Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Model Rambut untuk Kebaya Tanpa Sanggul, Tetap Anggun!

Bisa untuk rambut pendek

Nafi' Khoiriyah

Kebaya memang sudah menjadi pakaian adat yang hampir selalu dikenakan di acara spesial. Mulai dari acara pernikahan sampai wisuda, hampir semua orang memilih untuk mengenakan pakaian tersebut. 

Saat memakai kebaya, bukan hanya model pakaiannya saja yang harus diperhatikan. Riasan dan style rambut yang kamu pakai pun harus selaras dengan kebaya yang kamu kenakan. 

Pada dasarnya, sanggul memang model rambut yang paling cocok untuk baju kebaya. Namun, memakai sanggul cukup rumit dan tidak semua orang bisa memakainya.

Nah, di bawah ini adalah alternatif model rambut untuk kebaya tanpa sanggul yang bisa kamu jadikan referensi. 

1. Fishtail Braid

johnfrieda.com

Model rambut untuk kebaya tanpa sanggul yang pertama adalah fishtail braid. Gaya ini akan cocok untuk kamu yang punya rambut panjang karena akan tampak begitu menawan.

Tidak terlalu rumit, kamu hanya perlu membagi rambut menjadi dua bagian lalu silangkan secara diagonal. Jika sudah selesai, polanya yang seperti fishtail tersebut akan membuatmu tampak lebih anggun dengan kebaya yang kamu pakai. 

2. Soft Curls with a Twist

latest-hairstyles.com

Nggak melulu harus dikuncir, rambutmu bisa digerai saat memakai kebaya dengan model soft curls with a twist. Meskipun bisa dipakai untuk acara santai, tetapi modelnya tetap cocok dipadukan dengan kebaya yang lebih formal. 

Caranya, rapikan rambut ikalmu lalu ambil bagian pinggir rambut untuk diuntai menyambung dengan pinggir rambut sisi lainnya. Setelah selesai, tampilan rambutmu akan kelihatan lebih lebat dan bergelombang. 

3. Ballerina Bun

johnfrieda.com

Memakai sanggul bagi kebanyakan orang mungkin terasa berat dan menyakitkan karena ukurannya yang tergolong besar. Nah, kamu bisa menggantinya dengan gaya rambut ballerina bun ini. 

Gaya tersebut akan cocok dipasangkan dengan kebaya karena kesannya yang clean dan rapi. Caranya, cukup kumpulkan rambut menjadi kuncir kuda, lalu putar dan lilitkan di sekitar pangkalnya membentuk sanggul. 

4. Half Up Twist Knot

southernliving.com

Memiliki rambut yang ikal biasanya akan sulit untuk merapikannya. Maka dari itu, kamu bisa memakai gaya half up twist knot untuk menjaganya tetap rapi. 

Gaya tersebut hanya mengambil bagian atas rambut lalu mengikatnya di kepala belakang kepala. Lalu, rambut yang tersisa dibiarkan tergerai dengan teksturnya yang bergelombang. 

5. French Twist

johnfrieda.com

Model rambut untuk kebaya tanpa sanggul selanjutnya menggunakan french twist. Seperti namanya, gaya ini memang populer pada tahun 60-an di Prancis, tetapi juga cocok sebagai padanan kebaya. 

Cara membuat gaya rambut ini adalah dengan mengumpulkan rambut di bagian tengkuk, lalu putar ke atas dan jepit menggunakan jepitan rambut. 

6. Bubble Ponytail

myglamm.com

Baju kebaya biasanya memang sudah didesain mewah dan ramai dengan hiasan payet. Supaya pesona itu tidak tertutupi dengan rambutmu, maka gunakan saja model bubble ponytail. 

Seperti yang kamu lihat, gaya ini dengan mudah bisa kamu ikuti dengan cara memodifikasi gaya kunciran biasa dengan beberapa ikat rambut kecil. Hasilnya, jarak antara ikatan rambut itu akan membentuk gelembung yang lucu. 

7. Curly Updo

johnfrieda.com

Model rambut untuk kebaya tanpa sanggul yang selanjutnya akan cocok untuk pemilik rambut keriting. Dengan volume dan tekstur rambut keriting, hasilnya akan tampak begitu menawan. 

Caranya, kumpulkan rambut sedikit di atas kepala, lalu sisakan beberapa helai untuk membingkai wajah. Setelah itu, putar dan kumpulkan rambut, lalu kencangkan dengan penjepit rambut sampai rapi. 

8. Top Knot with Face Framing Pieces

southernliving.com

Top knot with face framing pieces juga jadi pilihan yang simpel tapi menarik untuk padanan kebaya. Gaya rambut ini bisa kamu buat dengan mengumpulkan rambut di atas kepala, lalu ikat dengan kuncir rambut. 

Namun, jangan lupa sisakan rambut di bagian pinggiran wajah supaya tampak lebih tirus dan menawan, ya!

9. Wrapped Curly Ponytail

southernliving.com

Terakhir, ini adalah model rambut untuk kebaya tanpa sanggul yang paling mudah kamu ikuti, yaitu wrapped curly ponytail. Wrapped curly ponytail merupakan gaya kuncir kuda dengan detail ikal yang indah.

Kamu tinggal mengumpulkan rambut di belakang kepala, menguncirnya, lalu memberikan efek curly hair yang memesona. 

Macam-macam model rambut untuk kebaya tanpa sanggul di atas akan tetap membuat penampilanmu anggun di hari spesialmu. Jadi, kamu nggak perlu kebingungan mencari sanggul karena banyak alternatif model rambut lain yang bisa dicoba, ya!

IDN Media Channels

Latest from Hair