Ada yang bilang jika kamu mencintai biasa saja, kamu akan kehilangannya dengan cepat. Namun jika kamu mencintainya begitu dalam, itupun nggak baik untuk hubunganmu dengan pasangan. Apakah benar? Tentu saja, skema kasih seperti ini nggak berlaku untuk semua orang, semua kepribadian. Namun, menunjukkan sisi kelemahanmu pada orang yang kamu cintai dapat membangun hubungan keintiman yang lebih dalam.

Mencintai begitu dalam artinya ketika memutuskan untuk serius dengan seseorang, kamu memberikan segenap usahamu untuk membangun pondasi yang kuat dalam hubungan. Kamu memiliki keinginan yang besar untuk menyelesaikan tiap masalah yang menderu hubungan kalian. Bahkan jika ditinggalkan, kamu akan susah melepaskan orang terkasih karena telah mencurahkan segalanya dalam hubungan. Jadi, apa kamu tipe seseorang yang mencintai dengan sepenuh hati? Faktanya, melansir dari Elite Daily, ada 4 tipe kepribadian yang mencintai dengan sangat mendalam. Siapa saja?

1. INFJ/Advocate

Butuh Cinta, 4 Tipe Kepribadian Ini Mencintai Sepenuh HatiPexels.com/Bruce Mars

Dalam hatinya terdalam, seorang INFJ mencari separuh jiwanya. Jadi, ia hanya tertarik membangun hubungan yang bertahan lama dan menunjukkan kesempatan adanya jalinan hati yang lebih bermakna. Namun, tipe kepribadian INFJ nggak akan jatuh cinta dengan mudah. Butuh waktu baginya untuk memercayai seseorang hingga ia mau membuka dirinya. Ketika sudah percaya, ia akan berubah menjadi sosok yang setia dan memberikan sepenuhnya untuk hubungannya. Karena itu, sulit bagi INFJ untuk move on ketika hubungan itu kandas di tengah jalan.

Selain itu, INFJ terlahir dengan sifat yang senang memberi. Ia nggak akan berhenti untuk memastikan pasangannya merasa dihargai, dicintai, dan diperhatikan olehnya.

2. ENFP/Campaigner

Butuh Cinta, 4 Tipe Kepribadian Ini Mencintai Sepenuh HatiPexels.com/Eduardo Dutra

Berbeda dengan INFJ, tipe kepribadian ENFP nggak akan ragu untuk langsung memulai hubungan. Kenyataannya, beberapa orang meyakini kalau ENFP jatuh cinta terlalu cepat. Namun, itu hanyalah salah satu tanda betapa penuh kejutannya tipe ENFP ini dalam mencinta. Dan, nggak ada yang salah dengan hal itu. Hanya, ia harus berkencan dengan seseorang yang dapat menyamai tingkat entusiasme dan intensitasnya.

Tipe ENFP juga melakukan pendekatan dengan penuh gairah, termasuk dalam berkencan. Jadi, bisa dibilang kalau menjalin hubungan dengan kepribadian ENFP pasti akan penuh dengan gairah dan semangat!

3. ENFJ/Protagonist

Butuh Cinta, 4 Tipe Kepribadian Ini Mencintai Sepenuh HatiPexels.com/UniQue PhotoGraphy By Sonam Singh

Tipe ENFJ berinvestasi penuh dalam hubungannya. Sebagai perasa ekstrovert, ia bersemangat mencari tahu kebutuhan pasangannya dengan membaca petunjuk perasaannya, dan menyediakannya sebisa mungkin.

Kepribadian ENFJ juga dikenal mencari kebaikan dalam diri orang lain, dan mampu memberikan kasih sayang yang besar. Artinya, meski pasangannya mengalami kesusahan atau kegagalan, cintanya nggak akan goyah dan akan tetap menerima apapun yang terjadi. Ekspresif, penuh perhatian, dan selalu mendukung, ENFJ mencintai sepenuh hati karena hanya itu satu-satunya cara mencinta yang ia tahu.

4. ESFJ/Consul

Butuh Cinta, 4 Tipe Kepribadian Ini Mencintai Sepenuh HatiPexels.com/Jonathan Borba

Jika ada satu kata yang dapat menggambarkan kekuatan asmara ESFJ yang akurat, itu adalah dedikasi. Tipe kepribadian ini akan melakukan apapun untuk pasangannya, dan ia cenderung cocok dengan kepribadian lain yang senang memberi. Selama tipe kepribadian ESFJ merasa tindakanya dihargai oleh pasangannya, ia akan mencintainya dengan sepenuh hati.

Satu hal yang perlu diketahui dari tipe ESFJ, ia benar-benar kepribadian ekstrovert yang mau memamerkan cintanya pada khalayak umum. Jadi ketika ESFJ sudah jatuh cinta, ia akan mengungkapkannya pada dunia.

Itulah 4 tipe kepribadian yang dikenal mencintai sepenuh hati, sangat mendalam. Apa kepribadian kamu termasuk di antara 4 tipe yang disebutkan di atas?

Baca Juga: 5 Kepribadian MBTI yang Paling Tulus Menyayangimu