Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Novel Horor Terbaik, Penuh Ketegangan Selama Membacanya

Menguji adrenalinmu

Audia Natasha Putri

Kalau kamu suka hal menegangkan tapi terlalu takut untuk menonton film horor, maka membaca novel bergenre horor adalah opsi terbaik untukmu. Umumnya novel bergenre horor menyorot tema seram dan misteri dari keberadaan makhluk spiritual. Tapi, ada juga yang mengangkat ketegangan berupa thriller dan psikologi.

Dengan menghadirkan sensasi mencekam saat membacanya, tak mengherankan jika novel horor punya penikmatnya tersendiri di seluruh dunia. Di antaranya, bahkan telah diadaptasi menjadi serial atau film horor paling laris sepanjang masa. Misalnya seperti waralaba IT karya Stephen King atau serial Netflix The Fall of Usher karangan Edgar Allan Poe.

Jika kamu tertarik membacanya, berikut adalah rekomendasi novel genre horor pilihan Popbela yang bisa jadi referensi untukmu.

1. Home Before Dark

Pangobooks

Penulis: Riley Sager

Novel populer setebal 389 halaman ini mengangkat tema thriller dan horor sekaligus. Menyorot Maggie Holt yang merupakan pewaris rumah Baneberry Hall milik ayahnya. Sejak kematian ayahnya, ia harus tinggal di rumah warisan ayahnya tersebut dan tinggal sejenak di sana sambil menunggu adanya pembeli.

Novel ini terbagi menjadi dua sudut. Yakni persepektif dari Maggie Holt yang mengalami teror aneh di rumah tersebut. Serta sudut pandang pengalaman horor yang dialami ayah Maggie di Baneberry Hall. Sang ayah menuliskan pengalaman ngeri selama ia tinggal di mansion mewah tersebut ke dalam sebuah novel. 

Maggie yang skeptis terhadap hal gaib, tak percaya kepada semua kejadian yang ayahnya tulis di dalam novel. Sampai, Maggie mengalami berbagai kejadian menyeramkan yang menghantuinya selama tinggal di Baneberry Hall. Penasaran, Maggie lantas mengorek sejarah dan rahasia kelam di balik pembangunan Baneberry Hall.

2. The Shining

Wikipedia

Penulis: Stephen King

Ini dia masterpiece milik sang raja horor Stephen King! Bahkan saat diadaptasi menjadi film pada 1980, The Shining sukses menarik perhatian para pencinta horor dan menjadikannya masuk dalam film horor terbaik sepanjang masa.

Ceritanya berhantar saat sebuah keluarga Torrance yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak pergi ke hotel Overlook karena urusan pekerjaan sang ayah yang merupakan seorang penulis. Keluarga yang terdiri dari ayah bernama Jack Torrance, ibu Wendy Torrance, dan anak Danny Torrance.

Bukan hotel biasa, ternyata hotel Overlook mempunya kisah seram dari masa lalu. Hotel ini punya kekuatan gaib yang besar dan mempengaruhi nurani manusia untuk berbuat jahat. Tapi siapa sangka, Danny yang dianugerahi kemampuan indigo, bisa melihat masa lalu dari hotel tua ini. Sementara itu, sang ayah Jack mulai terpengaruh akan kekuatan jahat dari hotel ini dan mulai bertindak anarkis kepada anak dan istrinya.

3. IT

Goodreads.com

Penulis: Stephen King

IT sendiri adalah novel horor milik Stephen King yang dengan ketebalan 1200 halaman. Walau versi dua filmnya sangat bagus dan worth to watch, sayangnya alur yang dipaparkan tidak sedetail cerita novelnya. Berbeda dengan versi filmnya, novel IT menggambarkan cerita yang lebih dark, sadis, vulgar, bahkan cukup depresif bagi pembaca yang tak biasa dengan cerita berat. Setiap karakter dijelaskan sedemikian rupa hingga sangat detail sampai kita merasa masuk ke dalam dunia IT.

Kisahnya tentang teror sebuah entitas kuno yang menghantui Kota Derry setiap 27 tahun sekali. Entitas bernama Pennywise ini mengincar anak kecil untuk dimakan jiwanya. Sampai, Tujuh orang sahabat bernama Richie, Mike, Eddy, Stanley, Ben, Bill dan Beverly pun menghadang sosok tersebut yang kini memiliki rupa badut menyeramkan.

4. The House Across the Lake

The Quill

Penulis: Riley Sager

Ditulis oleh novelis Amerika bernama Riley Sager, The House Across the Lake memperkenalkan seorang aktris terkenal bernama Casey Fletcher. Ia yang depresi setelah kematian suaminya, memutuskan untuk mengasingkan diri di rumah keluarganya dan menghabiskan waktu dengan minum alkohol. Selama mengasingkan diri, Casey gemar mematai-matai tetangganya yang merupakan pasangan kaya bernama Tom dan Katherine Royce. 

Satu hari, Casey mendapati Katherine tenggelam di danau dekat rumahnya. Ia yang melihat kejadian itu, dengan sigap menyelamatkan Katherine. Anehnya, Katherine mendadak hilang setelah diselamatkan olehnya beberapa hari kemudian. Casey mulai mencari keberadaan Katherine, sampai ia mengetahui fakta bahwa danau di dekat rumahnya sangat berhantu hingga memakan korban. Bisakah Casey menemukan Katherine?

5. The Children on the Hill

Bookgeeks.com

Penulis: Jennifer McMahon

Saat menulis The Children on the Hill, Jennifer McMahon mengaku bahwa ia terinspirasi dengan Frankenstein karya Mary Shelley. Berlatar pada tahun 1978 dengan psikiater bernama Helen. Ia mengadopsi anak bernama Iris untuk tinggal bersama keluarganya. Selama tinggal bersama, Iris menjadi akrab dengan kedua cucunya bernama Vi dan Eric. Mereka berpetualang, bermain bersama, bahkan merencanakan perburuan monster karena menurut Vi monster ada di mana-mana.

Kemudian, latar waktu berpindah pada 2019. Berita tentang penculikan anak di daerah Vermont kian santer. Usut punga usut, Vermont adalah tempat Helen dan keluarganya tinggal. Inilah yang membuat seorang host podcast bernama Lizzy pergi ke sana untuk menangkap pelakunya. Ia yakin, bahwa di sanalah monster tersebut tinggal dan kerap menculik anak-anak.

6. Laknat

Carousell

Penulis: Lentera Langit

Jika kamu kurang tertarik dengan novel horor terjemahan, maka novel berjudul Laknat karangan Lentera Langit bisa menjadi pilihan untukmu. Temanya tentang seorang pria pengikut aliran sesat yang mengorbankan istrinya. Khas Indonesia, kamu akan menemukan banyak tradisi supernatural seperti sesajen di novel ini.

Inggrid sangat mencintai Andro, suaminya. Namun yang ia tak tahu, Andro sengaja membuat Inggrid jatuh cinta dan menikahinya, supaya bisa mengorbankannya sebagai tumbal untuk tradisi sesat yang ia ikuti. Semua teman Inggrid sudah mewanti-wanti betapa berbahayanya Andro. Namun ia tak peduli dan tetap menikah dengannya.

Sampai akhirnya ketika mereka bersama, Inggrid merasakan banyak kejadian ganjil. Novel horor satu ini memiliki 168 halaman dan cocok buat kamu yang baru tertarik dengan novel bertema horor. Tingkat keseramannya masih wajar, sehingga kamu masih bisa menikmatinya tanpa harus merasa merinding hebat.

7. Narik Sukmo

Gramedia

Penulis: Dewie Yulliantika Sofia

Nah, judul novel horor satu ini diperuntukkan buat kamu si pencinta horor sejati. Narik Sukmo punya cover buku yang menyeramkan dengan penari bertopeng serta sosok hantu perempuan di belakang. Sampulnya yang tampak menjanjikan untuk novel horor ini, kiranya mengetuk rasa penasaran para penyuka ketegangan dan adrenalin.

Sebagai pembaca, kamu akan diajak untuk berkelana bersama Kenara Cahyaningrum, mahasiswi yang dulunya hobi menari. Suatu hari, Ia pergi ke Desa Kelawangin bersama sahabatnya. Liburan yang seharusnya menyenangkan, malah menjadi petaka setelah Kenar menarikan tarian narik sukmo yang terkutuk. Tak disangka, Narik Sukmo tarian kematian dari pasangan Banyu Janggala Bagwahanta dan Ratimayu yang meninggal 20 tahun lalu.

Jadi, itulah deretan 7 rekomendasi novel horor yang bisa kamu baca. Dari daftar di atas, buku mana yang ingin kamu baca duluan nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration