Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Cepat

Wajah jadi makin mulus deh!

Vidya Nathania

Walaupun wajah mulus menjadi dambaan setiap perempuan, namun nggak semua perempuan terlahir dengan kulit wajah yang mulus tanpa celah sedikit pun. Beberapa di antaranya memiliki permasalahan umum yaitu pori-pori wajah yang berukuran besar. Meskipun pori-pori sendiri memiliki fungsi yang sangat baik untuk kulitmu, namun kehadirannya terkadang menjadi suatu hal yang cukup mengganggu penampilan.

Selain dapat menjadi tempat yang memicu tumbuhnya jerawat, pori-pori besar juga menyebabkan tampilan makeup-mu kurang flawless. Untuk itu banyak sekali perempuan yang mencari cara mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat. Jika kamu salah satunya, menyimak artikel yang satu ini sampai habis menjadi satu langkah yang tepat untuk mengatasi pori-pori yang besar.

1. Rajin membersihkan kulit wajah

thelist.com

Memiliki pori-pori yang besar tentunya dapat menjadi tempat kotoran untuk masuk dan menempatinya. Jika kamu tipe yang malas membersihkan wajah, tentunya kotoran dapat menumpuk dan membuat ukuran pori-porimu membutuhkan ukuran yang lebih besar untuk menampung kotoran tersebut sehingga secara otomatis bentuk pori-porimu akan membesar. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya bersihkan kulit wajahmu dengan rutin agar kotoran terus terangkat dan tidak menyebabkan penumpukan kotoran yang menjadi penyebab pori-pori bertambah besar.

2. Lakukan proses eksfoliasi

dermstore.com

Proses eksfoliasi merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kebersihan kulit wajah, hal ini juga dapat menjadi cara mengecilkan pori-pori dengan cepat. Tersedia dalam dua macam pilihan, proses eksfoliasi terdiri dari proses secara phisically seperti menggunakan scrub atau proses secara chemical yaitu penggunaan bahan aktif seperti salicylic acid, AHA, BHA. Pilih yang sesuai dengan jenis kulitmu, jika kulitmu termasuk cenderung kering sebaiknya gunakan scrub, jika kulitmu termasuk berminyak sebaiknya gunakan produk eksfoliasi dengan bahan kimia.

3. Menghidrasi kulit wajah

puraorganics.com

Setelah kamu melakukan proses membersihkan wajah dengan benar, jangan lupa untuk mengaplikasikan moisturizer yang dapat menghidrasi kulit wajah. Terkadang proses membersihkan wajah tak sengaja dapat mengangkat kelembapan kulit yang menyebabkan kulit kering. Saat kulitmu kering, pori-pori wajahmu akan tampak sangat besar. Untuk itu, segera aplikasikan moisturizer usai mencuci wajah.

4. Gunakan sunscreen saat hendak beraktivitas

medicalwesthospital.org

Tahu nggak sih kalau sinar matahari yang terpapar pada kulitmu dapat menyebabkan pori-pori pada wajahmu menjadi melebar? Tanpa perlindungan yang ekstra, pori-pori pada kulit wajahmu akan semakin melebar. Untuk itulah pentingnya menggunakan produk yang mengandung SPF sebelum beraktivitas di luar ruangan.

5. Banyak minum air putih

akhayar.com

Salah satu kunci cara mengecilkan pori-pori dengan cepat adalah dengan membuatnya tetap terhidrasi sehingga tekstur kulit terasa kenyal. Selain penggunaan moisturizer atau serum, kamu juga harus menghidrasi dari dalam tubuhmu seperti banyak meminum air putih. Walaupun sangat mudah, namun cara yang satu ini jangan sampai terlewati.

6. Gunakan krim berbahan retinol

vitaminworld.com

Krim dengan bahan retinol dapat menigkatkan pergantian sel kulit pada wajah sehingga cukup membantu dalam menciptakan pori-pori yang sehat dan lebih bersih. Hal inilah tentunya dapat membuat pori-pori kulit wajahmu tampak mengecil.

7. Lakukan perawatan laser

skinscienceforyou.com

Beberapa cara di atas memang menjadi cara mudah yang bisa kamu lakukan langsung pada kebiasaanmu sehari-hari. Namun, jika kamu menginginkan proses mengecilkan pori-pori dengan cepat, tentu kamu mencoba metode yang satu ini yaitu laser IPL. Dengan menembakkan blue light langsung pada pori-porimu dalam beberapa kali perawatan, pori-porimu akan terlihat mengecil.

Nah, itu dia cara mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat yang dapat kamu coba sendiri. Kamu bisa memilih dari mulai cara termudah menggunakan produk perawatan hingga menggunakan alat langsung. Semoga artikelnya bermanfaat ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin