Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Kepribadian ENFP, Sosok Ekstrovert yang Imajinatif

Ramah dan enerjik

Nafi' Khoiriyah

Menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), setiap orang memiliki salah satu dari 16 kepribadian. Salah satunya adalah kepribadian ENFP yang merupakan singkatan dari extroverted, intuitive, feeling, dan perceiving. 

ENFP kepribadian kebanyakan dimiliki perempuan daripada laki-laki. Mereka dikenal spontan, kreatif, menarik, dan juga energik. Seorang ENFP juga suka mencoba hal baru. 

Untuk memahami seseorang dengan tipe ENFP,  simak 8 kepribadian mereka berikut ini ya, Bela!

1. Antusias dan penuh gairah

pexels.com/Ketut Subiyanto

Pertama, ENFP kepribadian yang memiliki antusiasme tinggi dalam berbagai hal. Mulai dari melakukan pekerjaan baru sampai bertemu dengan orang baru. Pada intinya, mereka bisa memancarkan energi positif kepada orang lain. 

Namun setelah itu, seorang ENFP akan berjuang untuk konsisten dengan rasa bosan yang menghampiri mereka. Tak jarang, pribadi ini meninggalkan hal-hal yang belum selesai. Itulah yang menjadi salah satu kelemahan dari seorang ENFP.

2. Punya spontanitas yang tinggi

unsplash.com/Alex Alvarez

Tipe kepribadian ini juga menikmati perbedaan dan memiliki sikap spontan, mereka mudah mengikuti arus, tetapi kesulitan untuk berada di jalurnya. Tak heran, sebab seorang ENFP suka dengan ide dan pengalaman baru. 

Sayangnya, dengan kepribadian tersebut, mereka kemudian menghindari hal-hal yang praktis dan membosankan. Misalnya, pekerjaan rumah atau merapikan dokumen. Hal itulah yang sering membuat kehidupan seorang ENFP menjadi berantakan. 

3. Seorang pemikir yang kreatif

pexels.com/Anastasia Shuraeva

Berkaitan dengan pemikirannya, ENFP kepribadian suka berpikir kreatif. Meskipun tidak selalu menangkap detail yang penting, tetapi mereka bisa berpikir abstrak dan punya kapasitas untuk berkreasi. 

Hal itu membuat seorang ENFP mudah melihat hal-hal tersembunyi yang tidak terpikirkan orang lain. Namun dengan kreativitasnya, mereka sering merasa kesulitan untuk mempertahankan fokus dalam jangka panjang. 

4. Karismatik dan menginspirasi

pexel.com/vlada-karpovich

Salah satu daya tarik kepribadian ENFP yang tak banyak dimiliki oleh tipe kepribadian lainnya adalah karismatik. Mereka secara alami bisa menginspirasi dan memotivasi orang untuk berada di sekitarnya. 

Dalam kehidupan pribadi maupun profesional, ENFP menjadi motivator alami. Namun, tak jarang mereka justu sering menjadi people pleaser dan tidak memahami kebutuhan hidup mereka sendiri. 

5. Mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi

freepik.com/ ijeab

Dengan semua karakteristik ENFP yang sudah dimiliki sebelumnya, ciri yang sangat tampak dari ENFP adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi. Entah itu dengan suasana baru maupun dengan orang yang baru. 

Namun, sebagian besar ENFP sering merasa tidak nyaman dengan kemungkinan tidak disukai orang lain. Untuk menjaga pertemanan, mereka mungkin akan berkompromi pada hal-hal penting atau justru membiarkan orang lain memperlakukan mereka dengan buruk. 

6. Komunikator yang baik

freepik.com/ lookstudio

Tidak semua orang memiliki kepribadian satu ini. Namun, ENFP kepribadian yang memiliki keahlian komunikasi yang unggul. Mereka penuh dengan hal-hal yang ingin dikatakan, tetapi sekaligus bisa menjadi pendengar yang baik. 

Hal itu membuat seorang ENFP memiliki kemampuan tak tertandingi untuk membangun percakapan yang positif dan menyenangkan. Bahkan dengan mereka yang tidak terlalu ramah dan menyenangkan sekalipun. 

7. Memiliki optimisme tinggi

Freepik.com/lifeforstock

Optimis juga menjadi kekuatan dari pemilik kepribadian ENFP. Namun, pandangan mereka bisa membuatnya mudah mengambil keputusan yang naif. Hal itu juga mempersulit mereka untuk membagikan kebenaran pada orang lain. 

Daripada berbicara tentang kenyataann yang pahit, ENFP lebih suka menjelajahi kemungkinan dan imajinasi mereka sendiri. Sebab, mereka mementingkan kebebasan dan ekspresi sesuai dengan inspirasi mereka.

8. Inklusif dan menghargai keberagaman

pexels.com/andrea-piacquadio

Dari semua tipe, ENFP kepribadian yang paling tidak menghakimi dan paling inklusif. Mereka mengedepankan keragaman dan multikulturalisme karena melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. 

Perasaan mereka pun bisa memunculkan empati dan hormat terhadap individualitas. Tak heran jika seorang ENFP kebanyakan suka dengan kegiatan seni dan budaya. Mereka juga tertarik dengan segala usaha kreatif, seperti musik, drama, dan fotografi. 

Dari uraian di atas, bisa diketahui kalau ENFP kepribadian yang sering berkreasi dan berinovasi. Mereka adalah tipe orang yang fokus pada masa depan sehingga banyak memiliki ide-ide baru. Apakah kamu salah satunya, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Single