Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ditegur Front Santri Indonesia, Ini Fakta Film The Santri Livi Zheng

Kamu udah nonton trailer nya belum?

Bernadette Celine

Resmi merilis trailer pekan lalu, film The Santri tengah mengundang kontroversi. Film yang disutradarai oleh Livi Zheng mendapat teguran dari Ketua Umum Front Santri Indonesia (FSI), Hanif Alathas. Menurutnya, film tersebut nggak mencerminkan sosok santri yang sebenarnya.

Dilansir dari IDN Times, di sisi lain Wakil Sekretaris PBNU Imam Pituduh mengungkapkan film The Santri layak untuk ditayangkan karena film tersebut mengangkat tentang kekayaan dan kebhinekaan. Film The Santri ini juga disebut sebagai film drama action yang menggambarkan kedamaian dalam agama Islam. 

Berikut beberapa fakta menarik mengenai film The Santri yang Popbela rangkum, yuk simak!

1. Artis Antimainstream Sebagai Pemerannya

Instagram.com/@livizheng

Mungkin nama Wirda Mansur, Veve Zulfikar dan Guz Azmi terdengar asing di dunia hiburan. Ya, Wirda Mansur, Veve Zulfikar dan Guz Asmi yang lebih dulu dikenal sebagai selebgram ini dipilih untuk membintangi film The Santri. Pemilihan para pemain ini dilihat dari background dan kecocokan pemain sebagai seorang santri.

2. Livi Zheng Mempunyai network Internasional

Instagram.com/@livizheng

Dilansir dari IDN Times, Livi Zheng dipilih sebagai sutradara film The Santri ini karena dirinya dianggap sebagai kaum millennial yang memiliki perspektif luas dan hubungan dengan negara luar. “Sudah saya sampaikan film ini harus dinikmati oleh khalayak muda lintas agama dan bahkan lintas negara sehingga dibutuhkan sosok sutradara seperti Livi,” jelas Imam Pituduh selaku Wakil Sekretaris PBNU saat diwawancarai oleh tim IDN Times (17/9).

3. Wakil Gubernur Jawa Timur Ikut Jadi Pemeran dalam Film The Santri

Instagram.com/@emildardak

Emil Elistianto Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur ikut berpartisipasi dalam film The santri ini. Dalam film The Santri, Emil dipilih untuk memerankan guru silat sekaligus ustad. Siapa sangka Wakil Gubernur Jawa Timur ini bisa bermain film? Belajar sama sang istri nih kayaknya?

4. Tayang di Hari Santri

Instagram.com/@livizheng

Kalau kalian belum tahu, Hari Santri Nasional itu diperingati setiap tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Film The Santri ini akan ditayangkan bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional tersebut.

5. Pro Kontra

Instagram.com/@livizheng

Film yang mendapat teguran dari Hanif Alathas karena nggak menggambarkan sosok santri pada umumnya. Salah satu alasannya adalah film The Santri ini menunjukkan adegan Wirda Mansur dan Guz Asmi yang terlihat seperti orang pacaran. Dalam trailer pada menit ke 1:10, Guz Asmi mengatakan kepada Wirda “kutitipkan tasbih dan tulisan ini untukmu agar kamu selalu ingat Tuhan dan diriku."  Adegan ini menunjukkan bahwa Wirda dan Guz seperti berpacaran, padahal dalam kehidupan santri pada umumnya, berpacaran itu nggak diizinkan. 

6. Kejanggalan dalam Cuplikan Trailer

Instagram.com/@livizheng

Dalam trailer  yang dirilis, terdapat beberapa kejanggalan. Misalnya dalam film ini Livi Zheng ingin menonjolkan sosok Wirda sebagai pemeran utama dengan cara yang terkesan kaku. Terlihat dalam trailer  pada detik ke 13, sosok Wirda mengenakan mukena memiliki corak dan warna yang berbeda dibanding yang lain. Terlebih lagi seorang figuran shaf paling depan sujud agak serong seolah menyisakan ruang untuk kamera yang tengah menyorot ke arah Wirda.

Nah menurut kamu bagaimana Bela mengenai trailer dari film The Santri ini? Ingin tahu lebih lanjut lagi?Jangan lupa nonton filmnya nanti kalau sudah keluar di bioskop ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration