Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Aktris, Musisi, Sekaligus Sutradara Zoë Kravitz

Zoë Kravitz berperan sebagai Catwoman di 'The Batman'

Aisyah Banowati

Penggemar film science fiction Divergent pasti tak lagi asing dengan Zoë Kravitz yang berperan sebagai Christina. Baru-baru ini, Zoë Kravitz dikabarkan bertunangan dengan kekasihnya yang sudah dua tahun merajut kasih, Channing Tatum. 

Meski belum ada pemberitahun resmi dari keduanya, namun lewat sejumlah foto, saat Zoë Kravitz menghadiri pesta halloween, terlihat jika aktris tersebut sedang memamerkan cincin pertunangannya. 

Punya nama yang cukup terkenal di industri hiburan hollywood membuat isu pertunangan Zoë Kravitz ramai dibicarakan. Buat kamu yang ingin mengenal dekat aktris, sutradara, sekaligus penyanyi yang satu ini, berikut profil Zoë Kravitz.

1. Masa kecil Zoë Kravitz

instagram.com/zoeisabellakravitz

Zoë Kravitz lahir dari pasangan Lisa Bonet dan Lenny Kravitz pada 1 Desember 1988 di Los Angeles, Amerika Serikat. Tumbuh di antara orang tua yang memilih untuk berpisah tak membuat hubungan Zoë Kravitz dan ibunya menjadi jauh.

Melansir dari People, aktris 34 tahun ini mengaku memiliki hubungan yang dekat, layaknya sahabat, dengan sang ibu, serta memiliki ayah yang gemar membanggakan dirinya di media sosial—dalam konteks positif.

2. Debut akting

instagram.com/zoeisabellakravitz

Melihat latar belakangnya—ibunya adalah aktris dan ayahnya seorang musisi—tampaknya Zoë Kravitz memang ditakdirkan untuk lahir sebagai seorang bintang. Ia memulai karier aktingnya saat berada di sekolah menengah lewat No Reservations (2007) sebagai Charlotte. Di tahun yang sama, film yang mempertemukan ia dengan Jodie Foster, The Brave One juga tayang. 

Di awal kariernya, media Variety menyebut Zoë Kravitz sebagai satu dari sepuluh aktor yang harus ditonton, sedangkan Forbes menaruh namanya dalam daftar 30 Under 30. Kemudian, kemunculannya dalam X-Men: First Class (2011) dan Divergent (2014) membuatnya mendapat banyak sorotan publik.

3. Namanya membintangi judul film besar

instagram.com/zoeisabellakravitz

Tahun lalu, Zoë Kravitz menerima tawaran untuk memerankan Catwoman atau Selina Kyle dalam The Batman (2022). Melansir dari The Guardian, Zoë Kravitz mempersiapkan diri selama empat bulan dengan menonton video kucing dan mengadopsi atribut fisik mereka untuk perannya. 

Menariknya, pada tahun 2012, Zoë Kravitz sempat mengikuti audisi untuk Batman: The Dark Knight Rises namun mendapat penolakan. Jadi, ketika pada akhirnya ia dapat bermain untuk franchise Batman ia tak dapat menahan rasa gembira yang meluap dalam dirinya. 

Sebelumnya, nama Zoë Kravitz telah melambung lewat beragam judul film dan serial yang ia pilih untuk dibintangi. Mulai dari The Road Within (2014), Mad Max: Fury Road (2015), Dope (2015),  Big Little Lies (2017), Rough Night (2017), Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018) hingga High Fidelity (2020).

4. Nominasi penghargaan untuk Zoë Kravitz

instagram.com/zoeisabellakravitz

Buah kerja keras dan disiplin Zoë Kravitz bukan hanya mengantarkannya pada berbagai tawaran untuk bermain di berbagai judul film, namanya pun sering kali masuk ke dalam nominasi penghargaan.

  • Di tahun 2010, untuk pertama kalinya, Zoë Kravitz dinominasikan dalam Black Reel Awards untuk ‘Penampilan Terobosan Terbaik’ berkat perannya dalam It's Kind of a Funny Story.
  • Peran Zoë Kravitz lewat X-Men: First Class membawanya pada dua nominasi yakni Teen Choice Awards dan Scream Award untuk nominasi 'Breakout Performance'. 
  • Sepuluh tahun dari nominasi pertamanya dalam Black Reel Awards, Zoë Kravitz akhirnya mendapat penghargaan ‘Penulisan Luar Biasa untuk Serial Komedi’.

5. Vokalis LOLAWOLF

instagram.com/zoeisabellakravitz

Punya darah seni yang mengalir deras dalam tubuhnya, Zoë Kravitz membentangkan sayapnya lebih lebar dengan menjadi vokalis untuk grup musik LOLAWOLF . Bermarkas di New York, grup musik beranggotakan tiga orang ini—Zoë Kravitz, Jimmy Giannopoulos, Raviv Ullman—memulai perjalanan mereka di tahun 2014. 

Menolak tawaran label besar, LOLAWOLF merilis musik mereka lewat label independen Innit Recordings melalui Kobalt Label Services untuk mempertahankan kebebasan dan kreativitas mereka dalam bermusik. Selain menjadi vokalis sekaligus penulis lagu untuk  LOLAWOLF, Zoë Kravitz juga sempat masuk kredit lagu bersama musisi lain. 

Pada album Midnight milik Taylor Swift, Zoë Kravitz dikreditkan sebagai penulis bersama Taylor Swift, Jack Antonoff, Sounwave, J. Sweet dan Sam Dew untuk lagu “Lavender Haze”. Ia juga turut menyumbangkan suaranya sebagai penyanyi latar di lagu ini. Selain bernyanyi, ia tahu cara menampilkan rap. Keahliannya ini ia tunjukkan saat berkolaborasi dengan Rae Sremmurd di album mereka, SR3MM.

6. Memulai kariernya sebagai sutradara

instagram.com/zoeisabellakravitz

Lebih dari lima belas tahun berkarier sebagai seorang aktris,  Zoë Kravitz menantang diri dengan melakukan debut penyutradaraannya di tahun ini. Berjudul P Island, dirinya juga tercatat sebagai penulis skenario bersama ET Feigenbaum. Mengusung genre thriller, film ini akan dibintangi oleh Naomi Ackie dan Channing Tatum.

7. Wajah untuk merek dunia

instagram.com/zoeisabellakravitz

Ketenaran yang mendunia telah membawa Zoë Kravitz mendapat tawaran untuk menjadi wajah global untuk berbagai merek besar. Mulai dari YSL Beauty, Saint Laurent, Tiffany & Co, hingga yang paling terbaru jam tangan OMEGA.

Tak ada kehidupan yang sempurna, begitu juga Zoë Kravitz. Punya perjalanan karier yang cukup mengesankan, sayangnya Zoë Kravitz pernah memiliki catatan kesehatan yang buruk. Dirinya sempat mengalami masalah kesehatan akibat anorexia dan bulimia di tahun 2007. 

Kehidupan percintaannya pun tak selalu berjalan mulus, pernikahannya dengan Karl Glusman kandas di tahun 2021. Semoga dengan Channing Tatum perjalanan cinta mereka bisa sampai pada jenjang yang lebih serius, ya.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration