Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Aman dan Murah, Yuk Coba Obat Tradisional Penyakit Kulit Ini

Ada yang pernah coba?

Vidya Nathania

Hampir setiap orang tak pernah terlepas dari yang namanya penyakit kulit, baik yang ringan maupun yang cukup parah. Beberapa jenis penyakit kulit yang diketahui seperti jerawat, bisul, psoriasis, eksim, dan masih banyak jenis penyakit kulit lainnya yang menyerang banyak orang terutama kaum perempuan. Tentu saja yang namanya penyakit kulit pasti sangatlah mengganggu aktivitas seseorang serta juga dapat menurunkan rasa percaya diri. 

Oleh sebab itu, lakukanlah pencegahan serta penanganan dengan obat tradisional penyakit kulit yang disebut sebagai pilihan paling aman tanpa memberikan efek samping. Apa saja kira-kira jenis bahannya? Yuk simak ulasannya!

1. Minyak kelapa

dailyhealthsecret.org

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat, tak hanya untuk mengatasi permasalahan pada area rambut, minyak kelapa pun juga disebut sebagai obat tradisional penyakit kulit. Hal tersebut dikarenakan minyak kelapa sering digunakan sebagai penyembuh rasa gatal pada kulit akibat kurap.

2. Jahe

iStock.com

Memiliki rasa yang pedas dan aroma herbal yang tajam, siapa sangka kalau ternyata jahe juga merupakan salah satu obat tradisional penyakit kulit yang patut untuk dicoba. Khasiat jahe spesial untuk mengatasi masalah eksim atau bisul pada kulit. Kandungan antiseptik alaminya mampu membasmi bakteri yang menjadi penyebabnya.

3. Lengkuas

Healthline.com

Siapa bilang kalau panu nggak bisa disembuhkan dengan obat tradisional penyakit kulit? Buktinya, kandungan alami yang terdapat pada lengkuas mampu mengurangi panu yang terdapat pada kulit. Cara penggunaannya cukup mudah, haluskan lengkuas dan aplikasikan pada bagian kulit yang terdapat panu. Rasakan manfaatnya setelah beberapa minggu pemakaian.

4. Lidah buaya

twitter.com

Sering dimanfaatkan untuk berbagai produk kecantikan, lidah buaya juga memiliki manfaat sebagai obat tradisional penyakit kulit. Selain mampu menenangkan kulit yang terbakar dan bernanah akibat bisul, lidah buaya juga dapat mengatasi bruntusan pada kulit dengan memberikan kelembapan yang sempurna.

5. Tomat

annabellebreakey.com

Apakah kamu pernah mencoba tomat untuk masker penyembuh jerawat? Yup, itulah salah satu obat tradisional penyakit kulit yang tanpa disadari sering menjadi andalan banyak orang. Kandungan anti bakterinya memang ampuh dalam mengatasi inflamasi kulit akibat bakteri P. acne yang menjadi penyebab jerawat. Meski rasanya sedikit cekit-cekit, tomat terbukti ampuh lho!

6. Kunyit

WebMD.com

Sama halnya seperti tomat, kunyit yang dikenal sebagai salah satu obat tradisional penyakit kulit pun membuat kulit terasa cekit-cekit. Kunyit yang mengandung antiseptik dan antibakteri alami dapat membasmi penyakit kulit seperti jerawat, bisul, eksim, dan penyakit kulit lainnya yang disebabkan karena bakteri.

7. Bawang putih

Newsweek.com

Memiliki bentuk yang sangat kecil, namun faktanya adalah bahwa bawang putih sangatlah ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti kutu air, panu, kudis, eksim, bahkan jerawat. Bawang putih memiliki senyawa yang hampir sama dengan bahan sulfur sehingga sering disebut juga sebagai salah satu obat tradisional penyakit kulit.

Nah, itu dia beberapa obat tradisional penyakit kulit yang dapat dicoba langsung di rumah tanpa efek samping dan tingkat keampuhan yang lebih tinggi. Semoga artikelnya bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin