Selain produksi minyak berlebih yang bikin kegiatan sehari-hari jadi nggak nyaman, tipe kulit berminyak juga sering kali bermasalah saat menggunakan  makeup. 

Umumnya makeup lebih sulit bertahan lama karena mudah tergeser oleh minyak yang menumpuk di permukaan wajah. Tapi kini nggak perlu khawatir lagi, karena berikut 5 tips merawat kulit berminyak agar makeup lebih tahan lama. 

1. Pakai cleanser yang bisa mengurangi sebum berlebih

5 Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Makeup Tahan LamaPinterest.com

Cari sabun cuci muka yang dapat meminimalisir kilap wajah sehingga dapat mengurangi minyak berlebih. Dengan kulit yang kesat dan bebas minyak, wajah akan siap untuk dirias dengan makeup. Agar hasil makeup-nya semakin bagus, gunakan primer atau pelembap yang menciptakan hasil matte.

2. Rutin maskeran dengan clay mask

5 Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Makeup Tahan LamaSoapqueen.com

Masker yang paling bagus untuk kulit berminyak adalah jenis masker lumpur atau yang lebih umum disebut clay mask. Kekuatan lumpur alami dapat menyerap minyak pada wajah berminyak sehingga menghasilkan kulit yang lebih segar. Clay mask pun dapat mengecilkan pori-pori wajah sehingga akan berpengaruh pada pengurangan minyak berlebih. 

3. Gunakan cleanser wipes saat minim waktu

5 Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Makeup Tahan LamaNicolished.com

Jangan panik saat kamu cuma punya waktu sedikit untuk membersihkan wajah berminyak kalian. Sebab kini telah ada inovasi baru yang menciptakan cleanser wipes yang praktis. Cleanser wipes bisa digunakan untuk kulit wajar berminyak karena dapat menyerap kotoran hingga minyak berlebih di wajah. Setelah dibersihkan dengan cleansing wipes, kamu gak perlu repot-repot lagi mencuci wajah dengan sabun. 

4. Rutin menggunakan oil-free moisturizer

5 Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Makeup Tahan LamaPinterest.com

Kulit berminyak tidak berarti boleh melewatkan pelembap wajah, justru pelembap yang tepat bisa membuat kondisi wajah menjadi lebih matte. Produk pelembap yang bisa membuat wajah lebih bebas minyak adalah jenis produk yang memiliki kandungan non-komedogenik. Kamu bisa dengan mudah menemukan produk seperti ini karena banyak produsen yang menciptakan pelembap khusus kulit berminyak. 

5. Pilih produk mattifying yang cocok di kulit

5 Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Makeup Tahan LamaHealherelise.com

Jangan langsung membeli produk mattifying karena kulitmu berminyak, namun pilih yang sesuai cocok kalian. Karena tidak semua kulit memiliki tingkat produksi minyak yang sama. Jika tidak mencoba tester atau membaca komposisinya dengan benar, bukan tidak mungkin akan timbul jerawat dan masalah kulit lainnya. 

Kalau kamu punya tipe kulit berminyak pastikan mengetahui tips di atas tadi ya. Karena kulit berminyak juga bisa menghasilkan makeup cetar asalkan kita tahu cara merawatnya yang benar. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Makeup Tahan Lama, Anti Geser"