Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Inilah 9 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Semut

Bahan alami yang bisa kamu temukan di dapur

Aisyah Banowati

Kehadiran semut di dapur dan lemari makan tentunya membuat siapa saja kesal. Meski sudah merasa membersihkan dapur dengan baik, tidak menutup kemungkinan kawanan semut akan datang lagi. 

Namun, kamu bisa mengusir kehadiran semut dengan bahan-bahan alami yang biasanya tersedia di dapur. Selain aman digunakan, penggunaan bahan alami lebih ramah lingkungan. Penasaran? Inilah cara mengusir semut dengan bahan alami yang bisa kamu coba.

1. Kulit jeruk

freepik.com

Selain daging buahnya yang kaya vitamin C, kulit jeruk juga mengandung minyak limonene, yang bagus untuk mengusir serangga termasuk semut. Wanginya yang menyengat, tidak disukai oleh semut dan jenis serangga lainnya. 

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu memblender kulit jeruk sampai halus, lalu campurkan dengan sedikit air. Setelahnya, semprotkan air jeruk ke daerah yang sering didatangi semut, agar semut tidak kembali.

2. Air cuka

The Kitchn

Cara mengusir semut dengan bahan alami salah satunya menggunakan cuka. Pasalnya, cuka memiliki rasa yang khas, dengan aroma kuat yang tidak disukai oleh semut. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 3:1. Kamu bisa menyemprotkan air cuka secara berkala, karena saat aroma cuka hilang, semut akan kembali berdatangan. 

3. Lemon

www.freepik.com

Selain digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan membuat minuman segar, lemon terbukti mampu mengusir semut dan kecoa di dapur. Aromanya yang kuat tidak disukai semut dan kecoa, sehingga efektif digunakan untuk mengusir keduanya. 

Caranya cukup mudah, kamu bisa menyemprot jalan yang biasa dilalui semut dengan air perasan lemon. Atau, kamu juga bisa menggunakan kulit lemon yang sudah diiris, lalu menaruhnya di sekitar jalan yang biasa dilalui semut. 

4. Garam

www.freepik.com

Semut menyukai makanan manis, terutama gula. Rasa garam yang asin tidak disukai oleh semut. Kamu bisa menaburkan garam di jalan yang sering dilalui semut dan area di sekitar bahan makanan. Rasanya yang asin dan aromanya yang kuat, membuat semut tidak berani mendekat.

5. Bubuk kopi

Freepik/Dexu

Cara mengusir semut dengan bahan alami selanjutnya menggunakan bubuk kopi. Aromanya yang memikat untuk kamu, ternyata tidak disukai oleh semut, lho! Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menaburkan bubuk kopi di sekitar bahan makanan, setelah itu semut tidak akan berani mendekat lagi.

6. Bawang putih

Shutterstock

Bawang putih biasa digunakan untuk menyedapkan makanan ternyata tidak disukai semut. Aroma menyengat dari bawang putih, membuat semut tidak betah berlama-lama. Cukup mengiris bawang putih dan meletakkannya di area yang dikerubungi semut, akan membuat semut perlahan-lahan pergi.

7. Kayu manis

www.freepik.com

Dengan aromanya yang khas, rempah-rempah yang satu ini cocok digunakan untuk mengusir semut dan serangga lainnya. Cukup meletakkan kayu manis di area yang sering didatangi semut, maka satu per satu semut dan serangga akan pergi.

8. Tepung

www.freepik.com

Cara mengusir semut dengan bahan alami selanjutnya menggunakan tepung. Kamu cukup menaburkan tepung di sekitar bahan makanan, hal ini akan membuat jalan semut tertutup, sehingga semut akan mundur dan menjauh. 

9. Cengkeh

KamranAydinov

Cengkeh biasa dijadikan bumbu rempah sekaligus obat herbal yang laku di pasaran. Ternyata, aroma dari rempah-rempah yang satu ini tidak disukai semut. Kamu hanya perlu menaruh beberapa butir cengkeh di area yang dikerubungi semut, secara perlahan-lahan semut akan pergi.

Itulah cara ampuh mengusir semut dengan bahan alami yang bisa kamu coba. Selain mudah ditemukan, bahan-bahan alami juga memiliki harga yang murah, serta lebih aman digunakan. Sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi, kan?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration