Cara Menyimpan Tanaman di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Cara Menyimpan Tanaman di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Perhatikan penempatannya, ya!

Cara Menyimpan Tanaman di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Feng shui adalah seni kuno untuk melihat lingkungan sekitar kita dan menghubungkannya dengan alam. Perpaduan keduanya yang seimbang dan benar akan menghasilkan keselarasan kehidupan kita dengan segala sesuatu di sekitar kita. Salah satu bagian terpenting dari Feng shui adalah aliran qi, yang merupakan energi kekuatan  atau energi positif.  

Untuk membangun energi positif tersebut di sekitarmu terkhusus di rumahmu ada dua cara mudahnya, yaitu memadukan kamar tidur dan tanaman. Kamar tidur adalah ruangan paling pribadi di rumah dan merupakan tempat terbaik untuk menggunakan feng shui untuk meningkatkan qi-mu.

Sementara itu, tanaman sendiri memiliki segudang manfaat untuk rumahmu. Menurut feng shui, tanaman mewakili elemen kayu yang didalamnya terkandung energi kehidupan, vitalitas, penyembuhan, serta pertumbuhan. Sehingga jika kedua elemen itu dipadukan dengan cara yang tepat, akan menghasilkan qi yang bagus di sekitarmu.

Lantas bagaimana cara memadukan tanaman di kamar tidur yang tepat menurut feng shui? Melansir dari the spruce, berikut cara menyimpan tanaman di kamar tidur yang tepat menurut feng shui.

Melihat peta Bagua feng shui

Cara Menyimpan Tanaman di Kamar Tidur Menurut Feng Shuikelseyinlondon.com

Salah satu cara untuk menyimpan tanaman di kamar tidur yang tepat menurut feng shui, adalah dengan melihat peta Bagua Feng shui. Peta Bagua feng shui adalah peta energi yang menjadi prinsip kerja Feng shui. Peta tersebut digunakan untuk menentukan dan mempelajari bagian-bagian dari ruangan yang memiliki hubungan dengan area tertentu dalam hidup.

Biasanya peta ini memang digunakan untuk pedoman Feng shui rumah secara keseluruhan. Tetapi, kamu juga bisa menggunakannya untuk area kamar tidurmu saja, lho, Bela.

Cara Menyimpan Tanaman di Kamar Tidur Menurut Feng Shuisimplehomesimplelife.com

Caranya, cobalah berdiri di ambang pintu kamar tidurmu menghadap ke dalam, lalu sejajarkan bagian bawah peta Bagua dengan pintu kamar tidur. Pintu kamar tidurmu akan berada berada di area wisdom, area career, atau area helpful people. Masing-masing area ini memiliki asosiasi yang berbeda, tetapi secara umum, kamu dapat menempatkan tanaman di area kamar tidur yang ingin kamu tingkatkan dan aktifkan.

Misalnya kamu ingin meningkatkan di area karier, maka taruhlah tanaman di area tersebut. Mungkin kamu tergoda untuk mengaktifkan semua area sekaligus, tetapi sebaiknya tetap berpegang pada satu atau dua yang paling ingin kamu capai atau tingkatkan sekarang.

Area-area Bagua dan artinya

Cara Menyimpan Tanaman di Kamar Tidur Menurut Feng Shuisolancha.com

Ada delapan area di peta Bagua dengan apa yang mereka wakili masing-masing. Apa saja delapan area itu? Berikut daftar dan penjelasannya.

1. Area Keluarga (family area): Area Keluarga, yang disebut Zhen dalam bahasa Tiongkok, terkait dengan keluarga dan juga awal yang baru. Jika kamu ingin memberikan lebih banyak keharmonisan dalam keluargamu, atau jika Kamu ingin lebih banyak dukungan dalam memulai proyek baru, kamu dapat menempatkan tanaman di sini.

2. Area kekayaan (wealth area): Area kekayaan, juga disebut Xun, terkait dengan kelimpahan dan kemakmuran. Jika kamu ingin pertumbuhan yang lambat, stabil, dan kokoh dalam kemakmuranmu, kamu dapat memilih tanaman yang kuat dan kokoh serta merawatnya dengan sangat baik. Atau kamu juga bisa memilih pohon yang indah dengan akar yang dalam, namun pastikan itu adalah tanaman yang benar-benar dapat kamu rawat, ya.

3. Area ketenaran (fame area): Li atau area ketenaran, terhubung dengan cara kamu dilihat dan dikenali. Area ini juga berkaitan dengan elemen api. Dengan menambahkan elemen kayu di sini dalam bentuk tanaman, maka kamu menyalakan api di area ini. Hal ini nantinya yang dapat mendukung bagaimana kamu dilihat dunia sehingga kamu dikenali dan tidak diabaikan.

4. Area hubungan (relationship area): Area hubungan, juga disebut Kun , terkait dengan hubungan dan kemitraan. Kamu dapat menambahkan tanaman di sini jika kamu ingin menumbuhkan hubungan romantis dengan pasanganmu atau jika kamu sedang mencari pasangan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan tanaman di area ini jika kamu ingin mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan ibumu, atau mengundang lebih banyak energi feminin.

Cara Menyimpan Tanaman di Kamar Tidur Menurut Feng Shuisigridandco.com

5. Area anak-anak (children area): Selain merupakan area anak-anak, area ini juga terhubung dengan penyelesaian akan sesuatu. Dalam bahasa Cina, area ini disebut Dui. Jika kamu sedang dalam pengerjaan sebuah proyek dan memerlukan bantuan untuk menyelesaikannya, atau jika kamu ingin mendukung anak-anakmu dengan cara yang halus, cobalah menempatkan tanaman di sini.

6. Area orang yang membantu (helpful people area): Jika kamu ingin mengundang lebih banyak orang yang dapat membantu dan mendukungmu ke dalam hidupmu, kamu dapat menambahkan tanaman ke area ini atau yang disebut juga Qian. Area ini juga dapat membantu kamu mengundang lebih banyak energi maskulin atau memelihara hubunganmu dengan ayahmu.

7. Area karir (carrier area): Area karir, yang disebut Kan dalam bahasa Cina, juga terkait dengan kebijaksanaan dan jalan hidupmu. Jika kamu ingin mengembangkan kebijaksanaan atau kariermu, cobalah menempatkan tanaman di area karier di kamar tidurmu ini.

8. Area pengetahuan (knowledge/wisdom area): Area pengetahuan, juga disebut Gen, terhubung dengan keterampilan, spiritualitas, dan pengembangan diri. Kamu bisa menempatkan tanaman di sini jika kamu ingin mengembangkan keterampilan atau kehidupan spiritualmu.

Cara memilih dan merawat tanaman

Cara Menyimpan Tanaman di Kamar Tidur Menurut Feng Shuiaesthetecurator.com

Di area manapun kamu meletakkan tanaman di kamar tidurmu, pastikan tanaman tersebut adalah tanaman yang dapat kamu rawat dengan baik. Perhatikan juga untuk memilih tanaman yang bisa tumbuh subur dalam kondisi kamar tidurmu. Misal, kamarmu hanya memiliki satu jendela kecil, maka jangan memilih tanaman yang menyukai sinar matahari karena tanaman itu kemungkinan besar tidak akan tumbuh dengan baik.

Setelah memilih dan menempatkan tanaman, pastikan kamu juga memahami kebutuhannya serta perawatannya dengan tepat. Tanaman yang berbeda membutuhkan hal yang berbeda juga untuk pertumbuhannya termasuk dalam hal penyiraman, kelembaban, pupuk, dan drainase.

Jika kamu masih belum yakin tanaman mana untuk memulai, kamu bisa memilih beberapa rekomendasi tanaman favorit berikut ini, seperti monstera, money plant, dan pothos emas. (Pothos sangat baik untuk pemula!)

Itulah cara menyimpan tanaman di kamar tidur yang tepat menurut Feng shui. Jadi area mana yang mau kamu aktifkan? Selamat mencoba, ya, Bela.

Baca Juga: Nggak Perlu Mahal, Ciptakan Desain Kamar Tidur Modern dengan 9 Ide Ini

Baca Juga: 14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shui

Baca Juga: Mau Pindah Rumah? Ini Pilihan Waktu dalam Weton, Feng Shui dan Islam

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Kenali 9 Perbedaan iPhone 14 dan iPhone 13, Tertarik Upgrade?

Kenali 9 Perbedaan iPhone 14 dan iPhone 13, Tertarik Upgrade?