Dalam bekerja, pasti ada saat di mana kamu sedang tidak semangat dan rasanya malas gerak. Padahal, di kantor pekerjaan sudah menumpuk menunggu untuk kamu selesaikan. Kamu pernah mengalaminya kan, Bela? Biasanya hal ini disebabkan oleh kejenuhan, dan akibatnya kamu jadi kurang produktif di hari-hari seperti ini. Lalu apa yang bisa kamu lakukan? Nah, Popbela tahu caranya agar kamu tetap produktif meskipun persediaan motivasimu sedang drop. Perhatikan tujuh trik di bawah ini, yuk.  

1. Ganti suasana

7 Trik Supaya Tetap Produktif Meski Sedang Hilang Semangat dan Malas Gerakfeveravenue.com

Rutinitas tiap hari yang tak ada variasinya akan membuat suasana hati dan pikiranmu keruh. Jadi sebaiknya kamu ganti suasana, misalnya datang ke kantor lebih pagi dari biasanya dan sempatkan untuk berkeliling kantor dan mengobrol dengan orang-orang yang bukan dalam timmu. Kalau kamu biasa makan siang di kantin kantor, coba untuk mencari spot makan siang baru di luar gedung kantormu. 

2. Gerakkan badanmu

7 Trik Supaya Tetap Produktif Meski Sedang Hilang Semangat dan Malas Gerakdeadline.com

Badan yang lemas itu bikin kamu malas melakukan apa pun, bahkan menatap layar komputermu yang sebenarnya tak membutuhkan banyak usaha. Supaya lebih segar, gerakkan badanmu dengan berjalan-jalan di kantor, melakukan peregangan, atau berolahraga sebelum masuk kantor. Ajak kakak, adik, atau pasanganmu untuk berolahraga bersama di pagi hari supaya kamu lebih semangat dan bisa mengalahkan rasa malas bergerak. 

3. Mulai pelan-pelan

7 Trik Supaya Tetap Produktif Meski Sedang Hilang Semangat dan Malas Gerakduclarion.com

Kebanyakan pekerjaan juga bisa membuatmu jadi kewalahan dan malah hilang semangat. Untuk itu, cobalah untuk membagi pekerjaanmu menjadi bagian-bagian kecil. Kerjakan selangkah demi selangkah. Dalam pikiranmu, fokuslah untuk menyelesaikan setiap bagian kecil dari pekerjaanmu, jangan memikirkan keseluruhan tugas yang membebanimu. Nanti kamu bisa menuntaskannya tanpa terasa lho, Bela. 

4. Bagilah waktumu

7 Trik Supaya Tetap Produktif Meski Sedang Hilang Semangat dan Malas Gerakfinotoday.com

Buat jadwal hal-hal yang harus kamu selesaikan hari itu. Dengan begitu, kamu akan lebih termotivasi untuk memenuhi target yang sudah kamu pasang sendiri. Misalnya mengerjakan laporan butuh waktu dua jam, rapat dengan klien satu jam, menyusun proposal satu jam. Kamu akan merasa dikejar dan ini bisa menjadikan harimu lebih produktif. 

5. Berbagi pikiran dengan teman kerja

7 Trik Supaya Tetap Produktif Meski Sedang Hilang Semangat dan Malas Gerako.canada.com

Kadang pikiranmu bisa stuck dan otakmu tak bisa dipaksa bekerja karena sedang jenuh. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencoba mengobrol dan berbagi pikiran dengan orang-orang di kantor mengenai pekerjaan yang sedang kamu selesaikan. Dengan begitu, ide akan lebih mudah mengalir dibandingkan saat kamu hanya duduk manis sendirian dan menatap layar komputermu. 

6. Ciptakan mantra semangatmu

7 Trik Supaya Tetap Produktif Meski Sedang Hilang Semangat dan Malas Gerakscreenprism.com

Entah itu kutipan motivasi, kata-kata ajaib, atau nasihat dari orang tuamu untuk bekerja keras, carilah mantra yang bisa me-restart semangatmu. Setiap kamu mengucapkan mantra tersebut, langsung gerakkan dirimu untuk mengerjakan apa yang seharusnya kamu kerjakan hari itu. Meskipun tak mudah dan tetap butuh usaha keras darimu, lama-lama kamu akan terbiasa dengan mantra ini dan jadi ampuh setiap kali kamu hilang semangat. 

7. Beri hadiah untuk diri sendiri

7 Trik Supaya Tetap Produktif Meski Sedang Hilang Semangat dan Malas Gerakhellogiggles.com

Ciptakan sendiri semangatmu untuk bekerja dengan menjanjikan hadiah manis untuk dirimu sendiri. Misalnya kalau kamu berhasil menyelesaikan tugas-tugasmu sebelum pukul lima sore, kamu akan membeli lipstik dengan shade gelap yang sudah lama kamu incar itu. Biasanya dengan memberikan iming-iming seperti ini, kamu jadi lebih terdorong untuk bekerja secara efektif. 

Kalau sudah melakukan tujuh hal di atas, rasa malas gerak akan jauh-jauh darimu dan kamu bisa tetap produktif seperti biasanya. Kamu punya cara lain, Bela? Bagikan, yuk, untuk teman-teman yang lain di kolom komentar Popbela! 

 

BACA JUGA: 5 Pekerjaan Ini Cocok Bagi Kamu yang Masih Bersikap 'Childish'