Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Girl Power! B20 WiBAC Ajak Perempuan Majukan Dunia Bisnis dan UMKM

Yuk ikut berpartisipasi, Bela!

Asri Muspita Sari

Business woman mana nih suaranya? Ketangguhan perempuan dalam membangun dan mengelola bisnis memang udah nggak diragukan lagi ya, Bela. Mulai dari perajin, pelaku UMKM, hingga pebisnis sukses, perempuan punya andil yang besar dalam menopang perekonomian Indonesia.

Namun, sektor bisnis ini terus menghadapi berbagai tantangan besar nih, Bela. Terlebih saat pandemik Covid-19 berlangsung. Oleh karena itu, B20 Indonesia memberikan perhatian khusus pada peran perempuan dalam dunia bisnis yang menyangkut ketahanan ekonomi, keluarga, terutama UMKM.

Lewat Women in Business Action Council (WiBAC), B20 Indonesia mencoba mengusulkan rekomendasi kebijakan yang dapat memajukan bisnis perempuan lho, Bela. Seperti akses ke investasi, keuangan, dan infrastruktur termasuk literasi digital serta dukungan teknis seperti penghapusan dari hambatan hukum.

Selain itu, usaha apa saja ya yang dilakukan WiBAC B20 Indonesia untuk mendorong pemberdayaan UMKM perempuan di Tanah Air? Cari tahu yuk, Bela! Keep reading!

1. Selenggarakan side event forum

Freepik/bunditinay

B20 Indonesia melalui Women in Business Action Council (WIBAC) menyelenggarakan side event forum dengan tema "Accelerating Inclusion of Women MSMEs in The Global Economy". 

Forum yang akan diselenggarakan pada 17 Juni 2022 ini bertujuan untuk mengajak semua pemangku kepentingan, agar dapat memainkan peran aktif memajukan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, tangguh, dan juga berkelanjutan dengan cara mendorong pemberdayaan UMKM perempuan.

2. Bahas isu ketidaksetaraan gender di dunia bisnis

Dok. SBS

Bukan hanya mendorong pemberdayaan UMKM, Bela. Side event forum yang diselenggarakan WiBAC B20 Indonesia juga akan membahas tentang isu kesenjangan pada pekerja perempuan akibat pandemik Covid-19.

Tak terkecuali pada kewirausahaan yang dipimpin oleh perempuan serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memiliki peran penting dan strategis dalam pertumbuhan ekonomi dan mempercepat inklusivitas yang berdampak pada bisnis yang dipimpin oleh perempuan dalam skala ekonomi global. 

Dalam momen ini, dilakukan juga penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Tokopedia-Unilever Indonesia dan Grab Indonesia-Bukalapak-Emtek Group terkait kolaborasi antar perusahaan untuk pemberdayaan UMKM yang digawangi perempuan

3. Dihadiri negara-negara yang tergabung dalam Presidensi G20

Dok. KADIN B20

Kegiatan ini dihadiri oleh 150 peserta secara langsung dan 1.000 lainnya secara daring dari seluruh negara-negara yang tergabung pada Presidensi G20 lho, Bela. Mereka yang hadir mencakup para pejabat tinggi pemerintah, pemimpin bisnis, CSO, filantropis, platform perempuan, serta pemangku kepentingan terkait. 

Forum ini rencananya akan dihadiri oleh Zeynep Bodur Okyay, President & CEO Kale Group, Diane Wang, CEO & Founder DHGate, Neneng Goenadi Managing Director Grab Indonesia, dan lainnya.

Tak hanya itu, ada juga beberapa pembicara penting lainnya seperti Global Keynote Speech dari Greta Bull, Director of Women’s Economic Empowerment, Bill & Melinda Gates Foundation, Global Insight dari Alexandra Thoft CEO & Head of D&I BloombergNEF, serta Zeynep Bodur Okyay, President & CEO Kale Group yang masih dikonfirmasi kehadirannya. 

4. Ajak perempuan majukan dunia bisnis dan UMKM

Dok. B20 KADIN

Side event forum dari WiBAC B20 Indonesia ini juga turut mengundang beberapa menteri kabinet di antaranya Menteri Kemenkop UMKM Teten Masduki, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Wanita I Gusti Ayu Bintang Puspayoga.

Ada juga Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim dan Menkeu Sri Mulyani yang masih dikonfirmasi kehadirannya. 

Nah, untuk Bela yang mau ikut berpartisipasi dalam forum ini bisa langsung melakukan registrasi pada Zoom webinar dengan cara klik di sini.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek Instagram @theb20summit atau di microsite resmi kegiatan ini di sini. Yuk, ikutan! (WEB)

IDN Media Channels

Latest from Inspiration