Bicara tentang pernikahan, nggak semua hal bisa sembarangan diumbar ke orang lain. Beberapa hal dalam rumah tangga termasuk sebagai aib dan juga privasi keluarga yang harus dijaga demi kehormatan dan harga diri.

Misalnya, seperti keintiman dengan pasangan, masalah dalam rumah tangga, persoalan dengan keluarga dan mertua, atau urusan tentang anak yang nggak perlu orang lain ketahui. Bukannya menutup diri, tapi memang baiknya disimpan sendiri demi kemuliaan bersama. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah lima aib dan privasi rumah tangga yang pantang diumbar. Apa sajakah itu? Yuk disimak! 

1. Hal jelek pada diri pasangan dan kekurangannya dalam menjalani peran

5 Privasi Rumah Tangga yang Nggak Boleh Diumbar ke Orang LainPexels.com/Alex Green

Pasangan hidup meskipun sudah menikah tetaplah seorang manusia biasa, yang mana ia tidak sempurna dan pasti punya kekurangan pada dirinya. Hal ini pun juga termasuk privasi dan juga aib dalam rumah tangga yang pantang diumbar-umbar.

Mulai dari sisi buruk dan hal jelek dari diri pasangan, hingga kekurangannya dalam menjalankan peran, entah itu sebagai seorang pasangan atau orangtua untuk anak. Muliakanlah dia dengan menjaga hal ini sebagai privasi dan diskusikan bersama untuk memperbaiki kekurangannya. 

2. Keintiman hubungan suami istri

5 Privasi Rumah Tangga yang Nggak Boleh Diumbar ke Orang LainPexels.com/Cottonbro

Hal selanjutnya yang termasuk privasi dalam rumah tangga ialah hubungan intim suami dan istri. Tentang bagaimana mesranya hubungan dengan pasangan, bagaimana gejolak keintiman yang dialami, atau masalah keintiman dengan pasangan.

Sebagaimana hal itu dilakukan di ruang privat, hal-hal menyangkut keintiman dengan pasangan juga baiknya disimpan sendiri. Malu kalau orang lain tahu karena bisa jadi bahan pembicaraan, dan juga menjaga supaya harga diri pasanganmu tak terluka jika hal itu diumbar-umbar. 

3. Naik turunnya kondisi keuangan rumah tangga

5 Privasi Rumah Tangga yang Nggak Boleh Diumbar ke Orang LainPexels.com/Karolina Grabowska

Hal ketiga yang juga termasuk sebagai aib dan privasi ialah naik turunnya kondisi keuangan dalam rumah tangga. Sebagaimana orang lain yang nggak perlu tahu kalau keuangan rumah tanggamu naik pesat, mereka juga nggak perlu tahu kalau kamu dan pasangan sedang kesulitan keuangan.

Dengan kata lain, hal ini nggak perlu diumbar-umbar ke media sosial ataupun jadi topik pembahasan saat kumpul bersama. Sebab, jika dikatakan pada orang lain mungkin bisa menjadi aib dan mempermalukan harga diri suami yang bertanggung jawab atas nafkah keluarga. Jadi, lebih baik simpan sendiri dan jalani masa sulit dengan sabar bersama pasangan. 

4. Persoalan yang dimiliki perihal anak dan mertua

5 Privasi Rumah Tangga yang Nggak Boleh Diumbar ke Orang LainPexels.com/Elina Sazonova

Hal yang nggak kalah penting ialah persoalan tentang anak ataupun masalah dengan mertua. Bisa dibilang, kalau kamu nggak bisa sembarangan cerita tentang hal ini ke orang lain kalau sudah menikah.

Demi citra baik anak, mertua, dan kehormatan keluarga yang memang harus dijaga bersama. Karena kalaupun diumbar, nggak ada baiknya juga untuk dirimu sendiri. Justru malah jadi pembicaraan orang dengan berkata buruk tentang rumah tanggamu sendiri.

5. Buruknya kondisi hubungan pernikahan

5 Privasi Rumah Tangga yang Nggak Boleh Diumbar ke Orang LainPexels.com/Mart Production

Pernikahan itu nggak selamanya indah, justru dalam pernikahan masalah yang datang lebih besar dan menguji kekuatan hubungan. Ketika rumah tangga ditimpa masalah, sering kali juga berdampak pada kondisi hubungan dengan pasangan.

Jika hal itu terjadi dan hubungan pernikahan sedang tidak baik atau bahkan hampir kandas, itu juga termasuk aib dan privasi dalam rumah tangga. Karena sejatinya, itu merupakan permasalahan pribadi dengan pasangan, orang nggak perlu tahu dan nggak boleh ikut campur. 

Intinya, kalau sudah menikah, maka jagalah lima aib rumah tangga dengan tidak mengumbarnya ke mana-mana. Karena yang namanya rumah tangga tentu harus tahu batasan mana yang bisa diberitahu orang dan mana aib dan privasi yang harus dijaga. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Hal Ini Merupakan Aib dan Privasi Rumah Tangga, Pantang Diumbar!"

Baca Juga: 6 Hal yang Menjadi Pemicu Konflik Finansial Rumah Tangga

Baca Juga: 9 Bacaan Doa untuk Menyelamatkan Rumah Tangga dari Perceraian

Baca Juga: 7 Manfaat Konseling Pernikahan untuk Rumah Tangga yang Lebih Harmonis