Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tahapan Pernikahan yang Akan Dilewati Setiap Pasangan

Cek kamu sudah di tahap ke berapa!

Fera Nur Aini

Membangun pernikahan yang langgeng bukan perkara mudah, lebih sulit dibandingkan mempersiapkan resepsinya. Tapi dengan tahu tahapan apa saja yang akan kita lalui selama pernikahan berlangsung, mungkin kita akan bisa membangunnya dengan lebih baik. 

Sudah tahu apa saja tahapannya? Simak, yuk!

1. Tahap 'bergairah'

dok.internet

Ini adalah tahapan paling intim, bisa dibilang masih berbulan madu. Lamanya bisa satu atau dua tahun, bisa juga hanya satu bulan, berbeda-beda tiap pasangan. Pada tahap ini, layaknya orang baru jatuh cinta, semua terasa indah. Inginnya terus bersama sepanjang waktu.

2. Tahap 'realisasi'

Freepik

Bulan madu sudah berakhir, konflik awal mulai bermunculan dan mulai ada kekecewaan. Pasangan kita mulai terlihat seperti 'manusia lainnya', penuh dengan kekurangan dan kesalahan. Agar tetap setia, pada tahap ini kita perlu lebih banyak mendengar dibandingkan berbicara. Perlu diskusi yang seimbang dan terbuka.

3. Tahap 'pemberontakan'

Freepik

Dia mulai kangen bisa bepergian lama dengna teman-temannya. Dia merindukan bisa bangun siang lalu tidur lagi yang panjang seolah hidup sendirian. Dia mungkin juga ingin mengejar kariernya. Ego bermunculan dan membuat kita ingin mengabaikan pasangan. Dampak terparahnya bisa terjadi perselingkuhan.

4. Tahap 'kerja sama'

freepik.com/ vgstockstudio

Setelah berhasil melewati tahap cinta yang luar biasa dan ego yang mulai ada, selanjutnya kita akan masuk pada tahap kerja sama. Cinta dan ego sudah dikesampingkan. Sekarang kita memikirkan bagaimana memiliki kehidupan yang lebih baik untuk anak-anak atau orang terdekat lainnya. Bagaimanapun kita tersadar bahwa ada banyak tagihan yang harus dibayar. Ini bisa berlangsung 10-20 tahun hingga anak-anak besar.

5. Tahap 'reuni'

freepik.com/ freepik

Anak-anak sudah besar, rumah, dan kendaraan sudah lunas, karier sudah tetap, tidak ada lagi pikiran yang terlalu berat. Saat itu, kita akan masuk pada tahap reuni. Bisa kembali serasa 'bulan madu', bisa juga menjadi lebih seperti teman, berbagi hari-hari tua bersama.

6. Tahap 'ledakan'

thespruce.com/

Sayangnya tahap reuni bukanlah tahap terakhir. Di usia emas pernikahan, biasanya saat kita berusia 40-50 tahun akan ada ujian tak terduga. Tiap orang bisa berbeda, tapi biasanya selalu ada. Entah itu masalah kesehatan atau keluarga. Untuk melewati tahap ini perlu pikiran yang positif untuk mengambil keputusan terbaik.

7. Tahap 'penyelesaian'

blog.mavencare.com

Pada tahapan terakhir ini kita akan merasakan kebahagiaan tak terkira. Sudah banyak survei yang menyebutkan jika kita mampu bertahan dengan satu pasangan selama beberapa dekade, kita akan merasa lebih bahagia. Juga lebih dekat dan saling mengenal dengan sangat dalam.

Tahapan pernikahanmu pasti masih jauh kan, Bela? Yang terpenting nikmati setiap tahapan tersebut. Jangan lupa untuk terus menjalin komunikasi dengan pasangan dan memupuk cinta kalian. Semoga langgeng terus, ya!

IDN Media Channels

Latest from Married