Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ikuti 7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Ini Yuk!

Nggak ribet lho!

Vidya Nathania

Cara paling umum untuk menurunkan berat badan selain diet adalah melakukan kegiatan olahraga dengan ekstra. Namun, tampaknya nggak semua orang yang memiliki keinginan cukup kuat untuk melakukan olahraga atau mungkin memiliki halangan tersendiri seperti tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan olahraga, cuaca yang kurang mendukung, aktivitas sehari-hari yang cukup padat sehingga tubuh yang terlalu lelah untuk dapat berolahraga. 

Namun, kali ini tenang saja karena menurunkan berat badan nggak melulu harus dilakukan dengan olahraga karena ada tips dan cara spesial untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan secara alami tanpa olahraga. Mau tahu caranya seperti apa saja? Ikuti terus ulasannya ya Bela!

1. Biasakan mengunyah makanan secara perlahan

verywellhealth.com

Sadar atau nggak, cara mengunyahmu dapat menentukan berat badanmu lho. Setelah dilakukannya penelitian tentang beberapa orang yang mengunyah dengan sangat cepat ternyata lebih cepat juga berat badan naik. Lain halnya dengan orang yang mengunyah makanan dengan perlahan, hasil makanan yang dikunyah juga mudah dicerna tubuhmu dan terhindar dari kalori yang langsung naik

2. Perbanyak makanan yang tinggi protein

techexplorist.com

Saat kamu makan makanan yang tinggi protein, tubuhmu dapat kenyang dalam waktu yang cukup lama. Ternyata hal tersebut terjadi karena protein dapat mempengaruhi hormon ghrelin yang berpengaruh dalam mengontrol selera makanmu. Untuk itu perbanyak makanan yang tinggi protein seperti telur, kacang, keju, yoghurt dll.

3. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat

fona.com

Makanan yang tinggi serat seperti roti gandum, kentang, buah berry, dan jenis kacang-kacangan memiliki peran yang cukup penting dalam menjadi cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Selain dapat menahan rasa lapar, makanan yang tinggi serat dapat melancarkan pencernaanmu sehingga dapat memperlancar saat kamu ingin membuang kotoran. 

4. Banyak minum air putih

mirror.co

Air putih memang dikenal memiliki manfaat yang segudang, salah satunya menjadi cara terbaik dalam menurunkan berat badan tanpa olahraga. Dengan minum air putih yang banyak, tubuhmu akan mendetoksifikasi setiap racun dan juga mengurangi kalori pada tubuhmu. Air putih dapat menggantikan posisi minuman manis dalam hal menjaga kesehatan.

5. Belajar makan dengan porsi secukupnya

verywellfit.com

Salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang paling mudah untuk dilakukan adalah mengubah kebiasaan makanmu dalam hal mengatur porsi makanan. Makan dengan porsi yang banyak, dapat menambah kalori yang berlebihan juga dapat membuat selera makanmu semakin meningkat. Sebaiknya, makanlah dengan porsi yang secukupnya saja ya.

6. Tidur yang cukup dan kontrol rasa stres

thebestyoumagazine.co

Percaya atau tidak, kualitas tidurmu sangat berpengaruh pada kebisaanmu dalam mengontrol rasa stres yang kamu alami. Hal ini sangat berpengaruh pada selera makanmu lho. Beberapa penelitian mengatakan bahwa orang yang tak dapat mengontrol rasa stres, dapat menyebabkan terlalu banyak makan dan tentunya hal ini menghancurkan program dietmu.

7. Menghindari minuman manis

health.com

Mengonsumsi minuman manis ternyata nggak hanya dapat menambah kalori pada tubuhmu. Tetapi minuman manis juga dapat mempengaruhi hormon tertentu pada tubuhmu yang dapat membuatmu ingin makan terus menerus dalam porsi banyak.

Nah, itu dia 7 cara menurunkan berat badan secara alami tanpa olahraga yang dapat kamu lakukan. Ternyata nggak sulit ya? Dimulai dari hal-hal yang cukup sederhana dan membutuhkan kedisiplinan yang cukup dalam melakukannya. Kalau begitu, silahkan mencoba dan semoga berhasil!

IDN Media Channels

Latest from Health