Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tips Mudah Mengaplikasikan Olive Oil untuk Wajah dan Rambut

Lebih sehat dan terawat

Nafi' Khoiriyah

Olive oil atau minyak zaitun merupakan bahan alami yang memiliki banyak kegunaan. Bukan hanya sebagai pelengkap masakan di dapur, tetapi juga sebagai pelengkap skincare harian. 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa olive oil kaya akan vitamin, antioksidan, hingga bisa melembapkan dan melawan bakteri. Oleh karena itu, tak heran jika bahan ini sering dijumpai sebagai bahan dasar kosmetik. 

Jika kamu ingin memanfaatkannya secara langsung, Popbela.com akan memberitahu tips mudah mengaplikasikan olive oil. Yuk, simak macam-macam tipsnya berikut ini, Bela! 

1. Gunakan olive oil sebagai pelembap

freepik.com

Tips mudah mengaplikasikan olive oil yang pertama adalah dengan menggunakannya sebagai lotion pelembap. Caranya adalah dengan mengaplikasikan olive oil langsung ke kulit yang masih lembap. 

Supaya tidak terlalu berminyak, kamu bisa memakai handuk atau kain untuk menyeka minyak yang berlebih. Minyak zaitun ini akan membantu melembapkan kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari. 

Di dalamnya juga terdapat kandungan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan kandungan squalane yang melembapkan. 

2. Manfaatkan olive oil untuk memudarkan bekas luka

freepik.com

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam minyak zaitun juga bisa memudarkan bekas luka dengan membantu regenerasi sel kulit. Caranya adalah dengan memijatkan minyak zaitun murni ke area bekas luka. 

Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan perasan lemon untuk merawat area yang mengalami hiperpigmentasi. Tak hanya itu, olive oil dapat pula digunakan untuk mencegah dan mengatasi stretch mark pada kulit.

3. Gunakan olive oil untuk masker wajah

freepik.com

Manfaat lainnya dari olive oil bisa kamu rasakan setelah memakainya untuk masker wajah. Caranya adalah dengan mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya, seperti telur, madu, atau oat dengan olive oil.

Lalu, oleskan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Masker wajah dengan minyak zaitun ini bisa melembutkan kulit dan menghidrasi wajah, terutama bagi kamu pemilik kulit yang kering. 

4. Pakai olive oil untuk mengurangi kerutan

freepik.com

Kandungan antioksidan dalam olive oil juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi kerutan dan penuaan kulit. Tips mudah mengaplikasikan olive oil untuk merawat kerutan adalah dengan mengoleskannya di area sekitar kerutan. 

Biasanya, kerutan banyak terjadi di area mata. Maka dari itu, oleskan olive oil di area sekitar mata pada malam hari atau setelah terpapar sinar matahari. Jangan lupa pakai secara rutin untuk menunjukkan hasil yang maksimal, ya!

5. Lakukan eksfoliasi dengan olive oil

freepik.com

Bagi yang memiliki masalah wajah kering dan bersisik, olive oil bisa kamu gunakan sebagai eksfoliator. Caranya adalah dengan mencampurkan olive oil dengan sea salt untuk kemudian dijadikan scrub di area wajah atau area tubuh.

Namun, pastikan kamu memakai garam yang memiliki butiran halus di area yang sensitif supaya tetap aman dan tidak menyebabkan iritasi. 

6. Pakai olive oil untuk menghapus riasan

freepik.com

Tak banyak yang tahu, kandungan lemak dalam olive oil bisa menempel pada riasan sehingga memudahkan riasan untuk dibersihkan. Maka dari itu, bahan ini bisa digunakan sebagai pembersih riasan, terutama maskara dan eyeliner.

Bahan ini juga bisa menjadi alternatif lain karena pembersih biasa saja mungkin tidak cukup untuk mengangkat molekul minyak dalam kandungan makeup. Berbeda dari banyak pembersih lainnya, olive oil bisa mengangkat semua riasan tanpa mengiritasi kulit. 

7. Gunakan olive oil untuk menghilangkan rambut kusut

freepik.com

Setelah beraktivitas seharian, rambut sering kali mudah kusut. Hal itu karena rambut kehilangan air kemudian mengering dan mengembang. Jika dibiarkan, rambutmu bisa menjadi patah dan bercabang. 

Solusinya, kamu bisa merawatnya menggunakan olive oil dengan menjadikannya sebagai serum. Oleskan olive oil setelah keramas ke ujung rambut supaya bisa melawan rambut kusut. Minyak tersebut bisa mengisi celah di antara sel kutikula dalam rambut sehingga membuatnya lebih kuat dan sehat. 

8. Aplikasikan olive oil sebagai pelembap bibir

freepik.com

Tips mudah mengaplikasikan olive oil yang terakhir adalah dengan mengoleskannya pada bibir. Hal ini sebagai alternatif mengingat lip balm mudah hilang kandungan kelembapannya.

Olive oil bisa melembapkan sekaligus melembutkan bibir sehingga tampak lebih sehat. Hal itu karena perannya sebagai emolien dan agen oklusif yang bisa menembus ke dalam kulit bibir. Bibir pun menjadi tidak kering dan lembap seharian setelah menggunakan bahan alami satu ini.

Demikian 8 tips mudah mengaplikasikan olive oil yang bisa kamu ikuti untuk membuat kulit dan rambut menjadi lebih sehat. Mudah dan praktis, bukan? 

IDN Media Channels

Latest from Skin