Aktor Bollywood yang terlibat kasus kontroversia,l sering luput dari perhatian publik karena popularitasnya. Tidak sedikit aktor papan atas Bollywood yang menyalahgunakan popularitas mereka untuk melanggar hukum. 

Perilakunya di balik layar melampaui batas, sehingga mendapat kecaman dari publik. Mulai dari penyalahgunaan narkoba, terlibat kasus kekerasan, hingga penyalahgunaan media sosial, berikut adalah 8 artis Bollywood paling kontroversial  yang mengguncang industri hiburan Bollywood.

1. Salman Khan

8 Artis Bollywood Paling Kontroversial yang Mengguncang Dunia Hiburannewindianexpress.com

Sultan Bollywood ini masuk dalam jajaran pertama artis paling kontroversial di Bollywood. Meskipun terlibat kasus kontroversi yang tidak sedikit, namun ia merupakan salah satu aktor yang paling sukses secara komersial. Sosok yang telah meluncurkan banyak calon aktor di dunia hiburan ini memiliki penggemar dari semua kalangan, dari segi umur, kelas, hingga jabatan.

Namanya sempat ramai dibahas karena berburu spesies hewan Chunkara yang terancam punah, terlibat kasus tabrak lari, perlakuan terhadap kekasihnya yang buruk, terlibat kasus kekerasan dengan seleb lain di luar layar, dan masih banyak lagi.

Sebagai seorang aktor dan produser film, dirinya sangat berpengaruh di dunia hiburan sehingga setiap keputusan yang diambil berdampak pada sekitarnya. Seperti 7 seleb berikut yang berani berurusan dengan Salman Khan, dilansir dari India Times. Vivek Oberoi, Anurag Kashyap, Arijit Singh, Renuka Shahane, Zubair Khan, Ranbir Kapoor, dan Sona Mohapatra perjalanan kariernya sempat merosot akibat perlakuan Salaman Khan.

2. Sanjay Dutt

8 Artis Bollywood Paling Kontroversial yang Mengguncang Dunia Hiburandesiblitz.com

Sanjay Dutt mulai terlibat kontroversi sejak awal perjalanan kariernya. Pemeran Agneepath tersebut terlibat penyalahgunaan narkoba, yang menurut publik dipicu oleh kematian ibunya pada tahun 1981. Namun, ia cepat bangkit dari kasus ini setelah melalui proses rehabilitasi dan mendapatkan simpati dari masyarakat. 

Tak lama kemudian, ia harus ditahan posisi karena pelanggaran penyelundupan senjata kekerasan dan keterlibatannya dalam ledakan Bombay pada tahun 1993, yang menewaskan 257 orang. Reputasinya benar-benar hancur ketika dirinya didakwa masuk penjara selama 23 tahun. 

Setelah dibebaskan, aktor Bollywood yang kontroversial ini justru menerima reaksi positif dari publik. Perjalanan hidup aktor Bollywood yang terlibat deretan peristiwa ini pun dikemas sebagai sebuah film berjudul Sanju (2018).

3. Akshay Kumar

8 Artis Bollywood Paling Kontroversial yang Mengguncang Dunia Hiburandesiblitz.com

Akshay Kumar mulai dikecam publik karena pengakuan dirinya yang berkewarganegaraan Kanada. Aktor India-Kanada tersebut memicu kontroversi ketika publik mengetahui bahwa dirinya tidak ikut memilih dalam pemilu Lok Sabha tahun 2019.

Para penggemar mulai meragukan patriotrisme aktor tersebut. Pembahasan kontroversi Akhsay Kumar di media pun berlangsung cukup lama, namun pembelaan diri yang ditunjukkan dirinya akhirnya diterima publik.

Para pendukungnya mungkin berpendapat bahwa pemeran film Laxmii tersebut tidak patut menerima sorotan yang begitu sinis dari publik. Menurut mereka, pengabdian Akshay terhadap Industri Bollywood di India telah dibuktikkan melalui tindakannya, dan tidak pantas jika dinilai melalui kewarganegaraan yang dimilikinya.

4. Kareena Kapoor

8 Artis Bollywood Paling Kontroversial yang Mengguncang Dunia Hiburannettv4u.com

Kareena Kapoor adalah aktris Bollywood lainnya, yang mendapat kecaman karena keputusannya yang mengundang kontroversi. Dirinya menuntut bayaran yang lebih tinggi untuk memerankan Sita dalam film Ramayana terbaru. Dia diduga meminta bayaran lebih tinggi sebesar  ₹12 crore atau sebesar Rp23 milliar, lebih dari apa yang ditawarkan kepadanya.

Permintaan ini pun ramai dibicarakan publik. Penggemarnya juga menyebutnya serakah meskipun sudah memiliki kekayaan yang berlimpah. Namun, dirinya menunjukan pembelaan diri. 

“Saya menunjukkan apa saya inginkan dan saya pikir rasa hormat harus diberikan. Ini bukan tentang menuntut, namun tentang menghormati perempuan. Dan saya pikir banyak hal yang berubah," ujarnya.

Bintang Bollywood yang menjadi sorotan publik ini memang lebih rentan terhadap kontroversi. Namun, apakah pernyataan artis tersebut dapat diterima atau tidak memang masih simpang siur, karena beberapa penggemar masih berpendapat bahwa dirinya sangat egois.

5. Aishwarya Rai

8 Artis Bollywood Paling Kontroversial yang Mengguncang Dunia Hiburannewindianaexpress.com

Pada tahun 2015 silam, Aishwarya Rai, pemenang Miss World menerima reaksi negatif dari publik karena partisipasinya dalam sebUah iklan perhiasan. Aishwarya Rai memang merupakan duta merek Kalyan Jewelers selama bertahun-tahun, yang mewakili deretan iklan mereka.

Ada sebuah iklan yang menurut publik sangat menyinggung, karena menyoroti perbudakan manusia termasuk anak kecil. Berbagai tuduhan yang mengecam pun disuguhkan kepada dirinya, karena iklannya mirip dengan lukisan seorang bangsawan kulit putih abad ke-17 dan ke-18, yang berada di samping budak anak mereka.

Penemuan ini mengecewakan para penggemar. Mereka berpendapat bahwa partisipasi Aishwarya Rai dalam iklan semacam itu menunjukan keabaiannya terhadap isu-isu sosial di sekitarnya. Para aktivis juga mengkritik aktris tersebut sebagai seseorang yang rasis.

6. Kangana Ranaut

8 Artis Bollywood Paling Kontroversial yang Mengguncang Dunia Hiburandesiblitz.com

Penyalahgunaan media sosial ternyata memengaruhi nasib aktris Bollywood satu ini. Kangana Ranaut merupakan salah satu aktris India yang mendapat kecaman, setelah mendorong agenda politik yang kontroversial di Twitter.

Pada awal tahun 2021, Twitter menutup akun pemeran Gangster tersebut karena tweet-nya diduga mendorong perlakuan kekerasan. Melalui tweet-nya, Kangana menyarankan agar Perdana Menteri India Narendra Modi menerapkan gaya kepemimpinan 'awal 2000-an' untuk 'menjinakkan' seorang pemimpin oposisi. 

Menurut publik, gaya kepemimpinan yang dimaksud ini berhubungan dengan sebuah kerusuhan yang pernah terjadi, yang menewaskan lebih dari 1.000 orang, termasuk orang muslim. Komentar tersebut memicu kemarahan publik, yang mengakibatkan akunnya ditutup Twitter hingga pemberitahuan lebih lanjut.

7. Radhika Apte

8 Artis Bollywood Paling Kontroversial yang Mengguncang Dunia Hiburannewindianaexpress.com

Radhika Apte merupakan seorang aktris film dan teater, yang menjadi sorotan ketika fotonya tanpa memakai busana menjadi viral melalui WhatsApp. Namun, ia membantah kebenaran ini melalui Twitter yang menunjukkan bahwa foto tersebut bukanlah dirinya.

Tweet ini ditemukan sebelum foto-fotonya menjadi viral di media sosial. Sebuah kabar menunjukkan, bahwa penyebaran foto ini dilakukan untuk mendorong publisitas film Badlapur yang diperankan oleh Radhika Apte.

8. Sha Rukh Khan

8 Artis Bollywood Paling Kontroversial yang Mengguncang Dunia Hiburannewindianaexpress.com

Sepanjang kariernya di industri Bollywood, Sha Rukh Khan memang menerima kecaman publik karena terlibat kasus kontroversial. Salah satunya adalah dugaan perilaku kekerasan di Stadion Wankhede, Mumbai. Kejadian ini terjadi pada tanggal 16 Mei 2012, ketika bintang Bollywood tersebut diduga berkelahi dengan staf pasca pertandingan kriket IPL yang menampilkan Kolkata Knight Riders dan Mumbai Indians.

Shah Rukh Khan juga menyatakan alasan utama ia melibatkan kekerasan adalah karena pihak lainnya menyerangnya terlebih dahulu. Shah Rukh menyatakan secara tegas bahwa dirinya memahami bagaimana harus bertindak di depan umum. Akibat perlakuan tersebut, dirinya pun dilarang memasuki Stadion Wankhede selama lima tahun.

Itulah 8 artis Bollywood paling kontroversial yang mengguncang industri hiburan Bollywood. Karakter fisik yang mereka perankan memang gagal menyuguhkan perlakuan mereka sesungguhnya di balik layar, ya, Bela.

Baca Juga: Sukses Tapi Tak Punya Teman, Ini 10 Artis Bollywood yang Paling Arogan

Baca Juga: 5 Anak Aktor Bollywood Ini Ikuti Jejak Sang Ayah di Dunia Hiburan

Baca Juga: Kental Nepotisme, Ini 12 Artis Bollywood yang Sukses di "Kaki Sendiri"