Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Warna Cat Kamar Menenangkan, Bantu Atasi Insomnia

Rekomendasi warna cat kamar untuk kamu yang insomnia

Audia Natasha Putri

Tak ada yang bisa mengotakkan arti kata kamar. Sebagian orang, mendefinisikan kamar sebagai suatu ruangan untuk kita beristirahat. Ada pula yang menganggapnya sebagai ruang privasi untuk melakukan aktivitas pribadi tanpa gangguan dari orang lain. Sebaliknya, sebagian mengartikannya sebagai 'rumah' kecil yang menjadi saksi bisu atas sisi lain dari sang empu saat berekspresi yang tak pernah orang lain lihat.

Terlepas dari itu rentetan definisi tersebut, ada satu hal yang mengaitkan itu semua. Yaitu adanya rasa nyaman dalam kamar yang membuat kita merasa betah dan leluasa. Banyak faktor yang bisa menciptakan rasa tentram di dalam kamar. Salah satunya mengaplikasikan warna cat yang bisa memberikan kesan tenang dan sejuk.

Warna cat ini bukan hanya sebagai estetika saja. Tapi juga bisa memberikan manfaat yang membuatmu tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Kalau kamu berencana ingin renovasi kamar di penghujung tahun 2023 ini, cobalah tengok 7 rekomendasi warna cat kamar yang menenangkan ini. Semoga bisa jadi inspirasi, ya!

1. Warm white

Veranda

Untuk kamu penyuka minimalis, maka mengaplikasikan warna tembok dengan cat putih hangat bisa jadi salah satu opsi. Rona putih hangat bisa memancarkan kesan klasik dan sederhana, sekaligus menciptakan kehangatan di dalam kamar.

Supaya lebih dinamis dan playful, kamu bisa mengombinasikan tembok putih dengan aksen krem dan hitam pada perabotan atau plafon dinding.

2. Biru-hijau

C2 Paint

Bayangkan segarnya biru yang identik dengan air, bersatu harmonis dengan sejuknya warna hijau yang merupakan warna dasar dari pohon dan hutan. Sudah terbayangkan betapa sejuk dan ademnya apabila warna tersebut disuntikkan sebagai latar dinding kamar? Visualnya mengingatkan kita akan suasana laut dan langit yang menenangkan.

Mengutip dari The Spruce, kombinasi warna-hijau menghasilkan kesan klasik, namun tetap menonjolkan sisi alam yang kuat. Mengaplikasikan warna ini dalam kamar tidur bisa menghadirkan suasana seperti di spa, membuatmu tubuh dan pikiran terasa rileks.

3. Hijau

Furniture & Choices

Warna hijau bisa menjadi preferensi kalau kamu ingin menghadirkan kesejukan di dalam kamar tidur. Hijau sendiri merupakan warna yang terinspirasi dari tumbuhan dan suasana alam yang menenangkan jiwa dan pikiran.

Dalan filosofi Feng Shui, warna hijau merupakan magnet kuat untung mengundang fleksibilitas, kasih sayang, dan penyembuhan. Kamar bertemakan warna hijau dipercaya bisa meningkatkan keharmonisan rumah tangga dan keluarga. Cocok untuk pengantin baru yang mendambakan rumah tangga yang kekal dan tak uzur dilahap rasa bosan.

4. Hitam

Design Cafe

Berlawanan dengan putih yang terang dan suci, warna gelap seperti hitam dianggap memancarkan suasana suram dan gelap. Padahal dengan sedikit kreativitas dan kombinasikan dengan warna netral—seperti putih dan biru—maka hitam bisa menghasilkan nuansa kamar yang mengademkan hati dan jiwa.

Apalagi hitam mirip dengan warna langit di malam hari, yang membuatmu tidur lebih nyenyak. Untuk menghindari kesan horor dan mencekam, kamu tak perlu mengecat seluruh kamar dengan nuansa hitam. Aplikasikan saja cat hitam untuk beberapa spot kamar tertentu, seperti di belakang tempat tidur misalnya.

5. Lavender

Sarah Barnard Design

Kalau kamu merupakan pribadi feminin tapi kurang menyukai dengan warna pink yang mencolok, pilihan warna lavender bisa menjadi anjuran. Kesan dingin dan lembut yang terpancur membuat mata dan otakmu rileks, sehingga kamu akan terlelap dengan perasaan nyaman dan bangun dalam keadaan segar.

Variasi warna ungu muda ini bisa memberi kesan santai dan keseimbangan antara hanhat dan sejuk. Padukan warna lavender dengan warna putih untuk menghasilkan suasana feminim yang lembut dan bersih.

6. Biru langit

Rukita.co

Bagaimana kita melupakan warna biru yang mengingatkan kita pada air laut segar dan warna langit yang menyejukkan. Warna cerah ini diyakini sebagai warna menenangkan.

Warna biru bisa dipadukan dengan warna furnitur atau hiasan dinding yang lembut seperti putih, lavender, dan krem. Selain membuat kamar lebih intim, kesan estetik dan dinamis pun akan terpancar. Seolah mengajakmu menatap langit biru di atas langit, biru adalah obat alami untuk membuatmu tidur pulas.

7. Beige

Pinterest.com

Netral, uniseks, dan dipercaya dapat mengundang ketenangan dan keseimbangan di dalam ruangan. Itulah beige, warna yang cukup populer di kalangan publik dan desainer interior, karena punya warna yang ringan dan tak terlalu mencolok penglihatan.

Kalau kamu mengalami insomnia, maka mengecat dinding kamarmu dengan warna Beige adalah opsi yang tepat. Karena warna ini menyiratkan suasana bebas gangguan yang dapat meningkatkan kualitas tidur.  Karena bersifat ringan dan sejuk, beige sangat cocok dipadukan dengan banya warna lain, termasuk warna yang lebih cerah.

Jadi pertanyaanya Bela, apakah kamu sudah menentukan warna cat untuk kamar pribadimu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration