Setuju nggak sih kalau kulit dengan pori-pori besar sering membuat nggak percaya diri? Padahal ukuran pori-pori hampir mustahil untuk bisa dikecilkan lho. Thanks to beauty product, saat ini ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyamarkannya. Tampil cantik dengan kulit mulus bak porselen bisa kamu dapatkan dengan cara yang mudah. Yuk, samarkan pori-pori besar dengan tips ini!

1. Hindari produk berbahan silikon

Begini Cara Mengatasi Pori-pori Besar Pada Kulit!pinterest.com

Bukan hanya untuk operasi, bahan silikon nyatanya juga banyak digunakan dalam pembuatan kosmetik. Bahan silikon digunakan agar formula makeup lebih lembut dan mudah menyerap. Sayangnya, menggunakan makeup yang mengandung silikon justru akan memperburuk kondisi pori-porimu. Kandungan ini dapat menyumbat pori-pori dan memicu tumbuhnya jerawat. Sebelum membeli, cek bahan pembuatannya ya Bela!

2. Gunakan primer

Begini Cara Mengatasi Pori-pori Besar Pada Kulit!millicentlambert.com

Primer wajah tampaknya memang diciptakan untuk wanita dengan pori-pori yang besar. Selain menutupi noda hitam pada wajah, produk ini juga dapat menyamarkan pori-pori. Gunakan primer wajah sebelum mengaplikasikan makeup. Nggak perlu dipoles pada seluruh permukaan wajah, kamu bisa menggunakannya hanya pada bagian tertentu. Kamu pun siap untuk segera pergi.

3. Pikirkan kembali sebelum melakukan facial

Begini Cara Mengatasi Pori-pori Besar Pada Kulit!pinterest.com

Facial memang bisa menyegarkan dan memperbaiki tampilan kulit kamu, tapi nggak untuk pori-pori besar kamu. Tindakan facial justru beresiko untuk membuat pori-pori tampak lebih besar. Ahli estetik facial spa di New York bahkan harus membuat teknologi yang lebih canggih demi bisa memberikan perawatan facial maksimal untuk wanita dengan pori-pori besar. Teknologi Laser Clear dan Brilliant serta tusuk jarum mikro ditawarkan untuk memerangi pori-pori besar. Sayang, di Indonesia belum ada sehingga kamu perlu berpikir ulang sebelum melakukan perawatan ini.

4. Menjaga kebersihan bedak

Begini Cara Mengatasi Pori-pori Besar Pada Kulit!bongocelebrity.com

Lapisan pembatas antara spons dan bedak nyatanya diciptakan bukan dengan tanpa tujuan. Lapisan pembatas antara spons dan bedak berfungsi untuk meminimalisir minyak wajah dan bakteri pada spons menempel di bedakmu. Perempuan dengan pori-pori besar cenderung memproduksi lebih banyak minyak di wajah. Permukaan spons yang terkontaminasi minyak wajah bisa mengakibatkan warna bedak menjadi lebih gelap dan menjadi sarang bakteri. Bukan hanya pada spons bedak, kebersihan peralatan makeup lainnya pun penting untuk dijaga, khususnya bagi kamu yang memiliki pori-pori besar.

5. Lakukan eksfoliasi

Begini Cara Mengatasi Pori-pori Besar Pada Kulit!refinery29.com

Sel kulit mati yang menumpuk bisa memperburuk kondisi pori-pori besar kamu. Sebaiknya, lakukan scrubbing secara rutin untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan membuat permukaan kulit lebih halus sehingga pori-pori tampak mengecil. Namun ingat, pilihlah scrub yang halus dan pijat secara lembut agar nggak melukai kulit wajah terlebih bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

6. Bersahabat dengan kertas minyak

Begini Cara Mengatasi Pori-pori Besar Pada Kulit!allure.com

Kulit berminyak sering menjadi masalah utama bagi wanita dengan pori-pori yang besar. Penggunaan kertas minyak akan sangat membantu kamu untuk mengontrol minyak pada wajah. Selain menjaga riasan tetap awet hingga malam hari, pori-pori dapat tersamarkan dan kulit tampak lebih mulus.

7. Memilih produk yang ringan

Begini Cara Mengatasi Pori-pori Besar Pada Kulit!

Hati-hati dalam memilih produk kecantikan, kamu sebaiknnya menghindari produk yang bersifat comedogenic, alias produk makeup berat yang dapat memblokir pori-pori kamu. Bukannya nggak boleh memakai foundation, kamu bisa menggantinya dengan CC Cream atau cushion yang lebih bersahabat. Namun bila kamu nggak pede dan ingin hadir pada acara besar, pilihlah foundation yang berbahan dasar air.

8. Gunakan masker

Begini Cara Mengatasi Pori-pori Besar Pada Kulit!healthyoptions.com

Minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk bisa membuat pori-pori kamu tampak lebih besar. So, yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kebersihan pori-pori dan kulit dengan rutin menggunakan masker wajah. Selain sheet mask yang kaya akan pelembab, kamu juga perlu menggunakan masker yang mengandung anti-inflamasi, sulfur pengangkat minyak, juga eksfolian alami.

9. Jangan lewatkan pelembab

Begini Cara Mengatasi Pori-pori Besar Pada Kulit!stylecaster.com

Meski bermasalah dengan minyak berlebih, jangan ragu untuk menggunakan pelembab ya, Bela. Kulit yang sehat dan lembab bisa membuatmu tampak lebih segar dan menyamarkan pori-pori besar kamu. Coba deh gunakan pelembab yang terbuat dari lidah buaya. Memakainya secara rutin setelah cuci muka juga akan membuat kulit terlihat lebih glowing!

BACA JUGA: Punya Kulit Sensitif? Kamu Harus Peka dengan 5 Hal Ini