Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Kecantikan Viral yang Sebaiknya Kamu Hindari

Apa kamu pernah mencoba salah satunya?

Anisya Fitrianti

Nggak semua informasi yang kamu dapatkan di internet bisa dipercaya. Termasuk soal tips kecantikan yang bisa kamu temukan di berbagai sosial media. Sebelum mencobanya, lakukanlah sedikit riset untuk mengetahui efek samping atau bagaimana sebenarnya tips tersebut bekerja pada tubuh. 

Nah berikut ini sudah ada beberapa tips kecantikan yang sempat viral tetapi berbahaya dan nggak layak untuk kamu coba. Kira-kira apa saja ya? 

1. Menghilangkan blackheads dengan dental floss

thesun.co.uk

Seorang beauty vlogger bernama Sukhi Mann sempat bikin heboh internet dengan tips menghilangkan blackheads yang dibuatnya. Ia menggunakan handuk panas, dental floss, serta obat kumur sebagai tahapan menghilangkan blackheads

Cara ini nggak direkomendasikan untuk ditiru karena dapat mengikis kulit serta membuat pembuluh darah pecah. Di samping itu mengusapkan obat kumur pada wajah akan membuat kulitmu kering. 

2. Mencerahkan wajah dengan lemon

Freepik.com

Mungkin kamu sering membaca atau melihat tips mencerahkan kulit dengan lemon. Namun tips ini sebaiknya tidak kamu coba. Kulit wajah kita memiliki besar pH alami 4 atau 5 sedangkan lemon memiliki besaran pH alami 2. Dengan begitu, keadaan pH kulit tidak akan seimbang ditambah kondisi kulit akan lebih berminyak serta kehilangan skin barrier. 

3. Menggunakan tepung jagung agar complexion bertahan lebih lama

thetalko.com

Nggak sedikit beauty vlogger yang mencoba berbagai produk aneh pada wajah mereka. Termasuk menggunakan tepung jagung agar produk complexion lebih tahan lama. Well, tips kecantikan ini sebaiknya nggak kamu ikuti ya karena produk makanan tidak dibuat untuk digunakan di wajah. Bahkan pada sebagian orang, melakukan hal ini bisa menimbulkan reaksi alergi. 

4. Menggunakan baking soda untuk eksfoliasi

adorebeauty.com.au

Baking soda dapat memengaruhi tingkat pH kulit wajahmu. Kulit wajah secara alami bersifat asam sementara baking soda bersifat sangat basa sehingga mengganggu keseimbangan pH kulit. Bila kamu melakukan hal ini, kulitmu akan lebih rentan terhadap iritasi, berjerawat, serta infeksi. Bahkan efeknya akan lebih buruk bila kamu mencampur baking soda dengan lemon. 

5. Menggunakan hairspray sebagai setting spray

wisebread.com

Penggunaan hairspray di wajah sempat diperbincangkan banyak orang untuk menahan makeup dan menyamarkan pori-pori. Padahal tips kecantikan yang satu ini jelas berbahaya karena hairspray diperuntukkan bagian rambut bukan wajah. Komponen yang ada dalam hairspray justru dapat menyebabkan iritasi kulit serta ruam di wajahmu. Di samping itu pori-pori akan tersumbat serta jadi kering akibat kandungan alkohol di dalamnya. 

6. Menggunakan rempah untuk mendapat efek plump di bibir

Freepik.com

Bibir yang plump dan tebal ala Kylie Jenner memang jadi idaman sebagian perempuan. Namun menggunakan kayumanis atau cabai sebagai cara cepat mendapatkan bibir yang tebal sama sekali tidak tepat. Hal ini justru dapat membuat kulitmu bengkak serta meradang atau reaksi alergi. Risiko tersebut akan lebih berbahaya bila kamu memiliki kulit yang sensitif. 

7. Membuat peel-off mask dari lem

pinterest.com/alexakotz11

Melihat efek masker yang mengelupas pada kulit memang menimbulkan kepuasan tersendiri. Namun menggunakan lem sebagai bahan masker yang kamu buat di rumah bukanlah hal yang patut dicoba. Hal ini justru berisiko merobek kulit serta bulu-bulu halus yang ada pada wajah. Bahkan jika dilakukan terus menerus, tips yang satu ini dapat menyebabkan peradangan, hiperpigmentasi, dan infeksi pada kulit. 

Nah itu dia fakta di balik beberapa tips kecantikan yang justru nggak aman untuk kesehatan kulit. Selalu hati-hati dalam merawat kulitmu ya Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Skin