Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Cara Melupakan Seseorang dengan Cepat, Dijamin Ampuh!

Yang berusaha move on, baca sampai habis ya

Astri Amalia

Melupakan seseorang yang pernah dicintai mungkin cukup sulit bagi sebagian besar orang. Bayangkan saja, jika sosoknya dulu selalu berada di sisimu, sekarang dia hanyalah kenangan di masa lalu.

Akan tetapi, hidup mau tidak mau harus terus berjalan, maka dari itu penting untuk kita move on dari bayang-bayang mantan kekasih.

Buat kamu yang saat ini ingin segera melupakan seseorang di masa lalu, berikut Popbela rangkum 15 cara melupakan seseorang dengan cepat. Simak artikelnya sampai selesai ya, Bela!

1. Proses perasaanmu terlebih dahulu

pexels.com/Karyme França

Cara melupakan seseorang dengan cepat yang pertama adalah dengan memproses perasaan terlebih dahulu. Meski memproses perasaan banyak orang hindari, tetapi ini merupakan bagian terpenting untuk melupakan seseorang dengan cepat.

Beri ruang untuk kesedihan, kekecewaan, bahkan kemarahanmu padanya.Kamu bisa mulai menuangkan perasaanmu ke dalam jurnal, berlatih meditasi, hingga meminta bantuan terapis profesional.

2. Jangan ragu untuk meminta bantuan keluarga atau teman

Pexels/Liza Summer

Perpisahan tentu sesuatu yang tidak seseorang harapkan.Tak jarang, perpisahan dengan orang terkasih menjadi momen yang sulit untuk dihadapi seseorang sendirian. Untuk itu, jangan ragu untuk meminta bantuan pada orang terdekatmu. 

Kamu bisa curhat dan meluapkan perasaan pada mereka. Dukungan mereka dapat menjadi penolong untuk kamu bisa melupakan sang mantan. Perlahan perasaanmu akan lebih ringan dan lega.

3. Putuskan kontak dengannya

pexels.com/Anete Lusina

Kamu nggak akan bisa melupakan seseorang yang masih kamu temui atau ajak bicara. Maka dari itu, memutuskan kontak merupakan cara cepat lainnya untuk melupakan seseorang yang pernah kamu cintai.

Mulailah meng-unfollow semua akun media sosialnya, menghapus nomor teleponnya, atau sepakat untuk nggak bertemu atau berteman dengannya. Hal ini juga dapat memberimu kesempatan untuk menyembuhkan diri dan akhirnya mampu melupakannya.

4. Belajar memfokuskan diri ke hal lain

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Terkadang kita kesulitan untuk melupakan seseorang karena kerap kali memfokuskan pikiran padanya. Padahal, kita bisa belajar untuk melatih fokus ke hal lainnya. Misalkan dengan berjalan-jalan, mendengarkan musik, hingga bertemu teman-teman.

Jadi, kalau kamu benar-benar mencari cara melupakan seseorang, cobalah berlatih fokus kepada hal-hal yang membuatmu bahagia dan tentu saja produktif.

5. Mulai hobi baru

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sebaiknya kamu jadikan perpisahan sebagai kesempatan dalam hidup untuk mencari sesuatu yang baru. Misalnya memulai hobi baru. Cobalah untuk mencari hobi baru yang belum sempat kamu lakukan. Kegiatan tersebut bisa menjadi kegiatan positif yang membantu proses melupakan dia. 

Jika kamu mempunyai hobi yang sudah lama tidak dilakukan, kamu bisa memulai kembali hobi tersebut. Menyibukkan diri dengan hal positif akan memberikan energi yang positif juga bagi hidupmu.

6. Tingkatkan rasa cinta ke diri sendiri

pexels.com/Pavel Danilyuk

Saat kamu berusaha keras menemukan cara melupakan seseorang yang pernah dicintai, bisa saja membuatmu cukup frustrasi. Untuk itu, kamu perlu mengiringi proses tersebut dengan belajar meningkatkan cinta kepada diri sendiri.

Selalu kirimkan ucapan penuh kasih seperti, "kamu sudah memproses perasaanmu dengan baik", "tidak apa-apa jika kamu masih merasa marah padanya", dan lain sebagainya.

7. Olahraga

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat membantu kita merasa bahagia, Bela. Ini disebabkan oleh dopamin alias hormon bahagia yang dilepaskan oleh tubuh saat kita berolahraga, sehingga membuat suasana hati membaik.

Maka dari itu, cara melupakan seseorang dengan cepat selanjutnya adalah dengan berolahraga dengan rutin. Di samping dapat membantumu melupakan mantan, kamu juga dapat bonus tubuh yang sehat dan bugar.

8. Mulailah belajar memaafkan

pexels.com/cottonbro studio

Cara lainnya ialah dengan belajar memaafkan. Yup, bukan berarti kamu harus memaksa dirimu untuk memaafkannya saat ini juga, ya, tetapi kamu bisa berlatih sedikit demi sedikit. Percaya atau tidak, memaafkan adalah hal paling manjur agar kamu bisa melupakan seseorang dengan cepat.

9. Singkirkan barang-barang pemberiannya

pexels.com/Pixabay

Mungkin sulit untuk melepaskan hal-hal yang mengingatkanmu pada seseorang yang pernah kamu cintai, seperti foto, barang pemberian, surat, dan lain sebagainya.

Kalau kamu mau cepat melupakan mantan kekasihmu, ini adalah cara melupakan seseorang terbaik yang bisa kamu ambil. Karena kamu nggak akan bisa melupakannya, jika hal yang mengingatkanmu padanya masih ada di sekelilingmu.

10. Lakukan detox media sosial

pexels.com/Tracy Le Blanc

Memutuskan untuk nggak menggunakan media sosial sementara waktu bisa jadi cara melupakan seseorang selanjutnya untuk melupakan seseorang yang pernah mengisi hatimu di masa lalu.

Bayangkan kalau kamu nggak sengaja melihatnya berseliweran di linimasa. Besar kemungkinan kamu malah semakin sulit menghapusnya dari kehidupanmu.

11. Fokuslah pada pengembangan dirimu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu ingin berhenti memikirkan seseorang, cobalah dengan mengalihkan pikiranmu ke pengembangan diri sendiri, entah itu pendidikan, karier, atau tujuan dan impian apa pun yang kamu miliki. Jangan lupa juga untuk belajar hal-hal baru untuk meningkatkan kemampuanmu.

Pada intinya, apa pun fokusmu, pastikan itu adalah hal positif yang dapat membantumu untuk terus berkembang. Saat kamu sibuk mengembangkan diri, seiring waktu kamu bakal menyadari kalau dia sudah bukan fokus utamamu lagi.

12. Yakinlah bahwa kamu mampu melupakannya

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara melupakan seseorang dengan cepat selanjutnya adalah dengan meyakinkan diri sendiri bahwa kamu mampu melupakannya. Kalau kamu nggak menerapkan keyakinan dalam diri bisa menghapusnya dari hidupmu, bagaimana kamu bisa melupakannya?

13. Percayalah akan ada akhir yang bahagia

pexels.com/miguel-arcanjo-saddi

Setelah kamu yakin bisa melupakannya, kamu bisa memulai awal yang baru. Sebagai langkah pertama, kamu bisa menegaskan kembali perasaanmu. Buktikan bahwa kamu sudah benar-benar siap untuk melupakannya. 

Tanamkan bahwa ada akhir bahagia yang akan mendatangimu. Meskipun kamu menghadapi perpisahan, percayalah kamu akan kebahagiaan akan menghampiri di masa depan.

14. Sambut orang-orang baru

Pexels.com/Helena Lopes

Jika kamu sudah siap, cobalah untuk menyambut orang-orang baru. Mulailah bersosialisasi dengan orang baru yang bisa ditemui. Jangan ragu untuk pergi ke perkumpulan sosial yang memiliki minat dan hobi yang sama. 

Siapa tahu kamu mungkin bisa mendapatkan teman dari sana, lho. Tidak ada salahnya untuk memulai dengan percakapan sederhana dan bangun relasi dengan orang sekitar.

15. Mulai cinta yang baru

pexels.com/Katerina Holmes

Cara melupakan seseorang yang terakhir adalah mencoba untuk membuka diri akan cinta yang baru. Sebelum sampai ke tahap ini, pastikan perasaan dan mental kamu sudah benar-benar membaik. Jangan sampai orang yang sedang mendekatimu malah hanya menjadi pelampiasan cinta sesaat.  

Jadi itulah 15 cara melupakan seseorang dengan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single