Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Ketakutan Terbesar yang Kamu Miliki Berdasarkan Zodiak

Ternyata ini penyebabnya!

Fikriah Nurjannah

Setiap orang memiliki ketakutan tersendiri dalam diri mereka masing-masing. Hal ini merupakan sesuatu yang natural dalam diri manusia. Sebagian orang mampu mengetahui ketakutan itu, namun sebagian lainnya tidak dapat menyadari apa yang sebenarnya menjadi ketakutan dalam hidupnya.

Selain itu, ketakutan ini juga dapat berdampak pada kehidupan sosial maupun secara pribadi untuk dirinya sendiri. Kamu bisa mengetahui ketakutan terbesar yang dimiliki oleh seseorang berdasarkan zodiak yang dimilikinya. Lalu, apa sajakah ketakutan terbesar tersebut? Simak deretan penjelasannya berikut ini.

1. Aries

pexels.com/liza-summer

Aries merupakan zodiak yang suka untuk menjadi seorang alpha. Meski begitu, Aries memiliki ketakutan terbesar dalam dirinya, yakni ia takut untuk salah atau diberitahu mengenai apa yang harus dilakukan, jika sesuatu yang ia katakan tidak benar atau tidak konsisten dengan apa yang Ia ketahui sebagai sesuatu yang benar. Aries merupakan zodiak dengan pribadi yang sangat jelas dan ringkas.

Seperti seorang pemimpin, jika Aries dibuat untuk menebak-nebak sendiri suatu hal atau gagasan, maka rasa percaya diri dan kekuatannya bisa berantakan. Aries perlu memahami bahwa tidak ada yang benar 100 persen setiap saat. Ia harus membuat penyesuaian dalam diri sendiri bahwa ketakutan yang dimilikinya akan menjadi hadiah jika ia dapat menggunakannya untuk belajar bahwa menjadi benar tidak selalu yang paling penting.

2. Taurus

pexels.com/karolina-grabowska

Taurus diketahui sangat mahir dalam menangani keuangan, sehingga jika sesuatu yang tidak terduga menimpanya, seperti kehilangan pekerjaan, maka hal ini akan membuatnya gelisah. Ketakutan terbesar yang dimiliki Taurus adalah ia takut akan kemiskinan atau ketidakmampuan untuk mengejar tujuan dan impian dalam hidupnya.

Bagi seorang Taurus, impian tentang apa yang diharapkannya merupakan hal yang sangat penting untuk kebahagiaan dirinya. Ia harus percaya bahwa mimpi bisa menjadi kenyataan, tidak peduli berapa usianya untuk mencapai impian tersebut.

Taurus lebih suka berjalan pada situasi dan kondisi yang stabil. Ini karena mungkin Taurus terlalu takut untuk mengambil risiko dalam mencapai impian atau kesuksesan finansial yang lebih besar. Jika Taurus belajar untuk mempercayai intuisinya, ketakutan ini tidak akan terlalu melemahkan dirinya.

3. Gemini

pexels.com/mart-production-

Hal terburuk bagi seorang Gemini adalah terjebak dalam rutinitas yang monoton. Jika hidupnya melambat, Gemini akan mulai merasa terjebak. Ketakutan terbesar yang dimiliki Gemini ialah keheningan dan stagnasi. Ia merupakan zodiak yang suka bergerak, terus belajar dan berkembang, serta berprestasi. Saat seorang Gemini terjebak dalam keheningan hidupnya, ia mulai merasa gelisah, putus asa, dan merasa seperti melakukan suatu hal yang salah.

Namun, hal itu hanyalah sebuah fakta bahwa Gemini harus belajar menerima sesuatu yang terjadi dalam hidupnya. Ia juga perlu mengetahui bahwa hidup tidak selamanya berada di jalur cepat. Gemini dapat mengubah ketakutan yang dimilikinya menjadi kekuatan, saat ia dapat merefleksikan dirinya. Selain itu, ia harus menyadari bahwa masa stagnasi tersebut sebenarnya merupakan jalan yang mengarah pada pertumbuhan diri yang lebih dalam dan lebih bermakna untuk masa depan.

4. Cancer

pexels.com/engin-akyurt

Ketakutan terburuk yang dimiliki Cancer ialah ia takut sendirian. Bagi seorang Cancer, persahabatan, cinta, pernikahan, dan keluarga adalah hal yang sakral di atas segala hal. Ini membuatnya khawatir akan kemungkinan dirinya berakhir tanpa koneksi dan hubungan tersebut. Menurut Cancer, pemikiran mengenai tidak berhasilnya hubungan pribadi maupun tidak memiliki koneksi yang erat, tidak bisa diterimanya.

Memang tidak ada yang salah dengan memiliki banyak teman dan keluarga yang mencintai dirimu, tetapi Cancer perlu mengingat bahwa ia harus meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. Satu-satunya cara untuk mengatasi ketakutannya tersebut adalah dengan belajar bahwa Cancer tidak sendirian dan tidak kehabisan cinta dari orang terdekatnya, meski ia tidak berada di dekat mereka. Ia juga perlu memahami bahwa ketakutan tersebut hanya datang dari dalam dirinya.

5. Leo

Pexels.com/Karolina Grabowska

Leo dikenal sebagai zodiak yang menyukai pujian dan perhatian. Saat Leo tidak mendapatkan hal tersebut, Ia akan merasa terkejut. Ketakutan terbesar yang dimilikinya adalah saat Ia memiliki kinerja yang buruk dan mengecewakan orang lain, termasuk dirinya sendiri. Tingkat kepercayaan diri dan identitas pribadi yang dimilikinya cenderung berada sepenuhnya di luar dirinya sendiri. Ini membuat Leo menganggap bahwa pendapat orang lain sebagai pendapat pribadinya. 

Meski begitu, ketakutannya ini bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi dirinya. Jika Leo mengenali bahwa apa yang diketahui atau dilakukannya tidak membutuhkan orang lain untuk memvalidasi hal tersebut, maka Leo akan dapat tumbuh berkembang. Leo juga perlu mengetahui bahwa kekuatannya tumbuh memancar dari dalam dirinya.

6. Virgo

pexels.com/alex-green

Virgo merupakan zodik yang perfeksionis dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk hubungan dan pekerjaannya. Virgo akan merasa buruk apabila dirinya merasa telah gagal atau tidak melakukan suatu hal dengan cukup baik. Karena itulah, muncul ketakutan terbesar muncul dalam dirinya, yakni takut tidak dibutuhkan atau tidak mampu melayani dalam kapasitas tertentu yang merupakan hal penting bagi keberhasilan orang lain.

Virgo merasa bahwa ia mendapatkan harga diri dari tindakan melayani atau mengabdi kepada orang lain. Jika Ia tidak memenuhi harapan dirinya sendiri, ia dapat dengan mudah menyerah, menjadi cemas, dan depresi.

Virgo mendefinisikan dirinya berdasarkan apa yang telah dicapai, tetapi pemikiran itu tidaklah selalu sehat. Ketakutan Virgo akan menjadi sebuah berkah bila ia dapat melihat bahwa menjadi diri sendiri lebih penting daripada harus melakukan apa yang ada dalam hidup. Hal ini dapat membebaskan Virgo untuk lebih fokus pada pengembangan dirinya secara psikologis daripada pencapaian yang bersifat eksternal.

7. Libra

pexels.com/liza-summer

Libra merupakan sosok zodiak yang sangat santai yang tumbuh dengan baik di dalam kehidupan sosialnya serta selalu berusaha menuju keseimbangan. Apa pun yang mengancam kehidupan Libra pasti menimbulkan ketakutan dalam dirinya. Namun, ketakutan terbesar dalam dirinya adalah dihadapkan pada perubahan yang ekstrem.

Saat Libra terkadang melepaskan kebutuhannya untuk mendamaikan semua energi di sekitarnya, ia akan berusaha melakukan berbagai hal yang lebih baik dalam hidupnya. Saat dirinya terombang-ambing dalam pasang surut kehidupan, ini sering kali menjadi pengalaman belajar tersendiri baginya. Karena semuanya terus berubah, Libra harus menerima kenyataan bahwa ia tidak akan selalu dalam keadaan damai dan nyaman. Namun, Libra dapat mengambil tindakan maupun sikap yang mampu menciptakan stabilitas dalam hidupnya.

8. Scorpio

pexels.com/kat-smith-736843

Ketakutan terbesar yang dimiliki Scorpio ialah takut terungkap sepenuhnya mengenai siapa dirinya. Hal ini karena di dalam diri Scorpio ada kegelapan tertentu yang bahkan menguasai mereka. Scorpio diketahui merupakan zodiak paling misterius karena mereka tidak takut menjelajahi gelapnya jiwa yang dimilikinya maupun orang lain. Scorpio memiliki rentang emosi yang luas, ia tidak suka berbagi pemikiran mendalamnya dengan orang lain karena takut dianggap aneh atau menyedihkan.

Sering kali, Scorpio percaya bahwa tidak ada orang yang akan benar-benar memahami dirinya, sehingga ini membuatnya menutup diri dari orang lain. Namun, Scorpio perlu mengetahui bahwa hidup tidak sempurna untuk siapa pun. Scorpio akan dapat tumbuh dengan pesat sebagai pribadi sejati, saat ia mengetahui bahwa dirinya bisa terkait atau berhubungan dengan pengalaman orang lain.

9. Sagitarius

pexels.com/mart-production

Sebagai seorang pemberontak sejati, Sagitarius benci dibungkam dan dikendalikan. Ia tidak suka mengikuti aturan orang lain atau merasa ada yang menghalangi jalannya. Sagitarius memiliki ketakutan terbesar bahwa mimpi dan cita-citanya tidak akan menjadi kenyataan karena seseorang atau sesuatu yang menentang dirinya.

Menurutnya, hal terburuk yang bisa terjadi pada Sagitarius adalah hilangnya kebebasan yang sangat ia senangi. Salah satu hal yang baik bagi seorang Sagitarius ialah meluangkan waktu untuk menghargai kehidupan yang dimilikinya.

10. Capricorn

pexels.com/andrea-piacquadio

Capricorn memiliki ketakutan terbesar akan kurangnya pencapaian atau kesuksesan, karena tujuan hidupnya sering dikaitkan dengan kemajuan profesionalnya. Capricorn tidak ingin hanya menjadi seorang penggerak, ia juga ingin menjalankannya.

Rasa takut yang dimiliki oleh Capricorn akan ketidakberhasilan dalam dirinya dapat mencegahnya dari langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai apa yang diinginkan. Jika suatu pencapaian tidak didapatkannya, ia akan merasa dunianya runtuh. Oleh karenanya, Capricorn perlu belajar bahwa makna dan nilai dalam dirinya tidak hanya didasarkan pada kinerja yang dihasilkannya.

11. Aquarius

pexels.com/eric-torres

Ketakutan terbesar yang dimiliki seorang Aquarius dalam hidup bukanlah menjadi semacam revolusioner. Aquarius ingin menonjol dan dikenal karena individualitasnya. Ia ingin membuat perubahan. Aquarius memiliki ketakutan terbesar bahwa dirinya mungkin akan menjadi seperti orang lain dan tidak membuat perbedaan.

Meski begitu, ketakutan ini akan menjadi hal yang baik baginya saat Aquarius mengetahui bahwa dirinya sudah berbeda. Ia tidak harus selalu mengerjakan segala hal untuk memberikan perbedaan. Nah, perbedaan dalam diri Aquarius adalah sebuah hal yang alami dan ekspresi kreativitas pribadi dari dirinya sendiri.

12. Pisces

pexels.com/karolina-grabowska-

Pisces merupakan zodiak dengan pribadi idealis terbesar. Kenyataan yang dihadapi dalam hidupnya sendiri bisa menjadi sesuatu yang ia takuti. Tanggung jawab hidup sangat membebani Pisces. Ia juga memiliki ketakutan terbesar akan ide dan kreativitas yang dimilikinya ditekan. Pisces juga takut tidak dicintai atau dipahami di dunia yang menurutnya sering terlihat dingin dan penuh perhitungan. 

Pisces mungkin menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghindari orang-orang yang tidak menyukainya dan orang-orang  yang mengeluarkan energi negatif. Namun, hal ini tidak membuat seorang Pisces menyerah pada hal-hal negatif dan ketakutan, itu justru membuat dirinya bereaksi untuk mengatasinya. Pisces akan menjadi orang yang mencerahkan pandangan orang lain tentang kehidupan dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih menyenangkan.

IDN Media Channels

Latest from Zodiac