Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Bahan Alami yang Bikin Rambut Jadi Hitam Berkilau

Punya rambut berkilau bukan sekadar mimpi

Syarifah Noer Aulia

Buat sebagian besar perempuan, memiliki rambut hitam alami dan berkilau tentu mengkin jadi impian. Terlebih lagi di zaman modern seperti saat ini, tak sedikit perempuan yang memilih menggunakan cara instan dengan menggunakan cat rambut yang mengandung bahan kimia. Hal ini bisa membuat rambut mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, untuk mendapatkan rambut hitam secara alami, kamu bisa menggunakan sederet bahan-bahan yang ada di rumah tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa kamu pilih.

1. Bawang merah

pixabay.com/costanzimarco

Bumbu masakan yang satu ini mengandung antioksidan tinggi dan banyak vitamin yang mampu melindungi keratin rambut. Diantaranya vitamin A, C, E dan sulfur. Dua siung bawang merah yang telah dihaluskan bisa langsung dioleskan ke kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 10 menit kemudian keramas hingga bersih. Demi mendapatkan hasil yang maksimal lakukan 1 kali dalam seminggu ya.

2. Mangga

Pexels.com

Nggak cuma enak dibuat jus, mangga juga berperan penting untuk mejadikan rambut hitam dan berkilau lho. Kandungan vitamin A pada mangga mampu mengembalikan kilau alami rambut. Caranya mudah banget, kamu bisa mengambil dua lembar daun mangga dan satu buah mangga. Tumbuk keduanya sampai halus hingga bertekstur seperti pasta. Gunakan pasta mangga tersebut sebagai masker rambut. Setelah itu bilas hingga bersih.

3. Minyak zaitun

Pexels.com

Sejak zaman dahulu, minyak zaitun dikenal sebagai bahan alami yang mampu menghitamkan dan melebatkan rambut. Pertama haluskan 5-6 butir zaitun di wajan. Lalu peras hingga minyaknya keluar. Minyak zaitun tersebut bisa kamu baluri ke rambut. Sesekali berilah pijatan pada kulit kepala, agar minyak bisa meresap lebih cepat.

4. Minyak kelapa dengan campuran lemon

Freepik.com

Kombinasi minyak kelapa dan lemon ternyata bisa menjadi paduan yang bisa menghitamkan rambut. Kandungan asam laurat dari kelapa bercampur dengan kandungan asam lemon memberikan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan rambut. 

Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus repot. Panaskan minyak kelapa pada wajan dengan api kecil, kemudian masukan perasan lemon, aduk hingga rata. Setelah dingin oleskan pada pangkal hingga ujung rambut.

5. Lidah buaya

Freepik.com

Khasiat lidah buaya untuk rambut memang telah dipercaya secara turun-temurun. Kandungan vitamin, mineral dan zat-zat lainnya mampu memperbaiki pertumbuhan rambut. Ambil satu lidah buaya, kupas kulitnya. 

Gunakan daging lidah buaya yang memiliki tekstur lembek dan berlendir. Setelah itu, oleskan lendir lidah buaya ke seluruh bagian rambut selama satu jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Kopi hitam

Pexels.com

Minuman yang tengah populer di kalangan milenial ini rupanya tak hanya mampu mengembalikan mood. Kopi juga menyimpan banyak khasiat untuk pertumbuhan rambut lho. Kandungan kafein pada kopi dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih kuat dan berkilau. Caranya gampang banget, buatlah secangkir kopi hitam dingin kemudian oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama 30 menit dan kamu akan mendapatkan hasil yang memukau.

Itulah cara mudah untuk mendapatkan rambut sehat, hitam dan berkilau. Tak perlu capek menghabiskan waktu berjam-jam di salon, kalau ternyata di rumah saja juga bisa dapatkan hasil yang memukau. 

IDN Media Channels

Latest from Hair