6 Idol K-Pop yang Membangun Perusahaan Mereka Sukses

6 Idol K-Pop yang Membangun Perusahaan Mereka Sukses dan Bersinar

Agensi-agensi ini bahkan tidak akan ada tanpa para idol-nya

6 Idol K-Pop yang Membangun Perusahaan Mereka Sukses dan Bersinar

Perusahaan hiburan atau agensi hiburan memainkan peran yang sangat signifikan dalam karier idol K-pop. Anggaran yang baik, jaringan, dan reputasi perusahaan yang baik secara keseluruhan dapat memberikan awal yang baik untuk karier para artisnya.

Tetapi ada beberapa grup K-pop yang tidak memiliki sarana ini untuk diandalkan. Alih-alih mendapat dorongan dari label mereka, 6 idol K-pop ini justru akhirnya yang membangun perusahaan mereka dari awal dan membuatnya sukses serta bersinar.

1. BTS

6 Idol K-Pop yang Membangun Perusahaan Mereka Sukses dan Bersinarinstagram.com/bts.bighitofficial

Ini adalah fakta yang terkenal bahwa ketika BTS menjadi trainee di BigHit Entertainment, perusahaan itu hampir bangkrut. Mereka memiliki staf, anggaran, dan koneksi yang sangat terbatas. Terlepas dari kemunduran besar, ketujuh anak laki-laki itu bekerja keras dan akhirnya menjadi salah satu seniman terbesar di dunia.

Dengan kesuksesan BTS, BigHit Entertainment tumbuh secara eksponensial dan berkembang menjadi konglomerat hiburan terbesar di tanah air dengan nama Hybe Corporation. Kini tak hanya BTS, junior-juniornya pun meraih kesuksesan besar dan melakukan merger dengan perusahaan lainnya.

2. MAMAMOO

6 Idol K-Pop yang Membangun Perusahaan Mereka Sukses dan BersinarSpotify.com

Ketika MAMAMOO memulai debutnya pada tahun 2014, mereka benar-benar hanya mengandalkan musikalitas dan keterampilan mereka yang luar biasa. MAMAMOO adalah artis pertama yang debut di bawah RBW Entertainment, yang merupakan label tidak terlalu terkenal saat itu.

Kesuksesan besar MAMAMOO tidak hanya membantu mereka membuat branding untuk mereka sendiri, tetapi juga membawa RBW sebagai label yang sukses dengan gedung-gedung yang lebih besar dan banyak anak perusahaan. Kontribusi grup ini dalam mensukseskan perusahaan sangat besar sehingga hingga saat ini RBW dikenal sebagai “perusahaan MAMAMOO”.

3. IU

6 Idol K-Pop yang Membangun Perusahaan Mereka Sukses dan Bersinarinstagram.com/dlwlrma

IU memulai debutnya pada tahun 2008 di bawah LOEN Entertainment, ketika dia dan perusahaannya tidak banyak diketahui publik. Namun berkat kesuksesan besarnya sebagai solois dan aktris, LOEN Entertainment juga naik ke puncak.

Pada tahun 2020, IU meninggalkan label tersebut dan bergabung dengan EDAM Entertainment yang baru didirikan, yang dimulai oleh manajer lamanya. Sama seperti perusahaan sebelumnya, EDAM juga mendapat manfaat dari kesuksesan karier IU.

4. GFRIEND

6 Idol K-Pop yang Membangun Perusahaan Mereka Sukses dan Bersinartwitter.com/GFRDofficial

Ketika GFRIEND memulai debutnya pada tahun 2015, mereka adalah satu-satunya artis di bawah Source Music. Perusahaan memiliki dana yang sangat terbatas tetapi berkat bakat luar biasa dari grup, mereka berhasil dengan baik.

GFRIEND menjadi salah satu girl group generasi ketiga paling sukses dan mendapatkan banyak popularitas, serta pendapatan dari perusahaan mereka. Ketika pada tahun 2019 Hybe Corporation mengakuisisi Source Music, mereka masih menjadi artis terbesar di bawah label tersebut hingga akhirnya disband pada tahun 2021.

5. SEVENTEEN

6 Idol K-Pop yang Membangun Perusahaan Mereka Sukses dan Bersinartwitter.com/pledis_17

Meskipun Pledis Entertainment memiliki banyak artis di bawah sayapnya sebelum SEVENTEEN debut, tapi faktanya bahwa kesuksesan SEVENTEEN-lah yang membawa keunggulan dan stabilitas keuangan bagi perusahaan.

SEVENTEEN harus bekerja dengan anggaran yang ketat tetapi berkat musik dan seni mereka yang bagus, mereka berhasil mencapai puncak. Pada tahun 2020, Pledis diakuisisi oleh Hybe Corporation dan tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa pertumbuhan ini tidak mungkin terjadi tanpa SEVENTEEN.

6. Chung Ha

6 Idol K-Pop yang Membangun Perusahaan Mereka Sukses dan Bersinarinstagram.com/chungha_official

Chung Ha adalah artis pertama yang debut di bawah MNH Entertainment. Setelah mendapatkan popularitas besar melalui Produce 101 dan IOI, Chung Ha memulai perjalanannya sebagai solois, yang kemudian menjadi artis papan atas di industri. Perusahaan pasti menuai keuntungan dari pertumbuhan dan karier Chung Ha, mengingat bagaimana mereka dapat mendebutkan girl grup baru BVNDIT.

Itulah 6 idol atau artis K-pop yang membawa agensinya atau perusahaannya melejit melalui karier mereka. Mana grup favoritmu, Bela?

Baca Juga: Penghasilan “Big 4” CEO Agensi K-Pop Tahun 2022

Baca Juga: Profil Son Seok Koo ‘My Liberation Notes’, Jadi CEO di Dunia Nyata

Baca Juga: Salut! 5 Artis Idol Kpop Ini Mendirikan Perusahaan Label Musik

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

10 Inspirasi Desain Rumah Eropa Klasik yang Bisa Ditiru

10 Inspirasi Desain Rumah Eropa Klasik yang Bisa Ditiru

trending

Trending

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Working Life

Semakin Produktif, Ini 7 Tips Menata Ruang Kerja untuk Kaum Introvert

Semakin Produktif, Ini 7 Tips Menata Ruang Kerja untuk Kaum Introvert