Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Marshanda Idap Tumor Payudara, 5 Seleb Ini Pernah Alami Hal Serupa

Penyakit yang tidak mengenal usia!

Shavira Annisa Putri

Marshanda datang dengan kabar kurang baik, nih. Ibu satu anak ini dinyatakan tengah mengidap tumor payudara. Hal tersebut ia ungkapkan dalam sebuah live Instagram yang dilakukan pada hari Senin (30/5). Tentu saja, pernyataannya tersebut langsung menyita perhatian publik. Kini, Marshanda tengah berada di Singapura untuk menjalani berabagi rangkaian tes dan melakukan pengobatan.

Nah, ternyata di dunia hiburan sendiri, Tak hanya Marshanda saja yang pernah mengalami tumor payudara. Berikut iniartis yang sempat berjuang melawan penyakit ganas tumor payudara tersebut. Intip artikel ini, ya!  

1. Pevita Pearce

instagram.com/pevpearce

Sejak tahun 2013, artis yang juga model ini menyadari terdapat gumpalan darah di bagian payudaranya. Tidak langsung diatasi, tumor tersebut baru diangkat pada tahun 2016 lalu dan Pevita memilih tindakan operasi di salah satu rumah sakit di Malaysia. Saat ini, Pevita Pearce sudah terbebas dari tumor payudara dan ia terus berkomitmen untuk menjalankan hidup yang lebih seimbang dan rutin melakukan olahraga. 

2. Andien Aisyah

instagram.com/andienaisyah

Ketika duduk di bangku SMA, Andien Aisyah harus menerima kenyataan bahwa ia terkena kanker payudara. Awalnya, ia menyadari bahwa terdapat benjolan di payudaranya. Setelah dikonsultasikan kepada dokter, benjolan tersebut merupakan tumor. Perempuan kelahiran 25 Agustus 1985 ini sempat terkejut, pasalnya tidak ada satupun anggota keluarganya yang memiliki riwayat penyakit ini. 

Hingga pengangkatan tumor harus dilakukan agar tidak menyebar. Dan saat ini, Andien memilih untuk melakukan gaya hidup sehat. Ia tidak lagi mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food. Selain itu, ibu satu anak ini juga rutin melakukan olahraga serta menerapkan hidup yang lebih sehat. 

3. Robby Purba

instagram.com/robbypurba

Nyatanya, penyakit ganas ini tak hanya menyerang perempuan saja, namun lelaki juga bisa. Hal itu yang terjadi pada Robby Purba. Yups, presenter ini divonis mengidap tumor payudara pada bulan Desember 2021. Robby akhirnya memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan tumor.

Namun, setelah tiga bulan, ternyata tumor kembali datang dan Robby menjalankan operasi untuk kedua kalinya. 

4. Kesha Ratuliu

instagram.com/kesharatuliu05

Masih belia, tidak membuat Kesha Ratuliu terhindar dari ganasnya tumor payudara. Awal mula, perempuan berusia 21 tahun ini merasa ada benjolan di payudaranya. Hal tersebut mendorong Kesha untuk segera konsultasi dengan tenaga medis. Dan dokter onkologi meyakini bahwa benar ada benjolan sekitar tiga setimenter yang bersarang di payudara Kesha. Diduga benjolan tersebut merupakan tumor jinak.

Akhirnya, di tahun 2020 keponakan dari Mona Ratuliu ini melakukan operasi pengangkatan tumor payudara. Operasi yang memakan waktu hingga dua jam. Kini, Kesha konsisten menjalankan pola hidup sehat.

5. Baby Margaretha

instagram.com/babymargaretha1

Banyak yang tak menyangka bahwa Baby Margaretha sempat memiliki tumor payudara. Hal tersebut terjadi ketika ia duduk di bangku SMA. Saat mengetahui hal tersebut, Baby melakukan berbagai macam pengobatan dan memilih untuk menjalankan operasi pengangkatan tumor. Sekarang, presenter seksi ini lebih berhati-hati dalam menjaga pola hidup dan selektif memilih bra. 

Itu dia lima seleb tanah air yang berjuang melawan tumor payudara. Semoga dengan cerita mereka, kita dapat memetik pelajaran dan menjalani hidup yang sehat. Stay healthy ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health