Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Biar Kulit Tetap Mulus, Ini 7 Cara Merawat Wajah Berminyak

Yuk rawat kulitmu agar makin sehat!

Vidya Nathania

Beberapa perempuan terutama perempuan di Indonesia umumnya memiliki jenis kulit cenderung berminyak. Tentu hal tersebut cukup normal karena suhu udara yang serta kelenjar minyak yang memproduksi minyak secara berlebihan menjadi pemicunya. 

Memiliki kulit berminyak memang memiliki kelebihan dan kekurangannya. Di samping dapat membuat kulit wajah tampak awet muda, kulit berminyak pun bisa menjadi musuh jika sudah menyebabkan masalah kulit seperti komedo ataupun jerawat. 

Untuk itu, penting sekali merawat kulit wajahmu. Biar nggak bingung, yuk simak beberapa cara merawat wajah berminyak yang akan Popbela bahas di artikel kali ini!

1. Rajin mencuci wajah

health.com

Pemilik wajah berminyak tentunya disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Tentu saja cara merawat wajah berminyak yang dapat kamu lakukan ialah dengan rajin mencuci wajahmu. Kalau tidak, yang ada debu dan kotoran yang menempel semakin menumpuk sehingga dapat menyebabkan jerawat dan komedo. Selain itu, dengan rajin mencuci wajah, minyak di wajah pun akan terlihat berkurang.

2. Gunakan toner

steptohealth.com

Tak cukup hanya mencuci wajah, penggunaan toner pun kerap disebut sebagai salah satu cara merawat wajah berminyak yang wajib untuk kamu lakukan. Pilih produk toner yang memiliki formula untuk dapat menahan minyak serta mengangkat sel kulit mati seperti salicylic acid, glycolic acid, BHA, dan kandungan lainnya.

3. Menggunakan pencuci wajah yang dapat mengontrol produksi minyak

allure.com

Sama halnya seperti toner, cara merawat wajah berminyak yang tak boleh ketinggalan ialah dalam memilih produk pencuci wajah pun harus diperhatikan formula serta kandungannya. Tentu saja, karena produk pencuci wajah merupakan produk pertama yang digunakan sebelum menggunakan produk perawatan lainnya, maka itu, produk yang satu ini harus lebih teliti dalam memilihnya.

4. Membaurkan es batu usai mencuci wajah

stylecraze.com

Unik tapi ampuh, kamu juga bisa lakukan cara merawat wajah berminyak yang satu ini. Baurkan es batu pada seluruh wajah terutama area wajah dengan pori-pori yang besar seusai mencuci wajah. Karena suhu dingin yang dihasilkan dari es batu dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, serta dapat mengecilkan tampilan pori-pori wajah sehingga terhindar dari tumbuhnya jerawat atau komedo.

5. Rajin menggunakan masker

indulgeme.ie

Salah satu cara merawat wajah berminyak yang dapat kamu lakukan juga ialah dengan menggunakan masker clay yang dikenal sebagai masker yang dapat menyerap minyak berlebih pada wajah serta membersihkan kulit wajah dari kotoran dan sel kulit mati yang membandel.

6. Pilih produk perawatan dengan formula gel

mydadthechemist.com

Termasuk kedalam cara merawat wajah berminyak, jangan lupa untuk memperhatikan formula produk skincare yang kamu gunakan. Buat wajah berminyak, disarankan untuk memilih produk dengan tekstur gel atau cair yang dapat dengan mudah menyerap pada wajah tanpa membuat pori-pori tersumbat. 

7. Sediakan kertas minyak saat berpergian

mydadthechemist.com

Terakhir, sebagai cara merawat wajah berminyak tambahan, kamu juga bisa selalu membawa kertas minyak yang bertujuan untuk menyerap minyak wajah seketika sehingga tampilan wajah tak tampak seperti kilang minyak. Walau tak dapat mengurangi produksi minyak dalam jangka panjang, namun kertas minyak dapat mengatasi minyak berlebih secara instan.

Jadi, buat kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, ikuti beberapa cara merawat wajah berminyak yang sangat mudah untuk dilakukan. Jika kamu rajin untuk merawat kulit wajahmu yang berminyak, pastinya kulitmu pun terbebas dari berbagai masalah kulit. Jangan lupa dicoba ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin