Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Nyangka! 7 Makanan Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Jerawat

Wajib dihindari nih!

Vidya Nathania

Pernah nggak sih bermasalah dengan jerawat yang membandel? Mungkin sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan, namun jerawat pun tak kunjung sembuh. Jangan sedih dulu ya, Bela. Karena bisa jadi hal tersebut terjadi karena faktor dari dalam yaitu makanan. 

Dari berbagai faktor penyebab jerawat, makanan pun kerap menjadi penyebab jerawat terbesar yang sering terjadi pada semua orang. Nah, untuk membantumu mengatasi masalah jerawat, kali ini Popbela akan membahas tentang beberapa makanan penyebab jerawat. Apa saja itu? Simak terus ya, Bela!

1. Susu

motherjones.com

Walaupun susu sangat baik untuk kesehatan tubuhmu, namun susu bisa menjadi musuh terbesar bagi pemilik kulit yang berjerawat, lho! Hal tersebut dapat terjadi karena kandungan protein dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Selain itu, mengonsumsi susu terlalu banyak juga dapat mempengaruhi hormon tubuh seseorang menjadi kurang stabil sehingga tumbuh jerawat.

2. Makanan pedas

dailymail.co.uk

Siapa sih yang tak suka dengan makanan pedas? Selain menambah cita rasa, makanan pedas juga dapat meningkatkan selera makan. Namun, yang perlu kamu ketahui bahwa makanan pedas dapat mengganggu saluran pencernaanmu yang berpengaruh pada kulit wajah sehingga dapat menyebabkan jerawat. Sebaiknya kurangi makanan yang terlalu pedas ya!

3. Junk food

medicalnewstoday.com

Selain tak baik untuk tubuh, junk food memang tak layak untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Sering mengonsumsi junk food dapat meningkatkan jumlah hormon androgen pada tubuh sehingga produksi sebum semakin meningkat. 

4. Makanan mengandung gluten

milklife.com

Buat kamu yang memang memiliki jenis kulit yang rentan berjerawat, sebaiknya hindari makanan yang mengandung gluten seperti roti, pasta, tepung terigu, dan sereal. Walaupun mungkin makanan tersebut sehat untuk tubuhmu, namun ternyata makanan dengan kandungan gluten dapat meningkatkan peradangan pada kulitmu sehingga menimbulkan jerawat.

5. Makanan berminyak

earth.com

Nah, kalau jenis makanan yang satu ini wajib untuk kamu hindari ya! Karena makanan berminyak merupakan makanan yang paling berbahaya untuk tubuhmu dan tentunya kesehatan kulitmu. Minyak yang terkandung dalam makanan dapat meningkatkan kelenjar minyak dalam memproduksi minyak serta dapat menyumbat pori-pori wajah. Sebaiknya, perbanyak konsumsi makanan yang direbus atau dikukus.

6. Makanan manis

rd.com

Walaupun makanan yang mengandung gula sangat nikmat untuk dikonsumsi, namun makanan tersebut dapat memicu tumbuhnya jerawat dan meningkatkan produksi minyak sehingga dapat terjadi peradangan pada kulit. Kurangi makanan manis dan penggunaan gula pada saat memasak sesuatu.

7. Telur

seriouseats.com

Jenis makanan yang satu ini paling dikenal sebagai penyebab jerawat terbesar bahkan dapat menyebabkan masalah kulit lainnya. Hal itu dapat terjadi pada sebagian orang yang tak terlalu cocok dengan telur. Sama seperti susu, telur juga dapat membuat hormon menjadi tidak seimbang. 

Itulah beberapa makanan penyebab jerawat yang wajib untuk kamu kurangi untuk memiliki kulit yang lebih mulus. Karena tiap orang berbeda-beda, sebaiknya cek jenis makanan yang menjadi penyebab terbesar timbulnya jerawat pada kulitmu.

IDN Media Channels

Latest from Hair