Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Dipajang! Inilah 7 Hiasan Rumah yang Dilarang dalam Islam 

Termasuk foto keluarga, lho!

Aisyah Banowati

Seperti yang banyak muslim ketahui, Islam tidak hanya mengatur urusan beribadah saja. Islam juga memberikan pedoman hidup kepada umatnya, termasuk dalam mengatur isi rumah. Agar rumah tidak terasa kosong, pastinya kamu ingin mendekorasi bagian dalam rumah dengan berbagai hiasan

Namun, kamu perlu memerhatikan beberapa hal, bahwa Islam melarang umat muslim untuk memajang benda-benda ini, karena dapat mengundang sifat syirik. Sifat syirik adalah sifat yang mempersekutukan dan menyembah sesuatu selain Allah SWT.  Agar tidak terjebak ke dalam sifat syirik, inilah hiasan rumah yang dilarang dalam Islam.

1. Patung tiga dimensi

indonesian.alibaba.com

Patung tiga dimensi adalah hiasan rumah yang dilarang dalam Islam. Disebutkan bahwa malaikat enggan masuk ke dalam rumah, yang di dalamnya terdapat banyak patung yang menyerupai makhluk hidup. 

Dikhawatirkan, keberadaan patung akan menjadi sesembahan dan dipuja oleh pemiliknya. Dalam hadis diriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya malaikat tidak akan masuk suatu rumah yang di dalamnya ada patung.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Memajang lukisan bernyawa

freepik.com

Islam mengajarkan bahwa memajang lukisan makhluk hidup yang bernyawa, adalah sesuatu yang dilarang. Dalam hadis disebutkan bahwa, “Sesungguhnya malaikat tidak masuk pada rumah yang terdapat gambar di dalamnya.” (HR. Baihaqi)

Secara lebih rinci, ada beberapa syarat lukisan yang dilarang untuk dipajang, di antaranya memiliki bentuk tubuh dan merupakan makhluk hidup. Jika kamu memajang lukisan abstrak, masih diperbolehkan.

3. Memajang sesuatu dengan bahan dasar emas dan perak

blibli_/Az Zahra

Memasak dan memakan sesuatu dari wadah yang terbuat dari emas dan perak, sangat dilarang dalam islam. Hal ini dikarenakan penggunaan wadah dengan bahan dasar emas dan perak, dapat mendatangkan rasa sombong, angkuh dan takabur. Sama halnya dengan memajang hiasan dinding dengan bahan dasar emas dan perak, juga tidak diperbolehkan.

4. Memajang kaligrafi Alquran

AliExpress/Sure Life Paintings Store

Salah satu hiasan rumah yang dilarang dipajang dalam Islam adalah, kaligrafi Alquran. Hal ini telah disepakati para ulama, karena ayat Alquran merupakan ayat suci, sehingga harus dijaga kesuciannya, dengan menaruhnya di tempat terbaik.  Di sisi lain, beberapa orang khawatir, jika memajang kaligrafi Alquran, dapat menjadi kesempatan orang kafir untuk menghina Allah SWT.

5. Memajang foto di dinding

freepik.com

Ternyata, memajang foto di dinding juga dilarang, lho! Hal ini dikarenakan memajang foto dianggap sebagai sebuah kemungkaran dan perkara jahiliyah. Jika kamu tetap memajang foto di rumah, maka kelak kamu akan diminta menghidupkan kembali sosok yang kamu pajang tersebut. Dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang paling keras azabnya di hari kiamat di sisi Allah, adalah tukang gambar.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah beberapa hiasan rumah yang dilarang dalam Islam. Untuk kamu yang ingin mendekorasi rumah, dapat menggantinya dengan hiasan abstrak, dream catcher, menanam tanaman atau menggunakan tanaman palsu. Untuk foto yang sudah terlanjur dipasang, kamu bisa menyimpannya dalam album foto agar tidak berdebu. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration