Biasanya, anggota grup K-pop atau seorang solois memiliki hobi bermain musik dan menciptakan lagu. Di antara jadwal yang padat, beberapa idol juga gemar membaca dan membenamkan diri dalam cerita.

Para idol ini juga sering berbicara mengenai buku favorit mereka dan membagikan rekomendasi buku kepada penggemar. Mulai dari karangan Haruki Murakami hingga penulis asal Brasil, Paulo Coelho, inilah rekomendasi buku dari idol K-pop yang bisa jadi referensi untuk kamu.

1. The Brothers Karamazov oleh Fyodor Dostoevsky - IU

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Sumber

Produser Kim Hak Min dari program Hyori’s Homestay mengungkapkan bahwa IU telah memilih The Brothers Karamazov sebagai buku terbaik yang telah dia miliki. Selain itu, IU sempat terlihat membaca volume kedua buku ini selama episode ketiga reality show JTBC, Hyori’s Bed and Breakfast (2017). 

The Brothers Karamazov merupakan sebuah novel misteri pembunuhan, drama, serta persaingan dalam hubungan. Menghadirkan kisah mencekam yang harus dialami tiap tokoh, Fyodor menggambarkan seluruh kehidupan Rusia pada masa keemasan dan titik balik tragis dalam budaya rusia.

2. 1984 oleh George Orwell - RM BTS

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Sumber

Leader grup BTS ini merupakan salah satu idol yang terkenal suka membaca dan sering membagikan rekomendasi bacaan kepada penggemarnya. Dalam suatu wawancara di tahun 2017, RM mengatakan bahwa 1948 adalah salah satu buku yang dirinya suka baca ulang. 

Mengambil latar di London pada tahun 1984-an, novel ini merupakan dystopia klasik yang mengisahkan Oceania, sebuah negara totaliter yang dikuasai partai tunggal bernama Ingsoc. Menggambarkan pemerintahan yang menggunakan alat pengawasan untuk kekuasaan, George menuliskan kisah dunia yang dipenuhi kekacauan politik yang menarik untuk dibaca.

3. Kim Ji Young, Born 1982 oleh Cho Nam Joo - Irene Red Velvet

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Sumber

Ketika seorang penggemar bertanya mengenai rekomendasi buku saat acara fanmeeting, Irene menyarankan untuk membaca buku karya Cho Nam Joo yang satu ini. Irene mengaku telah membaca dan menyelesaikannya buku setebal 163 halaman ini saat berlibur. 

Membahas mengenai isu feminisme dan depresi, kehadiran Kim Ji Young, Born 1982 bertujuan mengentaskan sistem patriarki—terutama di Korea Selatan. Bercerita mengenai seorang ibu rumah tangga bernama Kim Ji Young, buku ini akan membawa pembaca melihat jika diskriminasi gender itu terjadi setiap hari.

4. The Devotion Of Suspect X oleh Keigo Higashino - Kai EXO

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Sumber

Kai mengungkapkan bahwa membaca merupakan salah satu hiburan favoritnya. Salah satu buku yang meninggalkan jejak mendalam untuknya adalah The Devotion Of Suspect X  karangan Keigo Higashino. 

Banyak mengeluarkan novel penuh misteri dengan alur permasalahan yang rumit, Keigo sering mengakhiri kisahnya dengan penuh twist. The Devotion Of Suspect X sendiri berhasil meraih penghargaan Naoki Prize untuk Novel Terbaik serta Penghargaan Misteri Honkaku.

5. Demian oleh Hermann Hesse - Jisoo BLACKPINK

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Sumber

Melalui reality show Blackpink House (2018), penyanyi dan aktris kelahiran 1995 ini merekomendasikan novel Demian karya Hermann Hesse. Lahir di tahun 1919, karya sastra ini merupakan salah satu novel paling laris pada masanya.

Kental dengan kisah pencarian jati diri, mimpi, mitologi dan perang batin yang dialami sang tokoh utama, Emil Sinclair, novel ini berhasil meraih penghargaan nobel. Terkenal gemar membaca, Jisoo juga mengungkapkan bahwa dirinya juga membaca karya Keigo Higashino hingga Haruki Murakami. 

6. The Alchemist oleh Paulo Coelho - Suga BTS

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Sumber

Suga BTS diduga penggemar berat penulis kebangsaan Brasil, Paulo Coelho. Judul favoritnya adalah The Alchemist. Beruntungnya, belum lama ini Suga berhasil mendapatkan salinan buku The Alchemist yang telah ditandatangani langsung oleh Paulo. 

Masuk ke dalam jajaran buku best seller, The Alchemist berkisah mengenai seorang gembala yang melakukan perjalanan dari tanah airnya di Spanyol ke gurun Mesir untuk mencari harta karun. Sepanjang jalan, si gembala mendapat banyak pesan kehidupan yang disampaikan dengan apik oleh sang penulis.

7. The Catcher In The Rye oleh J. D. Salinger - Jae DAY6

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Bahasa

Aktif bermain Twitter sejak lama, di tahun 2018 Jae sempat mentweet bahwa dirinya ingin kembali membaca salah satu buku favoritnya, The Catcher In The Rye.

Terbit pertama kali pada tahun 1951, novel karya J. D. Salinger ini sempat menjadi kontroversi, akibat dibawa oleh Mark David saat memberondong kepala Lennon dengan empat tembakan pada tahun 1980.

Jauh dari penggambaran adegan penyiksaan, pembunuhan dan semacamnya, novel ini mengisahkan perasaan bingung dan kecewa yang dirasakan anak-anak yang akan masuk ke dunia orang dewasa.

8. The Courage To Be Disliked oleh Ichiro Kishimi and Fumitake Koga - Jaehyun NCT

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Bahasa

Berbicara mengenai rekomendasi buku, Jaehyun NCT membagikan rekomendasi buku self help favoritnya dalam salah satu fansign. The Courage To Be Disliked tercetak dalam 288 halaman pada tahun 2019.

Penulis mengajarkan pembaca mengenai pembelajaran sederhana namun mendalam untuk menemukan kebahagiaan abadi dalam hidup. 

Menggunakan teori Alfred Adler—psikolog pada abad 19, penulis menjelaskan bagaimana kita semua bebas menentukan masa depan kita sendiri, serta belajar membebaskan diri dari belenggu pengalaman masa lalu, keraguan, serta harapan orang lain.

9. Norwegian Wood oleh Haruki Murakami - Jinyoung GOT7

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Bahasa

Selain gemar membaca, Jinyoung juga sesekali membagikan rekomendasi buku yang disukainya kepada penggemar. Pernah membaca karya penulis best seller seperti Haruki Murakami hingga Patrick Suskind, Norwegian Wood menjadi salah satu buku favoritnya. 

Menerbitkan cetakan pertama pada tahun 1987, Norwegian Wood telah diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama. Berjudul asli Noruwei no Mori, novel yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun 2000 ini mengembangkan kisah yang fokus pada perkembangan moral dan psikologi si tokoh utama, Toru Watanabe. 

10. The Seventh Day oleh Yu Hua - Wonwoo SEVENTEEN

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Bahasa

Gemar membaca buku berbagai genre, Wonwoo merupakan anggota SEVENTEEN yang rajin membaca. Telah dikenal senang membaca sejak debut, Wonwoo merekomendasikan The Seventh Day karya Yu Hua kepada penggemarnya. 

Yu Hua menuliskan kisah Yang Fei, pemuda yang lahir pada kereta yang sedang bergerak. Diadopsi oleh seorang switchman muda, Yang Fei dibesarkan dengan kesederhanaan dan cinta. Namun, Yang Fei tidak pernah siap untuk sebuah perubahan yang dapat menjungkirbalikkan hidupnya.

11. Kafka On The Shore oleh Haruki Murakami - Jay B GOT7

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Bahasa

Nama penulis asal Jepang, Haruki Murakami telah menghasilkan banyak novel-novel best seller yang mendunia. Salah satunya Kafka On The Shore yang juga merupakan novel favorit salah satu anggota GOT7, Jay B.

Pada wawancaranya bersama majalah Arena Homme, Jay B mengungkapkan bahwa dirinya telah membaca novel ini sebanyak 6 kali. Saking gemarnya membaca, Jay mengilhami tagar #ReadingWithJaebo, di mana para penggemar dan dirinya akan berbagi cinta mereka pada buku.

12. The Kite Runner oleh Khaled Hosseini - Xiaojun WayV

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Bahasa

Xiaojun terlihat membaca buku dalam konten WayV-log di YouTube, menunjukkan bahwa dirinya gemar membaca. Pernah merekomendasikan The Kite Runner yang ditulis oleh Khaled Hosseini, novel ini berkisah tentang persahabatan Amir dan putra pelayan ayahnya, Hassan. 

Terbit pertama kali pada 2003, novel ini berhasil diangkat menjadi film dengan judul yang sama pada 2007. Berhasil menduduki peringkat pertama buku paling laris versi New York Times, Khaled berhasil membuat pembaca merasakan bagaimana perjuangan untuk bertahan hidup, serta bertahan di tengah trauma yang menghantui. 

13. Letters To Lily: On How The World Works oleh Alan MacFarlane - Jessica Jung

13 Rekomendasi Novel Best Seller dari Idol K-Pop, Ada yang Raih NobelBerbagai Bahasa

Menjadi salah satu  buku favorit yang telah dibaca oleh Jessica Jung, Letters To Lily: -On How The World Works memiliki tema-tema paling relevan pada tiap bab yang hadir.

Melalui serangkaian surat paling jujur yang dibuat oleh seorang remaja perempuan, buku ini mengajarkan pembaca untuk mengetahui dunia tempat kita tinggal dan aturannya, juga bagaimana kita berperilaku di dalamnya.

Melalui 30 surat di dalam buku ini, Alan akan menjawab pertanyaan tentang bagaimana dunia bekerja, apa yang terjadi, bagaimana dunia menjadi seperti ini, dan banyak lainnya.

Mulai dari RM BTS hingga Jinyoung GOT7, semua buku yang mereka rekomendasikan pernah masuk jajaran best seller. Selain memperkaya kosakata dan menambah wawasan, membaca juga dapat mengurangi stres, lho! Jadi, tertarik membaca yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 7 Buku Korea Terjemahan Indonesia yang Seru Buat Akhir Pekan

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku yang Ceritanya Diangkat ke dalam Film Netflix

Baca Juga: 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Self Improvement