Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Antioksidan!

Bisa meningkatkan kekebalan tubuh

SEO Intern Popbela

Rambutan adalah satu satu jenis buah tropis yang banyak tumbuh dan berkembang di Indonesia. Bentuknya cukup unik dari kebanyakan buah karena mempunyai kulit yang menyerupai rambut. Rambutan memiliki rasa yang cenderung manis dan legit.

Di balik rasa dan bentuknya yang unik, buah rambutan ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu manfaatnya.

Berikut 7 manfaat rambutan lainnya.

1. Mencegah risiko kanker

freepik.com/diana.grytsku

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam rambutan dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Buah rambutan kaya akan antioksidan di antaranya antosianin, senyawa fenolik, dan senyawa metanol. Antioksidan dalam buah terutama rambutan dapat yang melindungi sel-sel dalam tubuh dan mencegah risiko kanker.

Manfaat rambutan tersebut juga ditemukan pada kulitnya yang dapat mengurangi gejala kanker pankreas dan usus. Serat alami dalam rambutan juga berperan besar untuk menjaga kesehatan pencernaan.

2. Menurunkan risiko penyakit diabetes

freepik.com/stefamerpik

Melansir Healthdata, penyakit diabetes merupakan salah satu dari 10 penyebab utama kematian di banyak negara. Fakta tersebut menunjukkan berbahaya penyakit diabetes yang dialami oleh banyak orang.

Supaya terhindar dari bahaya diabetes, perlu adanya upaya pencegahan. Mengonsumsi sayur dan buah menjadi langkah sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh. Di antara berbagai jenis buah, rambutan ternyata dapat menurunkan risiko diabetes. 

Ekstrak kulit rambutan bermanfaat untuk mengurangi kadar gula pada penderita diabetes. Selain itu, kulitnya bisa meningkatkan sensitivitas insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Kadar gula dalam buah rambutan juga masih relatif rendah. Oleh karena itu, buah ini masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Memperkuat struktur tulang

freepik.com

Seiring bertambahnya usia, risiko terkena osteoporosis semakin besar. Pencegahan perlu dilakukan dengan memperkuat struktur tulang. Mengonsumsi rambutan ternyata berkhasiat dalam menjaga kesehatan tulang.

Dalam buah rambutan, ada kandungan kalsium yang berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang sehingga kamu bisa bergerak lebih nyaman dan fleksibel. Kandungan potasium yang juga terdapat dalam rambutan juga bermanfaat pada kesehatan tulang. Potasium membantu penyerapan mineral oleh sel dan jaringan dalam tubuh.

4. Membantu menjaga berat badan yang ideal

freepik.com/jcomp

Buah yang banyak dibudidayakan di Asia ini nyatanya bisa membantu kamu untuk menjaga berat badan tetap ideal. Dalam 100 gram buah rambutan mengandung sekitar 75 kalori dan 2 gram serat.

Dengan jumlah kalori yang rendah dan kandungan serat yang tinggi itu, perlu waktu yang cukup lama untuk bisa dicerna secara sempurna oleh sistem pencernaan dalam tubuh. Manfaat rambutan tersebut akan membuat kamu merasa lebih kenyang untuk waktu yang lama.

5. Mencegah penuaan dini

freepik.com/rawpixel.com

Tanda-tanda penuaan juga bisa terjadi di usia muda, lho! Agar terhindar dari penuaan dini, kamu bisa memakai produk skincare yang mengandung rambutan. Buah ini merupakan salah satu buah yang berkhasiat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Zat spermidine dalam rambutan membantu untuk menunda proses penuaan pada kulit wajah. Rambutan yang kaya akan antioksidan ini juga berkhasiat mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus yang banyak muncul di area sekitar mata serta bibir.

6. Mengurangi peradangan pada kulit

freepik.com

Munculnya kemerahan pada kulit wajah kerap mengganggu penampilan. Untuk menguranginya, kamu bisa menggunakan produk perawatan yang mengandung rambutan. Kandungan asam amino berkhasiat mengurangi kemerahan pada kulit. 

Selain itu, flavonoid yang mengandung zat antioksidan membantu mengurangi iritasi, melawan bakteri penyebab jerawat, mengurangi hiperpigmentasi akibat radikal bebas.

7. Memperkuat imunitas tubuh

Image by wayhomestudio on Freepik

Manfaat rambutan terakhir yaitu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dalam buah rambutan, terdapat vitamin C yang membantu untuk melawan senyawa berbahaya yang dapat menurunkan imunitas seseorang.

Dalam beberapa riset, menunjukkan kulit rambutan juga mampu melindungi kamu dari virus dan infeksi karena bakteri.

Itulah 7 manfaat rambutan yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat ya, Bela!

Penulis: Cesilia Sasanda Eka Putri Noveliana

IDN Media Channels

Latest from Health