Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pandangan Joseph Sebastian Terhadap Perkembangan Brand Fragrance Lokal

Adanya penghambat dan pendukung!

Adinda Tasya Mutiara

BeautyFest Asia 2024 yang diadakan di Grand Ballroom Ritz-Carlton Pacific Place telah memasuki hari kedua pada Sabtu (4/5). Tak kalah seru dari hari sebelumnya, dalam sesi talkshow kali ini BFA kembali menghadirkan pembicara inspiratif yang merupakan seorang pebisnis parfum lokal, yakni Joseph Sebastian.

Sebagai Founder dan CEO dari Careso, Joseph Sebastian memiliki pandangan bahwa brand fragrance di Indonesia sudah mulai berhasil menyaingi brand internasional. Hal ini disebabkan oleh para pendiri yang selalu berusaha mencari alternatif terbaik untuk  mengembangkan berbagai pembaruan yang terbentuk dalam sebuah produk, ide, desain, dan lain sebagainya.

"Brand lokal selalu melakukan keberlanjutan produk, mulai dari bahan dan kemasan supaya bisa mengikuti brand internasional. Ya, yang terpenting mau untuk mencari alternatif terbaik." ucap Joseph.

Penghambat brand lokal

Dok. IDN Media

Namun, ia juga mengingatkan kalau ada beberapa hal yang menjadi sebuah penghambat bagi brand lokal untuk bersaing dengan brand Internasional. Meskipun berbagai merek parfum di Indonesia memang sudah menjamur, namun masih banyak pasar yang belum berhasil dijangkau. 

"Jadi, sebenarnya kendala atau penghambat brand lokal itu karena belum menjangkau banyak pasar di luar sana saja, kalau yang lainnya sudah dirasa sudah bisa," tuturnya.

Teknologi menjadi solusi

Dok. IDN Media

Dalam kesempatan ini, Joseph Sebastian merasa bahwa kehadiran teknologi menjadi salah satu peluang bagi brand lokal untuk menjangkau banyak pasar baru. Contohnya, dengan kehadiran e-commerce yang ternyata menjadi penyumbang terbesar dalam marketing sebuah perusahaan. Sehingga, founder dan CEO brand lokal harus terbuka dengan efek dari kehadiran teknologi itu sendiri.

"Kita bisa lihat sekarang dari e-commerce jadi salah satu penyumbang paling besar, dibandingkan dengan lima tahun lalu, itu nggak ada. Jadi, menurut saya, kita sebagai brand harus waspada dengan perkembangan teknologi untuk mengikutinya,"  jelasnya.

Terakhir, Joseph tak lupa memberikan harapan kepada brand parfum yang ada di Indonesia untuk bisa lebih besaing dan berkembang dalam dunia internasional fragrance .

"Harapan saya, lokal fragrance harus bisa bersaing dan mengembangkan produknya di dunia internasional fragrance," pungkasnya.

Itulah pandangan Joseph Sebastian mengenai perkembangan brand fragrance di Indonesia. Yuk, mulai bantu brand lokal untuk mendunia!

IDN Media Channels

Latest from Skin