Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Merawat Gigi yang Baik dan Benar 

Bikin kamu tambah percaya diri!

Emillia Wardhani

Gigi merupakan salah satu organ penting selain untuk mengunyah makanan namun gigi juga menjadi bagian untuk percaya diri kita, sebab jika gigi bewarna kuning atau berlubang terkadang malu untuk berbicara. setuju nggak? oleh sebab itu, saatnya kamu mulai merawat gigi dengan tepat, percaya atau nggak, gigi kamu akan sehat dan terhindar dari gigi berlubang. Bagaimana cara merawat gigi yang baik dan benar? Simak artikel dibawah ini ya! 

1. Rutin sikat gigi

Thedaily.case.edu

Sebenarnya dari dulu, orang tua kita sudah mengajarkan untuk sikat gigi setiap dua kali sehari, tapi lebih baik usahakan sikat gigi setelah selesai makan, sebab kotoran makanan akan mengendap di gigi, kamu juga bisa menggunakan benang gigi agar lebih bersih. Kumurlah dengan air jka kamu tidak sempat ya!

2. Gunakan pasta yang mengandung fluoride

Thedailymeal.com

Fluoride adalah salah satu bahan pembuatan pasta gigi, yang membuat gigi kamu menjadi kuat sebab mengandung garam, selain itu bisa menghilangkan plak, karena penggunaaan fluoride akan mencegah makanan menempel. Tapi jangan sampai ketelan ya, akan bahaya efeknya!

3. Hindari makanan manis

Dothebay.com

Langkah di atas akan percuma, jika kamu tetap mengkonsumsi makanan manis seperti kue, coklat, permen atau es krim. Kenapa? karena makanan atau minuman manis,  bakteri di dalam mulut akan memproduksi asam yang dapat merusak gigi kamu. 

Selain itu, konsumsilah makanan untuk kesehatan gigi seperti buah, susu, keju, sayuran, dan yang penting adalah air putih. 

Perlu kamu ketahui, khusus permen karet dapat membantu membersihkan sisa makanan dari dalam mulut. Wah, mulai sekarang bisa kamu coba nih!

4. Pakai obat kumur

Listerine.com

Setelah kamu sikat gigi, cobalah untuk pakai obat kumur karena bisa membunuh bakteri dan mengontrol bau mulut agar gigi kamu tambah bersih. Kamu bisa beli di apotik atau supermarket. Setidaknya lakukan selama dua menit ya. Dijamin gigi kamu akan segar sekejap!

5. Sering sikat lidah

Ciroccodentalcenter.com

Saat kamu sikat gigi, sempatkan untuk sikat lidah dengan pelan dari belakang ke depan setelah itu kamu bisa kumur-kumur, jangan sampai tertelan ya. Hal ini bertujuan agar mengangkat makanan dan bakteri yang ada di permukaan lidah.

6. Kurangi rokok

saga.com

Salah satu risiko gigi rusak adalah karena sering merokok, kamu bisa mengalami kanker mulut, penyakit gusi, dan menyebabkan bau mulut serta noda di gigi. Maka dari itu, berhentilah merokok demi kesehatan gigi dan mulut ya! Perlahan-lahan kamu pasti bisa kok. 

7. Terapi oil pulling

Healthline.com

Oil pulling adalah cara teknik ayurveda untuk merawat gigi, caranya adalah kamu bisa berkumur dengan minyak kelapa atau minyak zaitun selama 15-20 menit. Lakukan dipagi hari sebelum sarapan ya. Kemudian kamu bisa lanjut dengan berkumur air garam lalu sikat gigi dengan bersih. 

Itulah beberapa cara merawat gigi yang baik dan benar agar selalu sehat. Semoga bermanfaat, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Health