Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Kebiasaan Sepele Bikin Wajah Semakin Berminyak, Mitos atau Fakta?

Sepele tapi bikin berabe!

L'Oréal Paris

Memiliki wajah dengan minyak berlebih menjadi salah satu hal yang paling dihindari para wanita, setuju? Untuk Bela dengan masalah kulit minyak berlebih, merasa nggak sih kalau problem minyak berlebih di wajah ini sulit dihilangkan meski sudah melakukan berbagai cara? Padahal minyak di wajah tidak datang dengan sendirinya lho.

Minyak berlebih di wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal. Apalagi nggak cuma faktor luar tapi juga bisa disebabkan dari dalam, mitos atau fakta ya? Coba cek dulu, beberapa kebiasaan sepele ini sering Bela lakukan nggak? 

1. Kurang minum air putih

Shutterstock/Natee Meepian

Bela termasuk yang nggak hobi minum air putih? Bukan minum air putih, malah lebih gemar minuman manis? Duh, jangan sering-sering ya Bela. Karena ternyata kebiasaan yang terdengar ‘sepele’ ini ternyata nggak baik bagi tubuh.

Selain terlalu banyak konsumsi minuman manis bisa jadi ‘bibit’ diabetes, kurang minum air putih juga akan mempengaruhi kinerja ginjal lho. Selain itu, saat tubuh kurang terhidrasi tubuh mulai menghidrasi dirinya sendiri dengan menjangkau kelenjar sebaceous yang terletak di bawah permukaan kulit.

Hal ini mengakibatkan produksi sebum lebih banyak daripada biasanya. Produksi sebum yang berlebih akhirnya membuat kulit lebih berminyak dari biasanya.

2. Terlalu sering mencuci wajah

Shutterstock/kei907

Semakin sering cuci muka, bikin wajah semakin ‘kinclong’, benar nggak ya? Ternyata itu salah Bela! Buat Bela yang memiliki tipe kulit berminyak, biasanya menggunakan face wash untuk membersihkan area wajah.

Namun penggunaan face wash untuk mencuci wajah bisa berdampak kurang baik jika dilakukan terlalu sering. Jika terlalu sering mencuci muka dengan face wash, kulit malah lebih mudah mengeluarkan minyak. Pakailah face wash maksimal dua kali sehari. Jika wajah masih terasa berminyak, cukup cuci muka dengan air bersih saja ya Bela.

3. Hobi makan gorengan

Shutterstock/Twinsterphoto

Terlalu banyak makan gorengan bikin kulit makin berminyak? Mitos atau fakta ya? Ternyata ini hanya mitos lho Bela. Lemak dalam makanan yang dikonsumsi tidak ada hubungannya dengan minyak yang diproduksi di kulit. 

Dikutip dari situs Halodoc, kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. Beberapa orang secara alami juga memiliki kulit yang lebih berminyak dibanding yang lain. Namun nggak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi makan berminyak. Bukan karena agar kulit bebas minyak, tapi terlalu banyak konsumsi makanan berminyak kurang baik bagi tubuh. 

4. Mudah stres

Shutterstock/MemoriesStocker

Tugas numpuk, kerjaan numpuk, tapi gak bisa liburan, akibatnya jadi mudah stres. Ternyata ini bisa jadi salah satu faktor yang bikin kulit Bela jadi semakin berminyak lho. Faktanya, mudah stres memang membuat kulit menjadi lebih berminyak. 

Dikutip dari laman Alodokter, stres dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon kortisol yang bisa memicu produksi minyak pada kulit. Selain produksi minyak yang berlebih, sering kali orang lupa merawat kulit saat sedang mengalami stres. Alhasil, nggak hanya jadi lebih berminyak, wajah jadi berjerawat juga.

Selain bikin wajah jadi makin berminyak, stres juga bisa memunculkan masalah kulit lainnya seperti biduran, eksim dan psoriasis. Jadi, kontrol diri agar tidak mudah stres ya Bela.

5. Terlalu sering mencoba menggunakan skincare baru

Shutterstock/Maridav

Bela suka bergonta-ganti skincare? Atau hobi ‘bereksperimen’ dengan skincare baru? Hati-hati, kebiasaan tersebut bisa berdampak kurang baik pada wajahmu lho. Terlalu sering berganti skincare ternyata bisa merusak skin barrier kamu yang berpotensi menimbulkan masalah seperti kulit berminyak. Selain itu, memilih skincare untuk wajah berminyak itu harus hati-hati. Salah kandungan skincare, bisa bikin kulit jadi semakin berminyak. 

Hindari produk skincare komedogenik yang dapat menyumbat pori-pori, karena hal ini bisa berakibat kulit memproduksi minyak lebih banyak. Sebelum mencoba skincare, perhatikan juga apakah skincare tersebut untuk tipe kulit berminyak atau nggak. Pastikan kandungan skincare tersebut oil-free seperti produk terbaru L’Oreal Revitalift Crystal Gel Cream. 

L’Oreal Revitalift Crystal Gel Cream memiliki formula oil-free dengan konsentrasi tertinggi Clarifying Salicylic Acid. Produk ini berbentuk gel yang ringan dan terasa segar, menyerap secara cepat. Mampu melembabkan hingga 10 lapisan kulit, menyamarkan bekas jerawat, dan mengurangi produksi minyak berlebih untuk pori-pori tersamarkan, kulit tampak sebening kristal, dan bebas kilap sampai 8 jam! 

Teknologi Salicylic Acid yaitu asam yang dapat larut dalam minyak, dikenal dapat menyerap lebih dalam ke dalam kulit berminyak. Sudah dibuktikan dapat menyamarkan tampilan pori, menghaluskan permukaan kulit dan mengontrol produksi sebum berlebih, membuatnya cocok untuk kulit kasar dan berminyak. Bahannya yang water based cocok banget untuk mengurangi minyak berlebih. 

Jadi, jangan kebanyakan bereksperimen dengan wajahmu ya Bela. Perhatikan kandungan dalam produk skincare itu penting! Klik di sini untuk info lengkapnya ya.

6. Skip menggunakan pelembap

Shutterstock/Narith Thongphasuk38

Sering skip menggunakan pelembap? Ternyata skip menggunakan pelembap bisa bikin kulit jadi berminyak adalah fakta! Tidak memakai pelembap bukanlah solusi yang tepat jika kulitmu cenderung berminyak. Kamu masih dapat memakainya dengan mengaplikasikan pelembap khusus kulit berminyak. Jika setelah memakainya, wajah kamu malah lebih berminyak, barangkali kamu memilih produk yang salah atau terlalu banyak mengoleskannya. 

Dikutip dari situs Alodokter, pastikan produk pelembap kamu memiliki kandungan yang aman untuk tipe kulit berminyak. Pakailah pelembap berbahan gel dan water based. Bahan tersebut lebih mudah meresap ke dalam kulit, tanpa membuatnya jadi berminyak. Selain itu pastikan pelembapmu oil-free, dan noncomedogenic. Semua ‘syarat’ itu ada pada produk L’Oreal Revitalift Crystal Gel Cream

Kandungan dalam L’Oreal Revitalift Crystal Gel Cream dipastikan aman untuk kulitmu yang berminyak. Kandungan air dan bahan-bahan yang oil-free mampu mengurangi tampilan minyak berlebih, menyamarkan pori-pori, kulit tampak sebening kristal dan bebas kilap 8 jam. Cara menggunakannya pun juga mudah, cukup ratakan pada permukaan kulit dan leher setiap pagi, dan dapat digunakan sebelum riasan wajah.

Gimana, sudah terjawab semua rasa penasaranmu, Bela? (WEB) 

IDN Media Channels

Latest from Skin