Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Manfaat Merapikan Tempat Tidur, Meningkatkan Produktivitas

Dapat menghilangkan stres sekaligus membakar kalori

Audia Natasha Putri

Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong ibu
Membersihkan tempat tidurku

Hayo, siapa yang ikut menyanyi setelah membaca penggalan di atas? Lagu "Bangun Tidur" anak-anak ciptaan Pak Kasur ini memiliki pesan yang sangat bermakna. Meskipun berlirik sederhana, lagu ini mengajarkan anak-anak sedari kecil untuk selalu disiplin dalam mengerjakan rutinitas sehari-hari.

Termasuk rutinitas merapikan tempat tidur yang terkadang terlewatkan ketika bangun pagi tetapi. Padahal aktivitas ini terbilang cukup esensial serta memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan mental dan fisik, lho, Bela.

Manfaatnya pun bermacam-macam. Mulai dari menjaga kebersihan kamar dan tempat tidur sampai menghilangkan stres. Lalu apa saja sih manfaat merapikan tempat tidur lainnya? Yuk, simak sampai habis.

1. Kamar jadi rapi

madebymood.com

Kamar yang rapi dan bersih menjadi impian semua orang. Betul tidak, Bela? Jika kamar tidur milikmu rapi, tentu akan enak dipandang mata dan nyaman untuk istirahat setelah lelah beraktivitas.

Cukup rapikan tempat tidur sehari sekali setelah bangun tidur di pagi hari selama 5-10 menit, kamu pun turut menyumbang kamar rapi impianmu. Agar suasana semakin homey, kamu bisa membersihkan sudut-sudut kamar lainnya, seperti lemari, meja belajar, sampai rak buku. Dengan begitu, kamar jadi rapi dan nyaman untuk beraktivitas.

2. Kasur menjadi bersih

unsplash.com/GregRivers

Kasur yang empuk dan bersih tentu sangatlah nyaman untuk ditempati ketika kita tidur atau sedang rebahan. Nggak mau dong kamu tidur beralaskan kasur yang kotor, serta digandrungi sampah dan debu?

Karena itu, kamu perlu kibas seluruh bagian kasur menggunakan sapu lidi atau vacuum cleaner. Pembersihan ini berfungsi agar debu atau partikel ringan lainnya terangkat. Alhasil, kamu pun bisa beraktivitas dengan nyaman di kasur. Misalnya, untuk membaca buku sambil duduk di tepi kasur atau sekadar scroll Instagram sambil memeluk bantal.

3. Cegah penyakit

pixabay.com/parentingupstream

Tak banyak tahu bahwa kasur juga salah satu sumber penyakit jika tidak rutin dibersihkan. Kok, bisa? Kasur yang kotor dan berdebu tentu menjadi sarang favorit makhluk kecil atau mikroba pembawa penyakit, seperti tungau, debu kutu, bakteri, hingga jamur.

Keberadaannya pun sangat mengganggu dan memunculkan gangguan kesehatan dan pemyakit kulit. Mulai dari gatal-gatal, jerawat di wajah dan punggung, alergi, ruam merah pada kulit atau eksim, sampai batuk-batuk, bahkan sesak napas hingga asma. Apalagi terdapat anggota keluarga yang masih kecil dan bayi. Mereka rentan sekali terkena penyakit tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting untuk merapikan dan membersihkan tempat tidur secara berkala di pagi hari. Selain mencegah penyakit muncul, secara tak langsung kamu mengusir para makhluk kecil serta mikroba di dalamnya.

4. Tidur jadi nyaman

pexels.com/andrea-piacquadio

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tidur kita, termasuk tempat tidur yang nyaman dan bersih. Ibarat amunisi, kamu tentu membutuhkan tidur yang nyaman dan kualitas tidur yang baik agar selalu segar dan memiliki energi yang cukup di pagi hari. Mulai sekarang, yuk rutin merapikan tempat tidur agar kamu selalu semangat dalam memulai hari.

5. Penghilang stres

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu sedang penat dan stress, tapi mager untuk olahraga atau healing di luar rumah? Tenang, merapikan tempat tidur bisa menjadi solusi akan masalah tersebut, lho.

Kegiatan merapikan tempat tidur membuat kita untuk aktif bergerak dan membakar kalori. Mulai dari membersihkan tempat tidur, mengibas seprei, melipat selimut, hingga menata bantal. Ketika kita bergerak, otomatis tubuh merilis hormon endorphin yang menjaga kestabilan mood.

Pemandangan tempat tidur yang rapi tentu enak dipandang dan secara tak langsung menumbuhkan rasa bahagia, sehingga stres akan tereduksi.

6. Olahraga ringan

Bedstar.com

Merapikan tempat tidur juga merupakan sarana olahraga ringan yang menyenangkan. Ketika merapikan tempat tidur, tubuhmu akan bergerak serta meregangkan sendi-sendi agar tak pegal. Lalu, kalori juga jadi terbakar, sehingga tubuh bisa lebih sehat.

7. Lebih produktif di pagi hari

freepik.com/ katemangostar

Memulai hari dengan membereskan tempat tidur dapat meningkatkan produktivitas diri selanjutnya. Selain melatih produktivitas diri, kegiatah ini dapat meningkatkan mood, sehingga tetap bersemangat untuk beraktivitas selanjutnya, seperti memasak, beberes rumah, sampai bekerja di kantor.

8. Lebih terjadwal

pinterest.com

Membuat jadwal kegiatan harian tentu memiliki segudang manfaat, termasuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, lebih teratur, dan melatih keahlian time-management yang baik.

Kamu bisa mengawali hari dengan membersihkan tempat tidur, yang menjadi lebih efisien. Setelahnya, waktu untuk melakukan pekerjaan harian pun jadi efektif, mulai dari bangun pagi, merapikan tempat tidur, mandi, masak, sarapan, dan lainnya.

9. Melatih kebiasaan

Merapikan tempat tidur juga menjadi awal yang baik untuk melatih kebiasaan yang produktif sehari-hari. Apabila sudah merapikan tempat tidur, kamu mungkin juga akan terbiasa untuk melakukan kebiasaan baik lainnya, seperti membersihkan kamar mandi, dapur, dan lainnya.

Itulah deretan manfaat merapikan tempat tidur yang bisa kamu rasakan. Selain menerapkan rutinitas produktif dan teratur, merapikan tempat tidur di pagi hari juga dapat menyehatkan tubuh dengan menggerakkan tubuh. Yuk, terapkan kebiasaan ini mulai hari ini!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration