Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Hal Ini Harus Kamu Hindari Sebelum Tidur

Perhatikan baik-baik ya!

Suhaiela

Setelah kita bekerja seharian, tentu tubuh kita merasa lelah dan butuh istirahat. Istirahat itu sangat penting untuk menjaga tubuh kita agar tetap bugar dan bisa menjalankan aktifitas keesokan harinya dengan baik. Nah, terkadang kalau kita ingin tidur pasti masih ada aktifitas yang kita lakukan yang membuat kita jadi sulit tidur. Dilansir dari Bustle, ini 7 hal yang harus kamu hindari sebelum kamu tidur.

1. Menatap alat elektronik sebelum tidur

cnet.com

Kita semua tahu kalau kebiasaan menggunakan alat elektronik seperti hp, laptop, atau televisi akan membuat kita kecanduan, terutama saat kita ingin tidur. Biasanya kita akan sering mengirimkan teks, menelpon, atau sekadar mengecek seluruh sosial media yang kita punya. Hal ini harus kita hindari karena setiap alat elektronik akan membuat kita terjaga dan membuat kita justru jadi sulit tidur.

2. Makan makanan berlemak

pexels.com/ Adrienn

Terkadang, hal yang membuat seseorang sulit tidur adalah karena perut kosong yang membuat kita jadi lapar. Kalau kamu lapar, kamu boleh memakan-makanan ringan seperti cemilan asalkan bukan makan-makanan yang mengandung lemak tinggi, seperti kentang goreng. Hal ini akan membuat perutmu akan mencerna makanan lebih keras yang membuatmu jadi tidak nyaman sekaligus menyebabkan kamu sulit tidur. 

3. Makan atau minum yang mengandung kafein

eversys.com

Mungkin sebagian dari kamu banyak yang tidak meminum kopi, namun yang perlu kamu ingat ada banyak minuman atau makanan selain kopi yang mengandung kafein, contohnya coklat. Coklat mengandung kafein karena di dalam kandungan coklat terdapat kakao. Kafein akan meningkatkan stamina yang tinggi serta membuatmu jadi sulit tidur.

4. Melakukan olahraga berat

pexels.com/pixabay

Melakukan olahraga sebelum tidur adalah salah satu hal yang dianjurkan agar mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Tapi, perlu kamu ingat bahwa melakukan olahraga yang sangat berat sebelum tidur akan meningkatkan detak jantung dan energi sehingga tubuh dan pikiranmu sulit untuk tenang yang bisa membuatmu juga sulit tidur. Sebaiknya, kalau kamu ingin melakukan olahraga berat lakukanlah 3 jam sebelum kamu tidur.

5. Mengecek email kantormu

pexels.com/burst

Jangan pernah mengecek email kantor larut malam apalagi saat sebelum kamu tidur. Hal ini akan membuatmu gelisah dan membuatmu tidak tenang. Sehingga, memacu dirimu untuk melakukan pekerjaan di malam hari.

6. Mandi dengan air panas

bloggersarena.com

Ketika malam hari, suhu tubuh kita akan turun dan mendingin. Kalau kamu ingin mandi dengan air panas di malam hari justru akan membuat suhu tubuh kita melonjak naik yang menyebabkan kita jadi sulit tidur. Sebaiknya, jika kamu ingin mandi dengan air panas lakukan beberapa jam sebelum kamu tidur.

7. Terlalu stres dengan masalahmu

pexels.com/energepic

Jika kamu terlalu stres dengan masalah yang kamu hadapi tentu saja hal ini akan membuatmu tidak tenang dan sulit untuk tidur. Untuk menghindari stres, sebaiknya agar kamu melakukan olahraga yang merilekskan pikiran seperti yoga yang meningkatkan kualitas tidur. 

Sekarang kamu sudah tahu nih penyebab kamu sulit tidur. So, jangan lakukan hal-hal diatas lagi ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health