Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tanda Suami Istri yang Bertengkar Sebenarnya Saling Cinta

Salah satunya bisa meningkatkan gairah pasangan

Puspita Ramadhani

Hidup berpasangan seumur hidup dalam ikatan pernikahan tentu bukanlah hal yang mudah. Pasang surut kerap terjadi, yang nggak jarang membuat pasangan suami istri bertengkar. Ada banyak pemicu timbulnya pertengkaran dalam rumah tangga. Bahkan, menurut penelitian, setidaknya ada 44% pasangan suami istri bertengkar lebih dari satu kali dalam seminggu.

Namun, apakah bertengkar selalu menunjukkan hubungan yang tidak harmonis? Ternyata nggak juga, lho, Bela. Selama antara kamu dan pasangan tahu bagaimana caranya untuk berdamai kembali, maka pertengkaran itu justru akan memperat hubungan kalian.

Nah, ada beberapa tanda suami istri yang bertengkar sebenarnya saling cinta. Apakah kamu penasaran, Bela? Yuk, simak di bawah ini.

1. Pertengkaran menjadi tanda hubungan sehat

Pexels.com/Murat Garan

Selalu memendam dan menghindari konflik secara terus-menerus tentu bukanlah hal yang baik. Mungkin saja hari ini suamimu secara nggak sadar melakukan hal yang nggak kamu suka. Nah, dibandingkan harus diam, kamu bisa menyampaikannya kepada dia. Namun, harus disampaikan dengan baik, ya, Bela.

Hindari berteriak dan keras kepala. Sebaliknya, cobalah untuk saling memberikan pendapat dan lakukan kompromi hingga menemukan jalan keluarnya.

2. Pertengkaran pun bisa menandakan bahwa kalian peduli

Pexels.com/Maksim Goncharenok

Hidup dalam jangka lama dengan seseorang akan membuat kita mengetahui apa saja yang menjadi kekurangannya. Apabila hal tersebut mengganggumu, maka nggak ada salahnya untuk memberi tahu mereka.

Memang akan lebih mudah untuk cuek dan membiarkannya, tapi apakah kamu kuat untuk nggak peduli dalam waktu yang lama? Maka, bicarakanlah kepadanya. Memberi tahu sifat atau sikap yang kurang baik dari pasangan adalah cara kamu menunjukkan rasa peduli dan bentuk keinginan mereka yang lebih baik, lho, Bela.

3. Komunikasi jadi lebih mudah karena pertengkaran

https://www.pexels.com/@olly

Dari segala kondisi, maka saat marahlah seseorang akan kesulitan untuk mengutarakan apa yang mereka rasakan dengan jelas. Kebanyakan orang akan memilih dengan berteriak atau melakukan silent treatment.

Alih-alih si dia mencoba memahamimu, mereka malah nggak tahu nih apa penyebab dan apa yang kamu rasakan saat ini.

Dibandingkan dengan melakukan silent treatment atau berteriak, kamu bisa mencoba untuk menarik napas terlebih dahulu dan berbicara dengan suami apa yang sebenarnya membuatmu seperti ini.

Jadi, inilah mengapa pertengkaran bisa melatih komunikasi di antara kalian menjadi lebih mudah. Karena, jika saat marah saja kalian masih dapat berkomunikasi dengan baik, apalagi jika sedang baik-baik saja?

4. Membuat ikatan suami istri menjadi lebih erat

freepik.com/prostooleh

Bela, kamu percaya nggak kalau bertengkar bisa meningkatkan keintiman dan memperat ikatan antara kalian?

Saat kamu dan dia berbicara tentang apa yang sedang digundahkan, maka saat itu pula akan terjadi keterbukaan mengenai diri kalian sendiri. Kamu jadi mengetahui apa yang suami sukai dan tidak sukai, dan begitu pula sebaliknya.

Waktu yang kalian habiskan bersama untuk diskusi tersebut juga membuat rasa intim dan kedekatan kalian semakin besar. Inilah salah satu tanda suami istri yang bertengkar sebenarnya saling cinta.

5. Bertengkar mengurangi kebencian

Pexels.com/Timur Weber

Ingat ya, Bela, bahwa bertengkar yang sehat nggak akan membuat kamu menjadi membenci pasanganmu. Pertengkaran yang dilakukan untuk menemukan jalan keluar adalah cara agar kalian tidak saling membenci.

Bayangkan saja ketika kamu harus memendam kesalahan yang dilakukan pasanganmu. Satu kali dua kali, kamu mungkin bisa mengendalikannya. Akan tetapi, karena si dia juga nggak tahu kalau itu salah dan dia terus mengulangnya, maka akan timbul marah yang sangat besar dalam dirimu. Emosi itu yang bisa memantik kebencian di dalam hubungan kalian.

Kamu sangat boleh untuk mengkritik dan mengingatkan pasanganmu saat melakukan salah, namun harus dengan cara yang baik dan bisa diterima oleh si dia, ya.

6. Gairah pun akan meningkat ketika bertengkar

freepik.com/ yanalya

Meskipun kamu dan pasanganmu sudah mendapatkan jalan keluar dari permasalahan yang terjadi, tapi ada kalanya tetap ada emosi yang masih tertinggal di dalam. Biasanya, kamu akan meminta untuk dipeluk sebagai tanda berbaikan.

Saat dipeluk, kamu kembali merasa rileks dan nyaman berada di dalam pelukannya. Tanpa kamu sadari pertengkaran yang diselesaikan dengan baik-baik membuatmu semakin mencintainya secara tiba-tiba dan meningkatkan gairah kalian berdua selama berpelukan.

7. Pertengkaran bisa menilai seberapa besar kualitas hubungan kalian

Pexels.com/Nycolle Suabya

Setiap masalah bisa memicu pertengkaran, tapi yang membedakan adalah bagaimana kondisi pertengkaran itu sendiri. Baik atau buruknya sebuah pertengkaran akan dinilai dari mana kalian menyelesaikannya. Pertengkaran yang baik akan membuat hubungan menjadi semakin berkualitas.

Jadi, saat terjadi perdebatan, hindari saling menyalahkan tanpa mencoba untuk sama-sama mencari solusinya. Hormatilah pendapat satu sama lain serta jangan gengsi untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf duluan.

Selain itu, sebisa mungkin hindarilah campur tangan orang ketiga karena itu bisa membuat kondisi menjadi lebih runyam. Selesaikanlah secara dewasa dan buktikanlah bahwa pertengkaran ini hanya akan membuat rasa cinta kamu dan pasangan semakin besar, ya, Bela.

Nah, itulah 7 tanda suami istri yang bertengkar sebenarnya saling cinta. Apakah kamu merasakannya juga?

IDN Media Channels

Latest from Married