Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Tingkatkan Gairah Berhubungan Intim Pasca Melahirkan

Jangan langsung menyerah kalau gairah menurun.

Firyal Shabirah

Pasca melahirkan biasanya hasrat wanita untuk berhubungan seksual menurun. Hal ini dipengaruhi oleh faktor hormon yang ada pada tubuh perempuan dan bisa juga dipengaruhi oleh kesibukan barunya sebagai seorang ibu yang memakan banyak waktu serta tenaga.

Menjadi seorang ibu baru kadang memengaruhi hubungan pasangan suami istri. Namun, tak perlu khawatir, Popbela memiliki tips untuk meningkatkan gairah berhubungan intim pasca melahirkan.

1. Lakukan me time

dalejamessalonperth.com

Pasca melahirkan biasanya kamu akan disibukkan dengan segala kegiatan merawat bayi. Hal ini akan menyita sebagian besar waktumu. Akibatnya, kamu sering lupa untuk merawat diri sendiri. Maka dari itu, tak ada salahnya sesekali kamu beristirahat dan memanjakan diri sendiri. Biasanya, setelah kamu merasa rileks, gairah untuk berhubungan intim dengan pasangan akan muncul kembali.

Lakukan me time dengan melakukan massage, pijat refleksi, atau creambath. Titipkan bayimu pada orangtua atau suami. Minta waktu beberapa jam agar kamu bisa melakukan relaksasi. Setelah merasa segar kembali, kamu pun akan lebih bersemangat, Bela.

2. Komunikasikan dengan pasangan

https://www.pexels.com/@shvets-production

Apa pun perasaan yang sedang kamu rasakan sangat penting untuk dikomunikasikan dengan pasangan. Kamu bisa mencari solusi bersama dengannya agar persoalan yang kamu hadapi terasa lebih mudah. Jangan sampai kamu menyimpan dan memendamnya sendiri dan justru berujung salah paham.

Jika kamu merasa lelah, utarakan hal itu dan minta bantuannya. Apabila kamu merasa bahwa dirimu mengalami baby blues, segera cari pertolongan. Intinya, jangan merasa sendirian, karena kamu memiliki suami dan keluarga yang menyayangimu.

3. Quality time bersama pasangan

https://www.pexels.com/@elly-fairytale

Meningkatkan gairah seksual tak harus selalu dipicu oleh kegiatan sensual. Kamu dan pasangan bisa menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal sederhana yang menyenangkan seperti makan malam bersama atau menonton film. Nikmati waktu kalian bersama, ketika merasa bahagia bersama pasangan biasanya gairah seksual akan hadir dengan sendirinya.

4. Mulai menyentuh satu sama lain

https://www.pexels.com/@cottonbro

Tak harus buru-buru memaksakan melakukan hubungan seksual, kamu bisa mulai dengan memeluk pasangan. Setelah itu kamu dan pasangan bisa saling menyentuh dan melakukan pergerakan yang akan menggoda satu sama lain. Hal ini bisa menjadi langkah pertama untuk kembali membangkitkan gairah seksual pasca melahirkan.

5. Buat permainan dan tantangan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Siapa yang tak suka permainan dan tantangan? Permainan dan tantangan bisa memunculkan dorongan lebih untukmu melakukan aktivitas seksual bersama pasangan. Kegiatan ini akan menjadi sesuatu yang menyenangkan sekaligus seksi untukmu.

6. Pisahkan kamar

https://www.pexels.com/@kampus

Ketika bayimu berada pada ruangan yang sama maka rasanya akan sulit untuk memunculkan gairah tersebut. Kamu bisa membuat kamar khusus untuk anakmu, atau kamu dan pasangan bisa pindah sebentar ke kamar atau ruangan lain yang nyaman untuk melakukan hubungan intim.

7. Menggunakan pelumas

https://www.pexels.com/@cottonbro

Pasangan disarankan menggunakan pelumas agar kamu tak merasa sakit. Biasanya setelah melahirkan cairan pelumas dari tubuh perempuan sulit keluar karena perubahan hormon. Untuk itu, penggunaan pelumas bisa membuat kamu lebih nyaman dan juga bisa membantu meningkatkan gairah.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan gairah berhubungan intim pasca melahirkan. Lakukan senatural dan pelan-pelan, ya, Bela. Tak perlu dipaksakan, tapi jangan juga diabaikan.

IDN Media Channels

Latest from Sex