Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Ampuh Menjalankan Puasa untuk Penderita Anemia

Jangan sampai penyakit ini menganggu ibadahmu

Shavira Annisa Putri

Anemia merupakan kondisi dimana terjadi penurunan jumlah sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga penderita akan mudah lelah, apalagi ketika menjalankan ibadah puasa. Sehingga, kamu yang memiliki riwayat anemia harus lebih memerhatikan dan mengikuti beberapa aturan agar ibadah puasa tidak terganggu. 

Oleh karena itu, Popbela akan memberikan tujuh tips yang bisa membantu penderita anemia agar tetap fit dan bugar selama menjalankan ibadah puasa. Apa saja? langsung intip aja yuk! 

1. Hindari konsumsi kopi dan soda

medicaldaily.com

Penderita anemia harus mendapatkan asupan zat besi yang tinggi. Karena zat besi dapat membatu pembentukan sel darah merah dengan cepat. Sedangkan, kopi dan soda merupakan zat yang dapat menghambat penyerapan zat besi bagi tubuh kamu. Jadi, sebaiknya hindari dua minuman tersebut selama menjalankan ibadah puasa. 

2. Penuhi kebutuhan waktu istirahat

Pola tidur yang buruk, akan menyebabkan tekanan darah yang rendah dan mudah merasa kelelahan. Oleh sebab itu, pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup untuk mencegah terjadinya anemia saat berpuasa. Jangan begadang ya, Bela! 

3. Konsumsi makanan yang tinggi akan zat besi

freepik.com

Anemia biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi yang berfungsi untuk membantu produksi sel darah merah. Maka, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah mencukupi asupan nutrisi ini ketika sahur dan berbuka puasa. Zat besi paling banyak ditemukan dalam daging merah. Namun bisa kalian temukan juga pada kuning telur, seafood, dan gandum. 

4. Melakukan olahraga ringan

freepik.com

Walau sedang berpuasa, olahraga tetap harus dilakukan bagi penderita anemia. Karena, melakukan aktivitas fisik dapat menurunkan kadar hormon stres yang ada di dalam darah. Dengan menurunnya hormon stres tersebut, dapat membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan dampaknya adalah tekanan darah kamu bisa stabil. Nggak perlu olahraga yang berat kok, cukup jalan santai selama 30 menit sebelum berbuka puasa. 

5. Segera berbuka dengan makanan manis

abouther.com

Setelah menahan dahaga dan lapar lebih dari 12 jam, maka, kadar gula dalam darah kita juga akan menurun. Hal ini juga terjadi bagi penderita anemia, bahkan mereka akan merasa lebih lemas dan lelah dibandingkan orang biasa. Oleh sebab itu, ketika berbuka puasa sebaiknya diawali dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang manis Karena untuk mengembalikan kadar gula dalam darah yang hilang ketika puasa. 

6. Konsumsi suplemen penambah darah

medicalnewstoday.com

Jika diperlukan, kamu bisa mengonsumsi suplemen penambah darah yang mengandung zat besi dan vitamin B seperti asam folat, tentunya sesuai dengan anjuran dokter ya. Sebaiknya, jangan asal mengkonsumsi suplemen, karena zat besi yang menumpuk juga tidak baik untuk tubuh. 

7. Konsumsi kacang-kacangan

freepik.com

Tidak hanya mengandung zat besi, kacang-kacangan ternyata juga memiliki protein nabati yang tinggi lho. Kamu bisa konsumsi aneka kacang ini sebagai camilan pada malam hari atau ketika sahur. Selain itu, kacang-kacangan juga membantu perut kamu terasa lebih kenyang selama menjalankan ibadah puasa.

IDN Media Channels

Latest from Health