Setelah menjalankan ibadah puasa lebih dari 12 jam, tentu saja tubuh kehilangan energi. Oleh sebab itu, wajar jika kamu merasakan lemas dan letih. Sehingga, ada baiknya ketika berbuka puasa, kamu memilih mengonsumsi makanan sehat yang mampu memulihkan kembali energi yang sudah hilang. Lalu, apa saja makanan tersebut? Let's check this out! 

1. Kurma

7 Makanan yang Mampu Mengembalikan Energi Setelah Berpuasa medicalnewstoday.com

Kurma adalah salah satu buah yang sangat populer ketika bulan puasa tiba. Buah ini mengandung gula alami yang akan diolah oleh tubuh sebagai sumber energi. Oleh sebab itu, mengonsumsi kurma saat berbuka puasa dapat mengembalikan semangat kamu. 

Kandungan mineral, vitamin, serat dan anti-oksidan baik untuk kesehatan tulang, fungsi otak, mencegah radikal bebas dan juga pencernaan. Buah ini juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat mengendalikan gula darah. 

2. Pisang

7 Makanan yang Mampu Mengembalikan Energi Setelah Berpuasa consumerreports.org

Buah yang satu ini memang dipercaya akan menambah energi dengan cepat. Memiliki kandungan serat dan gula, seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, yang bisa mengembalikan energi yang hilang ketika menjalankan ibadah puasa. 

Selain itu, pisang juga mampu membuat kenyang lebih lama dan tentunya sehat untuk pencernaan, karena teksturnya yang lembut. Untuk mengakalinya, kamu bisa olah buah ini menjadi kolak pisang untuk berbuka puasa. 

3. Madu

7 Makanan yang Mampu Mengembalikan Energi Setelah Berpuasa jsmekocky.cz

Madu memang dikenal memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh, salah satunya adalah mampu menambah energi. Madu mengandung Madu mengandung tinggi kalori karena kaya akan fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. 

Selain itu, beberapa jenis vitamin, mineral, dan enzim yang ada di dalam madu ini juga mempu menjadi penguat sistem imun tubuh manusia. Wah, jangan lupa konsumsi madu ketika sahur dan berbuka ya, Bela! 

4. Ubi jalar

7 Makanan yang Mampu Mengembalikan Energi Setelah Berpuasa macheesmo.com

Salah satu sumber karbohidrat yang ramah bagi perut kamu adalah ubi jalar. Kandungan tinggi karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C yang mampu memulihkan tenaga kamu setelah berpuasa. 

Walaupun memiliki rasa yang manis, kandungan serat pada ubi jalar membantu memperlambat penyerapan gula, sehingga mencegah terjadinya kenaikan kadar gula darah yang berlebih. Selain itu, kandungan anti-oksidan juga mampu menjaga kesehatan otak. 

5. Apel

7 Makanan yang Mampu Mengembalikan Energi Setelah Berpuasa dw.com

Buah selanjutnya yang bisa kamu konsumsi ketika berbuka puasa adalah apel. Buah yang satu ini memang bagus untuk diet karena rendah kalori. Namun, apel juga mampu menghasilakan energi bagi tubuh dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Serta vitamin B, kalium, zat besi dapat memengaruhi fungsi jantung sehingga dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. 

6. Kacang almond

7 Makanan yang Mampu Mengembalikan Energi Setelah Berpuasa npr.org

Kacang-kacangan memang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, salah satunya adalah kacang almond. Kacang ini memiliki kandungan protein serta lemak yang cukup tinggi, sehingga mampu memberikan energi untuk tubuh kamu. 

Selain itu kacang almond juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu mecegah penuaan dan penyakit kanker. Walau terbilang cukup pricey, tetapi jika rutin mengonsumsi kacang almond maka kamu akan rasakan berbagai manfaatnya. 

7. Daging

7 Makanan yang Mampu Mengembalikan Energi Setelah Berpuasa freepik.com

Kandungan energi di dalam daging cukup tinggi. Sehingga, mampu mengontrol sumber stamina dan energi tubuh manusia selama menjalankan puasa. Selain itu, daging juga memiliki kandungan glutathione, yang dipercaya sebagai anti-oksidan, mencegah penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, hingga meningkatkan umur panjang. 

Nah, itu dia tujuh makanan yang mampu mengembalikan energi setelah berpuasa. Ingat ya, Bela, ketika berbuka konsumsi makanan secukupnya dan berhenti sebelum kenyang. Happy fasting!

Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Ibadah Selama Ramadan

Baca Juga: Ini 7 Alasan Mengapa Puasa Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Baca Juga: 5 Menu Lezat dan Sehat untuk Sahur Atau Berbuka Puasa Saat Pandemi

Baca Juga: 5 Tips Olahraga Saat Berpuasa yang Bisa Kamu Coba