dan gaya hidup sehat menjadi empat topik yang paling dicari dan diikuti Gen-Z di media sosial. 

2. Personalisasi identitas digital

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Gen-Z lebih menginginkan rekomendasi konten yang personal, spesifik dengan minat dan format yang mereka sukai. Hal tersebut dibuktikan dengan popularitas avatar sebagai karakter digital yang bisa dipersonalisasi. Thumbs Up, Blowing Kiss dan Winky menjadi 3 avatar yang paling banyak digunakan Gen-Z di Instagram. Selain itu, 65℅ Gen-Z di Indonesia juga ingin melihat lebih banyak fitur realitas virtual di Instagram. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here