Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ada yang Kena Bully, 15 Idol K-Pop Ini Mengubah Nama Lahir Mereka

Ada Jihyo 'TWICE', Lisa 'BLACKPINK', hingga Kang Daniel

Aisyah Banowati

Bukan hal baru dan mengherankan jika banyak idol K-pop tidak menggunakan nama lahir mereka sebagai nama panggung. Biasanya, nama panggung diberikan oleh agensi agar idol tersebut lebih mudah diingat.

Namun, tidak jarang juga seorang idol sengaja mengubah nama lahirnya karena berbagai alasan, bahkan terkadang tanpa alasan sama sekali. Lantas, siapa saja idol yang telah mengubah nama lahir mereka? Biar nggak penasaran, keep scrolling!

1. Kang Daniel

instagram.com/daniel.k.here

Kang Daniel lahir dengan nama Kang Eui Geon, hal ini diungkapkannya dalam acara Yoo Hee Yeol's Sketchbook. Daniel yang dahulu tinggal di Busan menyadari bahwa orang-orang kesulitan mengucapkan “Eui”, sehingga dirinya bingung apakah mereka memanggilnya atau tidak. Lama-kelamaan, hal tersebut semakin mengganggu dan membuatnya stres. Pada akhirnya, solois yang satu ini mengubah namanya sekaligus menjadikannya sebagai nama panggung.

2. Jihyo TWICE

instagram.com/_zyozyo

Park Jihyo telah mengganti namanya sebelum mengikuti ajang SIXTEEN. Bernama asli Park Jisoo, di umurnya yang menginjak usia 18 tahun, namanya berganti menjadi Park Jihyo. Meski belum ada pernyataan resmi yang menjelaskan mengapa ia mengubah namanya, namun banyak spekulasi yang menyebutkan jika nama Jisoo sudah terlalu banyak digunakan sehingga ia menggantinya.

3. Jeongyeon TWICE

instagram.com/jy_piece

Jeongyeon menggunakan nama Yoo Kyung Wan sampai usianya menginjak 9 tahun. Orang tuanya menyambut kehadirannya dengan penuh suka cita dengan menghadiahinya nama yang berarti halus dan anggun. 

Sayangnya, Yoo Kyung Wan muda mendapat banyak tekanan akibat namanya yang terdengar seperti nama anak laki-laki. Tekanan tersebut mempengaruhinya begitu besar, hingga akhirnya sang ibu memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Jeongyeon yang berarti cantik.

4. Lisa BLACKPINK

instagram.com/lalalalisa_m

Lahir dengan nama Pranpriya Manoban, Lisa BLACKPINK memutuskan mengubah namanya di usia 13 tahun setelah mendatangi seorang peramal. Dirinya yang saat itu sedang mengikuti audisi YG Entertainment tidak kunjung mendapat balasan. Kemudian, ia memutuskan untuk mendatangi peramal dan meminta nasihat. 

Mengikuti saran dari sang peramal, nama Pranpriya diubah menjadi Lalisa yang dalam bahasa Thailand artinya orang yang akan menerima pujian. Tidak lama setelah mengubah namanya, Lisa benar-benar mendapatkan keberuntungan, sebab YG Entertainment menghubunginya untuk menjadi trainee.

5. Yesung Super Junior

instagram.com/yesung1106

Bagaimana perasaan kamu jika nama lahirmu diubah secara diam-diam oleh ibumu sendiri? Pada siaran Super Junior’s Kiss the Radio, Leeteuk ‘Super Junior’ yang saat itu menjadi DJ berbincang mengenai Yesung yang telah mengubah nama lahirnya. 

Sang ibu merasa bahwa nama Jongwoon tidak cocok untuknya dan pergi ke kantor pencatat nama untuk mengganti sekaligus mengubahnya di kartu keluarga.  Alhasil, kini namanya bukan lagi Jongwoon namun berubah menjadi Jonghoon.

6. Jaehyun NCT

instagram.com/_jeongjaehyun

Jaehyun lahir dengan nama Jung Jaehyun namun diubah menjadi Jung Yoon Oh saat duduk di sekolah menengah. Perubahan ini dipelopori oleh neneknya, sebab nama Jaehyun tidak memiliki karakter Hanja—karakter Cina dan Korea yang sesuai dengan suku kata nama Korea.

Lantas, mengapa namanya kembali menjadi Jaehyun saat debut bersama NCT? Nyatanya, di SM Entertainment nama Yoon Oh mirip pelafalannya dengan Yunho TVXQ sehingga nama Jaehyun digunakan untuk menghindari kebingungan.

7. Joohoney MONSTA X

instagram.com/joohoneywalker

Bukan hanya sekali, Joohoney telah mengubah namanya dua kali. Ia terlahir dengan nama Lee Hojun, kemudian menggantinya menjadi Lee Jihwan, lalu kembali berubah menjadi Lee Jooheon. Alasannya, Joohoney sempat mendapat kesulitan dengan dua nama sebelumnya dan memutuskan untuk menggantinya. 

Sebelum comeback dengan album "Take.2: WE ARE HERE", Jooheon MONSTA X memutuskan untuk mengubah nama panggung bahasa Inggrisnya menjadi Joohoney. Dirinya menjelaskan jika nama Jooheon sering kali salah diucapkan sehingga ia merasa sedikit sedih, kemudian menggantinya agar lebih mudah dilafalkan. 

8. Eunji Apink

instagram.com/artist_eunji

Mirip seperti kisah Lisa BLACKPINK, Eunji memutuskan mengganti namanya setelah seorang peramal memberitahunya. Awalnya, Eunji lahir dengan nama Jung Hyerim yang berubah menjadi Jung Eunji, dan kini telah melakukan promosi dengan nama tersebut sepanjang kariernya.

9. Nancy MOMOLAND

instagram.com/nancyjewel_mcdonie_

Bernama lengkap Nancy Jowel McDonie, anggota MOMOLAND yang satu ini memiliki nama Korea, Lee Seungri. Saat tampil pada acara TMI News di tahun 2019 lalu, Nancy menjelaskan jika dirinya memiliki nama Korea baru, yakni Lee Geu Roo. Dirinya menjelaskan jika “Geuroo” dalam bahasa Korea adalah satuan yang digunakan untuk menghitung pohon, sedangkan arti dari namanya sendiri adalah dirinya akan menjadi pohon besar.

10. Yoon Jisung

instagram.com/_yoonj1sung_

Mantan leader Wanna One sekaligus penyanyi solo, Yoon Jisung ternyata masuk ke dalam jajaran idol yang mengubah nama lahir mereka. Sebelum memakai nama Yoon Jisung dirinya dikenal sebagai Yoon Byung Ok.

Namun, saat duduk di sekolah menengah, ia mengubah namanya karena dianggap membawa sial. Meski berkarier menggunakan nama Yoon Jisung, akan tetapi album foto SMA-nya masih menuliskan nama aslinya. 

11. YooA Oh My Girl

instagram.com/yoo__sha

Sebelum debutnya, YooA memiliki nama lahir Yoo Yeon Ju yang kemudian digantinya menjadi Yoo Si Ah. YooA bercerita, ketika dirinya mulai berpromosi orang tuanya pergi ke spesialis penamaan dan diberi tahu jika nama Yeon Ju tidak terasa benar. Dari sesi konseling tersebut nama Yoo Si Ah lahir dan kemudian disingkat menjadi YooA untuk digunakannya selama promosi, bahkan hingga kini.

12. Lee Jin Hyuk UP10TION

instagram.com/ljh_babysun

Salah satu peserta Produce X 101, Lee Jinhyuk mengubah nama panggungnya dari Wei menjadi Lee Jin Hyuk. Saat TOP Media mengungkapkan hal tersebut, Lee Jin Hyuk juga membuka akun Instagram pribadinya bernama @ljh_babysun. Sebelumnya, anggota UP10TION ini telah mengubah nama aslinya dari Lee Sung Joon menjadi Lee Jin Hyuk.

13. Hoya eks INFINITE

instagram.com/isayhousayya

Para penggemar INFINITE tahu bahwa Hoya hanyalah nama panggung untuk Lee Ho Won. Namun, kedatangannya pada acara Cool Kiz on the Block membuat banyak orang terkejut. Selama acara dirinya menjelaskan jika nama aslinya adalah Lee Ho Dong sebelum menggantinya menjadi Lee Ho Won. Perubahan nama ini disebabkan jika namanya mirip seperti salah satu selebriti di Korea, Kang Ho Dong.

14. Jun.K 2PM

instagram.com/jun2dakay

Pada tahun 2012, Jun.K atau Junsu mengubah namanya menjadi Kim Min Joon karena masalah keluarga. Vokalis dari 2PM ini menjelaskan, setelah ayahnya meninggal ada sesuatu yang diinginkannya dan ada makna keluarga di balik nama tersebut. Karena situasi yang dihadapinya, ia tidak memiliki pilihan selain mengikutinya. Sebelumnya, Junsu telah menggunakan nama Jun.K untuk promosi solonya dan mengatakan akan terus memakainya.

15. Park Seo Ham

instagram.com/parkseoham

Mantan anggota KNK, Park Seo Ham diketahui telah mengubah namanya karena terlalu sering mendapat ejekan. Dirinya lahir dan diberikan nama Park Gyeongbok oleh kakeknya. Kemudian, secara hukum mengubahnya menjadi Park Seung Jun dan lagi-lagi berganti menjadi Park Seo Ham saat berpindah agensi.

Itulah deretan idol yang memutuskan untuk mengubah nama lahirnya karena berbagai alasan. Apa pun alasannya sebagai penggemar kita perlu menghormati keputusan mereka. Adakah idola, kamu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration