Aglaonema adalah salah satu tanaman populer yang terkenal karena corak daunnya yang cantik serta mendapat predikat "Ratu Daun". Perawatan aglaonema juga termasuk mudah, sehingga banyak orang tertarik untuk merawatnya.

Di beberapa negara Asia percaya, dengan merawat aglaonema akan membawa keberuntungan, sehingga tanaman ini disebut sebagai "Sri Rejeki".

Tanaman ini memiliki 30 spesies dengan beragam variasi daun meliputi corak, warna, bentuk dan ukuran. Untuk kamu yang tertarik merawat aglaonema, inilah jenis aglonema lokal lokal beserta harganya yang bisa kamu jadikan tanaman hias untuk mempercantik rumah.

1. Aglaonema Big Papa

9 Jenis Aglaonema Lokal, Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah gdmagri.com

Memiliki daun berwarna hijau dengan corak merah muda sampai tulang, daun aglaonema big papa banyak diminati. Agar tumbuh dengan baik, aglaonema big papa bisa kamu tanam pada media tanam berupa sekam bakar yang dicampur dengan kompos. Kamu bisa menyiram tanaman di pagi dan sore hari. Harga aglaonema big papa mulai dari Rp70 ribu sampai Rp300 ribu.

2. Aglaonema Heng-Heng

9 Jenis Aglaonema Lokal, Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah Shopee

Jenis aglaonema heng-heng memiliki warna daun merah mudah dengan bercak-bercak berwarna hijau. Semakin bertambahnya umur, tanaman aglaonema heng-heng akan memudarkan warna merah muda dan menguatkan warna hijau pada daun. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di segala cuaca. Namun, jika menempatkannya di luar rumah, jangan lupa beri peneduh agar tidak terpapar sinar matahari langsung, ya! Bibit aglonema heng-heng dijual mulai dari harga Rp40 ribu.

3. Aglaonema Siam Aurora

9 Jenis Aglaonema Lokal, Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah bibitbunga.com

Aglaonema lokal yang bisa kamu jadikan tanaman hias untuk mempercantik rumah selanjutnya adalah aglaonema siam aurora. Jenis yang satu ini lebih cocok dijadikan tanaman hias di dalam rumah, karena tidak dapat tumbuh langsung di bawah sinar matahari. Aglaonema siam aurora dapat tumbuh di iklim sub tropis dan dataran tinggi. Tanaman hias cantik ini dijual mulai harga Rp90 ribu.

4. Aglaonema Rotundum

9 Jenis Aglaonema Lokal, Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah Lazada

Seperti corak lukisan, aglaonema rotundum memiliki daun berwarna hijau gelap, dengan ruang tulang daun berwarna merah muda. Agar tanaman ini tumbuh sehat, kamu perlu melakukan pemupukkan secara berkala, membersihkannya dari gulma, serta melakukan penyiraman di pagi dan sore hari. Jenis aglaonema rotundum termasuk yang paling murah, mulai dari Rp20 ribu kamu sudah bisa membeli bibit tanaman ini.

5. Aglaonema Andini

9 Jenis Aglaonema Lokal, Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah Shopee

Aglaonema andini adalah aglaonema lokal yang bisa kamu jadikan tanaman hias untuk mempercantik ruang indoor rumah. Jenis aglaonema andini mudah layu dan mati jika mendapatkan paparan sinar matahari langsung secara terus menerus. Kamu bisa menyiasatinya dengan menaruhnya di dalam ruangan yang teduh.

Daun aglaonema andini memiliki tiga warna cantik, yaitu hijau, merah jambu dan bias kuning. Termasuk ke dalam jenis aglaonema lokal yang mahal, tanaman ini dijual mulai dari harga Rp120 ribu.

6. Aglaonema Merah Sumatra

9 Jenis Aglaonema Lokal, Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah bibitbuahku.com

Dengan warna merah menyala yang mencolok, tanaman hias ini cocok kamu taruh di dalam rumah. Aglaonema merah membutuhkan perawatan yang teliti terutama saat penyiraman, karena tanaman ini membutuhkan banyak air. Tanaman yang disebut sebagai “Pride of Sumatra” ini, termasuk tanaman mahal dengan harga jual mulai dari Rp500 ribu sampai Rp1 juta.

7. Aglaonema Dud Anjamani

9 Jenis Aglaonema Lokal, Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah gdmagri.com

Jenis aglaonema dud anjamani memiliki daun yang rimbun dengan dominan warna merah dan hijau. Aglaonema lokal yang satu ini bisa kamu jadikan tanaman hias untuk mempercantik rumah. Untuk menghasilkan warna yang lebih indah, diperlukan perawatan dan pemupukkan dengan kualitas yang tinggi. Minat untuk aglaonema dud anjamani di pasaran tidak pernah surut, selain karena warna daunnya yang cantik, harganya juga relatif murah mulai dari Rp45 ribu. 

8. Aglaonema Adelia

9 Jenis Aglaonema Lokal, Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah gdm.id

Aglaonema adelia adalah hasil persilangan antara tanaman aglaonema rotundum dengan aglaonema commutatum. Jenis ini memiliki urat daun berwarna merah menyala dengan titik-titik kuning di atas dasar hijau. Bibit aglaonema adelia dijual mulai harga Rp70 ribu sampai Rp500 ribu.

9. Aglaonema Harlequin

9 Jenis Aglaonema Lokal, Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah UNSPLASH/DAVID CLODE

Aglaonema lokal yang bisa kamu jadikan tanaman hias untuk mempercantik rumah yang terakhir adalah aglaonema harlequin. Sekilas, tidak ada yang berbeda dengan jenis aglaonema lainnya. Namun, jika kamu perhatikan, bentuk daunnya agak bulat dan memanjang dengan daun yang berwarna hijau kemerahan.

Warna daunnya juga dapat berubah-ubah, saat kamu menaruhnya di dalam ruangan, warna daunnya akan dominan hijau dengan bercak kemerahan. Jika kamu menyimpannya di luar ruangan, dengan paparan sinar matahari langsung, warnanya akan berubah menjadi kuning kepucatan. Harga aglaonema harlequin mencapai Rp10 juta rupiah.

Itulah jenis aglonema lokal dan harganya ini yang bisa kamu jadikan tanaman hias untuk di rumah. Jangan lupa, berikan pupuk dan rutin menyiram tanaman aglonema kamu agar tidak layu. Yuk, mulai menanam aglonema agar rumah kamu semakin cantik!

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman Rumah

Baca Juga: Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Tanaman Hias Bunga

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tanaman Semak Harum yang Cocok Ditanam di Halaman Rumah