Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Film India Bertema Kerajaan Paling Populer

Didukung tata artistik dan teknologi CGI yang canggih

Aisyah Banowati

India merupakan salah satu negara yang pernah menerapkan sistem pemerintahan berupa kerajaan. Mulai dari kekaisaran Gupta, Maurya hingga Mughal, telah membawa peradaban India sampai sekarang. Kisah tokoh berpengaruh dan peristiwa bersejarah lainnya telah tercatat dalam sejarah yang kini banyak dipelajari. 

Melihat hal tersebut, banyak industri media hiburan India yang memproduksinya sebagai film atau serial. Film India atau yang dikenal sebagai film Bollywood, cukup populer di Indonesia. Ditambah dengan tata artistik dan teknologi CGI yang canggih, film Bollywood telah mengalami banyak perkembangan. 

Untuk itu, Popbela ingin memberikan rekomendasi film India bertema kerajaan yang terpopuler pastinya seru untuk ditonton!

1. Aśoka

www.movieposterdb.com/asoka

Pemeran: Shah Rukh Khan, Danny Denzongpa, Kareena Kapoor

Durasi: 171 menit 

Genre: Laga, drama sejarah, roman

Tahun tayang: 2001


Dalam sejarah, Asoka (Shah Rukh Khan) merupakan raja yang paling berkuasa di India, namun akibat konflik kerajaan, dirinya harus mengasingkan diri untuk sementara. Dalam pengasingan, Asoka jatuh cinta kepada gadis bernama Kaurwaki (Kareena Kapoor), kemudian keduanya memilih untuk menikah secara rahasia. 

Tidak lama, datang pesan yang memerintahkan Asoka untuk kembali datang ke kerajaan. Setelah kembali dari kerajaan, Asoka ingin bertemu kembali dengan Kaurwaki namun yang didapat adalah kabar bahwa istrinya telah terbunuh.

Mendengar kejadian naas yang dialami istrinya, Asoka memilih untuk berperang dan menaklukan banyak wilayah. Menariknya, pada akhirnya Asoka justru berhadapan dengan pasukan yang dipimpin istrinya sendiri.

2. Jodhaa Akbar

www.hotstar.com/id/movies/jodhaa-akbar

Pemeran: Hrithik Roshan, Aishwarya Rai, Sonu Sood

Durasi: 214 menit

Genre: Drama sejarah

Tahun tayang: 2008

Film Jodhaa Akbar mengisahkan kisah cinta di balik berdirinya Taj Mahal yang sangat populer. Film ini menceritakan pernikahan politik antara, Putri Jodha (Aishwarya Rai) dan Jalaluddin Akbar (Hrithik Roshan) pemimpin kerajaan Mughal.

Meski hanya sebatas pernikahan politik, keduanya saling menghormati. Jalaluddin Akbar bahkan membiarkan istrinya untuk bertahan pada keyakinannya, meski Mughal adalah kerajaan Islam. Diceritakan, bahwa dibandingkan dengan seluruh istrinya yang lain, Putri Jodha adalah istri yang paling dicintai oleh Jalaluddin Akbar. 

3. Veer

www.amazon.com/Veer

Pemain: Salman Khan, Zareen Khan, Jackie Shroff

Durasi: 164 menit

Genre: Laga, roman, drama musikal

Tahun tayang: 2010

Dikisahkan, Veer Pratap Singh merupakan seorang pangeran sekaligus prajurit tangguh. Namanya dikenal berkat perjuangannya saat bertempur untuk membebaskan India dari penjajahan Inggris.

Veer ingin melanjutkan perjuangan ayahnya dalam memimpin gerakan Pindari melawan Inggris. Namun, Veer mendapat banyak pertentangan, terutama dari Raja Madhavghar yang menganggapnya sebagai ancaman. Raja pun memerintahkan agar Veer dibunuh.

4. Baahubali: The Beginning

www.imdb.com

Pemeran: Prabhas, Rana Daggubati, Tamannaah

Durasi: 159 menit

Genre: Laga, roman, drama, petualangan, fantasi

Tahun tayang: 2015

Berhasil menjadi film box office, Baahubali: The Beginning menghadirkan efek CGI yang menampilkan setiap lokasi menjadi terlihat nyata. Baahubali: The Beginning menceritakan tokoh bernama Shiva yang sejak lahir tidak mengetahui bahwa dirinya merupakan pewaris kerajaan Mahishmathi.

Tumbuh menjadi anak yang penuh rasa ingin tahu, kuat dan tangguh, Shiva yang sudah dewasa jatuh cinta kepada Avanthika. Perjalanan Shiva dan gadis itu membawanya ke Mahishmathi. Mungkinkan Shiva akan mengetahui asal-usulnya? 

5. Rudhramadevi

www.imdb.com

Pemeran: Anushka Shetty, Allu Arjun, Rana Daggubati

Durasi: 157 menit

Genre: Laga, drama sejarah 

Tahun tayang: 2015

Dalam sejarah, Rudrama Devi merupakan penguasa terkenal di masa dinasti Kakatiya. Dirinya merupakan ratu yang berkuasa atas banyak wilayah. Namun, selama berpuluh-puluh tahun, dirinya harus menyamar sebagai laki-laki, karena ayahnya khawatir jika pengikutnya akan memberontak jika melayani seorang ratu.

Melihat anaknya tumbuh sebagai seorang pria, Rudrama berniat akan dinikahkan oleh Muktamba, namun apakah Rudrama bersedia? Jika dirinya melepas penyamaran, apa yang akan terjadi?

6. Mohenjo Daro

www.hotstar.com/id/movies/mohenjo-daro

Pemeran: Hrithik Roshan, Pooja Hegde, Kabir Bedi

Durasi: 155 menit

Genre: Laga, roman, drama sejarah

Tahun tayang: 2016

Terinspirasi dari kisah peradaban Sungai Mohenjo Daro, film ini fokus pada kisah Sarman. Dirinya merupakan pedagang yang jatuh cinta kepada Chaani, yang disebut sebagai simbol keberkahan Dewi Sungai.

Sarman sendiri pernah dinobatkan sebagai pahlawan, karena telah membunuh buaya yang meneror para nelayan. Selama berdagang, dirinya menyadari bahwa ada ketidakadilan yang menimpa dirinya dan pedagang lain.

Lantas, bagaimana Sarman menghapuskan ketidakadilan tersebut? Apakah di akhir kisah nanti dirinya berhasil mendapatkan hati Chaani?

7. Baahubali: The Conclusion

www.imdb.com

Pemeran: Prabhas, Rana Daggubati, Anushka Shetty

Durasi: 168 menit

Genre: Laga, roman, drama, petualangan

Tahun tayang: 2018

Sukses dengan film pertamanya, Baahubali: The Conclusion hadir untuk mengungkapkan lebih banyak lagi kebenaran. Di film kedua ini, pada akhirnya Shiva mengetahui bahwa ayah kandungnya sebenarnya telah dibunuh, dan dirinya merupakan pewaris sah kerajaan. Untuk mengambil kembali kerajaan yang sudah menjadi haknya, Shiva pun mengumpulkan kaum pemberontak untuk berperang.

8. Padmaavat

www.imdb.com

Pemeran: Deepika Padukone, Shahid Kapoor, Ranveer Singh

Durasi: 163 menit

Genre: Sejarah, laga, roman

Tahun tayang: 2018


Padmaavat merupakan salah satu film India yang biaya produksinya paling mahal. Sempat terlibat kontroversi, film ini harus mengalami penundaan penayangan. Padmaavat mengisahkah Padmavati, seorang ratu yang dinikahi oleh Raja Ratan Singh dari kerajaan Mewar. Karena kecantikan, Sultan Alauddin berusaha mendapatkan Padmavati dengan menghalalkan segala cara. 

9. Manikarnika: The Queen of Jhansi

www.primevideo.com/Manikarnika-The-Queen-of-Jhansi-Tamil

Pemeran: Kangana Ranaut, Atul Kulkarni, Jisshu Sengupta

Durasi: 148 menit

Genre: Drama sejarah, laga, fiksi 

Tahun tayang: 2019

Film ini diadaptasi dari kisah nyata Rani Lakhsimibai yang menikah dengan Raja Ganghador Rao dari Jhansi. Dalam sejarah, Rani Lakhsimibai merupakan perempuan pemberani yang telah membangkitkan semangat rakyat India untuk menghadapi penjajah dari Inggris. 

Konflik terjadi saat raja dan anaknya tewas memakan racun yang diberikan oleh pengkhianat kerajaan. Dirinya pun menggantikan posisi suaminya sebagai raja dan memulai pemerintahan baru yang menentang penjajahan. 

Itulah beberapa rekomendasi film India tentang kerajaan yang paling populer. Memiliki jalan cerita yang bagus, serta didukung aktor dan aktris populer, daftar film di atas wajib kamu tonton!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration