Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Lebih Lagi Tentang Arti, Fungsi, dan Bahaya Aseton

Semua pasti pada tahu nih!

Vidya Nathania

Mungkin bagi sebagian orang, nama aseton masih kurang populer dan jarang terdengar. Padahal, senyawa yang satu ini dapat kamu temukan pada beberapa bahan yang sering kamu gunakan sehari-hari. Walau senyawa ini sangat sangat dibutuhkan oleh beberapa produk pembersih dan produk lainnya untuk dapat bekerja dengan maksimal, tetapi aseton juga berbahaya. Untuk itu kamu wajib mengetahui biar lebih berhati-hati saat menggunakannya. Hmm, kira-kira apa saja ya? Yuk baca terus artikelnya sampai habis untuk mengenal lebih lagi tentang arti, fungsi, dan bahaya aseton!

Apa itu aseton?

aliexpress.com

Aseton merupakan senyawa berbentuk cairan yang tidak memiliki warna dan sangat mudah terbakar. Merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan dalam berbagai obat, pembuatan plastik, dan bahan pembersih, yang paling sering kamu temui adalah pembersih kutex.

Fungsi aseton

thespruce.com

Namun, selain dikenal sebagai pembersih kutex, ternyata aseton memiliki fungsi lainnya yang mungkin belum kamu ketahui seperti dapat membersihkan alat makeup dari sisa makeup yang menempel, membersihkan alat cukur agar tetap tahan lama, membersihkan sepatu terlihat lebih mengkilap, mengatasi goresan pada jam tangan dan juga sebagai pembersih noda pada bahan keramik. Wah, ternyata aseton memiliki sejuta manfaat ya Bela?

Kenali bahaya aseton

findatopdoc.com

Walau memiliki sejuta manfaat, aseton juga memiliki sisi berbahaya yang wajib kamu waspadai. Sebagai pembersih kuteks, ternyata aseton dapat mengangkat kelembapan kuku dan membuat kuku menjadi lebih kering. Bahaya lainnya adalah ketika kamu terlalu sering menggunakannya dan menghirupnya sehingga tubuh kamu bisa keracunan. Selain itu aseton adalah bahan yang mudah terbakar, untuk itu kamu tak dapat menempatkan aseton di sembarang tempat ya!

Tanda-tanda keracunan aseton

medicalnewstoday.com

Mungkin masih banyak yang bingung bagaimana ciri seseorang dapat keracunan aseton yaitu dimulai kepalamu akan terasa pusing, perutmu akan mual dan dapat berlanjut membuat tubuhmu menjadi mati rasa juga tekanan darahmu dapat menurun. Tentunya, kamu harus mengurangi frekuensi penggunaan aseton dalam kehidupan sehari-harimu dengan mencari bahan lain yang lebih aman untuk digunakan.

Jadi, itu dia arti, fungsi, dan bahaya aseton yang perlu kamu tahu. Semoga kamu lebih berhati-hati menggunakannya ya!

IDN Media Channels

Latest from Health