Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dianggap Sepele, 5 Hal Ini Bisa Bikin Orang Nyaman Berteman Denganmu

Biasakan biar punya banyak teman, ya

Desy Damay

Punya banyak teman akan mendatangkan keuntungan yang nggak disangka-sangka. Makanya, di manapun kita berada, mendapatkan teman baru merupakan suatu keharusan agar hidup kita lebih bahagia. Namun, ada orang-orang yang melakukan kebiasaan buruk dan kemudian membuat orang lain malah menjauh darinya.

Kebalikannya, ada beberapa kebiasaan yang sebenarnya merupakan hal-hal sepele, namun bisa bikin siapa pun segera merasa nyaman saat berteman denganmu. Saking nyamannya, kehadiranmu jadi terasa sangat bermakna untuk orang lain. Ini nih poin-poinnya.

1. Menjadi pendengar yang baik

Unsplash.com/Courtney Cook

Saat baru berkenalan dengan seseorang, coba deh kamu menempatkan diri sebagai seorang pendengar yang baik. Ketika dia menceritakan hal-hal tentang dirinya, nggak usah memotong ucapannya, justru tanyakan beberapa hal lebih detail lagi dan bersikaplah seperti kamu tertarik dengan apa yang dibicarakan orang tersebut.

Siapa pun pasti akan langsung menganggap kamu sebagai teman yang menyenangkan karena merasa dihargai. Sebab, nggak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Bahkan, tak sedikit yang egois dan hanya ingin didengarkan tanpa mau mendengarkan orang lain.

2. Nggak selalu membicarakan diri sendiri

Unsplash.com/Roberto Nickson

Sibuk membicarakan diri sendiri pada orang yang baru dikenal tentunya bakal bikin ilfeel. Bukan cuma nggak mau berteman denganmu, orang tersebut juga akan mencap kamu sebagai seorang yang sombong. Jadi, usahakan untuk membicarakan soal dirimu sesedikit mungkin kecuali ketika ditanya. Juga jangan jadi egois yang hanya ingin didengarkan tanpa mau mendengarkan orang lain, ya.

3. Mudah menoleransi perbedaan yang ada

Unsplash.com/Melissa Askew

Siapa pun diciptakan berbeda. Pola pikir yang berbeda, kesukaan dan ketidak sukaan pada suatu hal yang berbeda, selera yang berbeda, dan perbedaan-perbedaan lainnya. Semua ini harus kita toleransi dan mampu diterima tanpa memberi komentar negatif. Sehingga, teman kita akan semakin banyak, berbagai dampak positif pun akan semakin sering kita rasakan. Bagaimana pun, perbedaan itu indah, bukan?

4. Nggak gampang menghakimi

Unsplash.com/Helena Lopes

Selama berkenalan dengan orang baru, jauhilah sikap menghakimi. Pahami bahwa semua orang memang diciptakan berbeda-beda, sehingga kamu nggak dengan mudahnya menyalahkan tindakan yang diambil orang lain. Sikap seperti ini juga menjadikanmu mudah berbaur dengan siapa saja, lho. Sebab, mereka berpikir kamu bukanlah orang menyebalkan yang hanya dapat mengkritik orang lain hanya karena berbeda.

5. Topik pembicaraan bukan seputar gosipin orang lain

Unsplash.com/Elevate

Menjadikan gosip tentang orang lain sebagai topik pembicaraan harus dihindari ya, Bela. Pasalnya, siapa pun sebenarnya secara naluri akan merasa nggak nyaman untuk membicarakan keburukan orang lain, apalagi dengan seseorang yang baru dikenal. Kamu pun akan meninggalkan kesan sebagai seorang penggosip yang pastinya nggak akan mau dijadikan teman oleh orang tersebut. Mereka akan berpikir bahwa mungkin saja ketika kalian tak bersama, kamu bisa juga menggosipkan mereka.

Menjadi seseorang yang punya banyak teman sebenarnya mudah dilakukan. Yang penting adalah kita mau membuka diri, beradaptasi dengan orang-orang baru, dan melakukan hal-hal sepele seperti yang sudah disebutkan di atas. Siap melakukannya, Bela?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Seseorang Nyaman Berteman Denganmu"

IDN Media Channels

Latest from Single