Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Dipencet! Ini 4 Cara untuk Menghilangkan Jerawat Batu

Siapa yang pernah mengalaminya?

Vidya Nathania

Dari semua jenis jerawat, cystic acne atau jerawat batu menjadi jenis jerawat yang tak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga sangat menyiksa. Bentuknya cukup besar berwarna kemerahan dan disebabkan oleh peradangan akibat bakteri dan hormon penyebab jerawat. 

Jenis jerawat yang satu ini pun sudah tidak dapat diobati oleh obat jerawat pada umumnya dan butuh penangan khusus dan produk dengan kandungan khusus. Agar tidak semakin meradang, memencetnya tentu menjadi hal yang tidak boleh dilakukan. Lalu, bagaimana tips mengatasinya? Nah, berikut empat cara untuk menghilangkan jerawat batu!

1. Gunakan produk skincare yang mengandung Salicylic Acid

allure.com

Kulit yang mengalami peradangan yang cukup parah juga sangat memerlukan pengangkatan sel kulit mati agar dapat cepat sembuh. Penggunaan scrub tak dianjurkan, sebaiknya gunakan produk skincare dengan kandungan Salicylic Acid yang dapat mengangkat sel kulit mati secara kimia. Produk Salicylic Acid juga dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat. Produk dengan kandungan ini biasanya didapat pada pencuci wajah, toner, essence, serum dan bahkan ada beberapa foundation yang memiliki kandungan ini.

2. Kurangi pembengkakan menggunakan es batu

YouTube.com

Temperatur dingin yang didapat dari es batu dapat mengurangi pembengkakan pada cystic acne. Yang perlu kamu lakukan adalah mengambil 2 es batu berukuran kecil yang dibungkus pada kain bersih, kemudian taruh es batu pada bagian jerawat yang bengkak.

3. Pilih produk dengan bahan utama Benzoyl Peroxide untuk membunuh bakteri penyebab jerawat

acneeinstein.com

Selain produk skincare dengan kandungan Salicylic Acid, produk dengan kandungan Benzoyl Peroxide juga dapat memaksimalkan penyembuhan jerawat. Bahan yang satu ini bekerja untuk mengurangi bakteri yang menyebabkan peradangan, cara bekerjanya pun sampai ke lapisan kulit paling dalam sehingga mencegah jerawat timbul kembali.

4. Kurangi kemerahan dengan menjaga kelembapan kulit

metdaan.com

Walau jerawatmu akan sembuh ketika kamu menggunakan produk skincare dengan kandungan Salicylic Acid dan Benzoyl Peroxide, namun bahan-bahan tersebut akan membuat kulitmu cenderung lebih kering. Untuk itu, penting sekali untuk memperhatikan kelembapan pada kulitmu dengan memilih moisturizer khusus untuk kulit cenderung berjerawat. Jika kamu tak ingin salah memilih produk, kamu bisa konsultasi langsung dengan dokter ya!

Nah itu dia 4 cara mengatasi cystic acne tanpa harus memencetnya. Lakukan setiap step secara perlahan ya Bela. Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Skin