Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar Kata Konglish yang Sering Muncul di Drama Korea, Pelajari Yuk!

Bahasa Korea dengan arti kata yang mudah ditebak

Cynthia Claudia

Konglish merupakan singkatan dari 'Korean-English', mengacu pada kosa kata Bahasa Korea yang diambil dari Bahasa Inggris. Kata Konglish yang diambil dari Bahasa Inggris biasanya diubah cara pengucapannya ke Bahasa Korea. 

Ada  kosa kata yang merupakan singkatan dari Bahasa Inggris, namun tidak selalu memiliki arti yang sama dengan Bahasa Inggris. Kosa kata Konglish juga selalu dipakai di berbagai dialog dalam drama Korea. 

Arti katanya mudah ditebak karena ucapannya mirip dengan bahasa aslinya, yaitu Bahasa Inggris. Berikut telah Popbela rangkum daftar kosa kata Konglish yang paling sering muncul di drama Korea.

Yuk, tingkatkan kemampuanmu dalam berbicara Bahasa Korea!

1. 화이팅/파이팅 (hwa-it-ting/pa-it-ting)

Facebook.com

화이팅/파이팅  (hwa-it-ting dan pa-it-ting) adalah kata-kata Konglish populer yang artinya adalah "semoga berhasil". Istilah ini digunakan untuk menyemangati seseorang, yang berasal dari Bahasa Inggris "fighting". 

2. 노트북 (no-teu-buk)

pexels.com/Picjumbo.com

노트북 (No-teu-buk) – berasal dari kata “notebook” – yang merupakan sebuah buku catatan. Namun, istilah Konglish ini sebenarnya mengacu pada sebuah laptop.

Buku catatan yang sebenarnya, di sisi lain, disebut sebagai 공책  (gong-chaek) dalam bahasa Korea.

2. SNS

freepik.com/rawpixel.com

SNS, diucapkan sebagai eh-seu-en-eh-seu, adalah singkatan dari "Social Networking Service". Istilah Konglish ini sebenarnya artinya adalah media sosial.

4. 미팅 (mee-ting)

Shutterstock/Nestor Rizhniak

Kata "meeting" artinya pertemuan yang terdiri dari 3 kelompok orang atau lebih, yang biasanya diatur oleh 2 orang dari jenis kelamin yang berbeda. Ini artinya berbeda dari 소개팅 (so-gae-ting; kencan buta), di mana 2 lawan jenis bertemu untuk mengenal satu sama lain.

5. 센스 (sen-seu)

Pexels.com/Jacksparrow

"Sense" dalam Bahasa Inggris mengacu pada kemampuan untuk mendeteksi sesuatu. Demikian pula, dalam bahasa Konglish, 센스 (sen-seu),  mengacu pada seseorang yang dapat membaca situasi dengan baik dan bertindak dengan tepat.

6. 멘탈 (men-tal)

Dok. tvN

Dalam bahasa Inggris, “mental” mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan pikiran. Di sisi lain, istilah Konglish-nya mengacu pada mentalitas atau sikap seseorang terhadap sesuatu.

7. 셀프 (sel-peu)

Instagram.com/@omaralattas

Istilah Konglish lain yang sering didengar dalam restoran Korea adalah 셀프 (sel-peu), yang berasal dari kata “self”. Ini merupakan istilah yang mengacu pada "self-service", ketika kamu harus mengambil minuman, makanan, dan peralatan makan sendiri.

8. 본드 (bond-deu)

Pexels.com/olia danilevich

Istilah 본드 (bon-deu) berasal dari kata "bond" dalam Bahasa Inggris, tetapi artinya "lem" dalam bahasa Konglish. Lem pada dasarnya membantu merekatkan sesuatu.

9. 오픈카 (oh-peun-ka)

Facebook.com

오픈카 (oh-peun-ka), artinya adalah "mobil terbuka". Istilah ini menggambarkan sebuah mobil dengan fitur atap yang dapat dibuka.

10. 나이트 (na-ee-teu)

unsplash.com/Katerina Kerdi

Orang Korea menggunakan kata 나이트 (na-ee-teu), yang berarti "malam", ketika meminta orang lain untuk pergi keluar menemaninya di malam hari.

11. 러닝머신 (reo-ning-meo-shin)

freepik.com/ArthurHidden

Mirip cara pengucapannya--러닝머신 (reo-ning-meo-shin) artinya adalah mesin yang sedang berjalan. Mesin ini lebih dikenal sebagai "treadmill" dalam Bahasa Inggris, namun orang Korea lebih senang membuat kata-kata yang lebih sederhana. Sehingga, mereka menyebut treadmill sebagai 러닝머신 (reo-ning-meo-shin).

12. 아파트 (a-pa-teu)

youtube.com/BoyWilliam

아파트 (A-pa-teu) adalah singkatan dari "apartemen", yang bisa bervariasi sesuai dengan ukuran kamarnya, mulai dari sekecil studio yang hanya tersedia satu kamar.

Itulah daftar kata 'Konglish' yang sering muncul di Drama Korea, yang perlu kamu pelajari untuk mendalami kemampuan Bahasa Korea. Berbekal pengetahuan tentang kata-kata Konglish ini, keterampilan berbahasa Korea-mu pun akan meningkat, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration